Breaking News

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli

Questions and Answer Keys for PPKN Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 Independent Assignments 3.1 Understanding of law according to experts Pages 78-79 Chapter 3 (Legal and Judicial System in Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 3.1 Pengertian hukum menurut para pakar Halaman 78-79 Bab 3 (Sistem Hukum dan Peradilan Di Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Mandiri 3.1

1. Bacalah sumber belajar lain baik yang berasal dari media cetak maupun online yang berkaitan dengan pengertian hukum. Carilah tiga pengertian hukum menurut para pakar. Tuliskan dalam tabel di bawah ini dan presentasikan di hadapan teman-teman yang lain.

No. Nama Pakar

Rumus Pengertian Hukum

1. Abdulkadir Muhammad Menurut Abdulkadir Muhammad hukum adalah semua peraturan baik itu tertulis atau tidak tertulis dan mempunyai sanksi tegas terhadap para pelanggar hukum.
2. Abdul Manan Abdul Manan berpendapat bahwa hukum adalah suatu rangkaian peraturan yang menguasai tingkah laku atau perbuatan tertentu dari manusia dalam hidup bermasyarakat. Hukum itu sendiri mempunyai ciri yang tetap yakni hukum merupakan suatu organ peraturan-peraturan abstrak, hukum untuk mengatur kepentingan-kepentingan manusia, siapa saja yang melanggar hukum akan dikenakan sanksi sesuai dengan apa yang telah ditentukan.
3. Abdul Wahab Khalaf Abdul Wahab Khalaf memandang hukum sebagai tuntutan Allah yang berkaitan dengan perbuatan orang yang sudah dewasa menyangkut perintah, larangan, dan boleh tidaknya untuk melaksanakan atau meninggalkan sesuatu.
4. Achmad Ali Hukum menurut Achmad Ali adalah seperangkat asas-asas hukum, aturan-aturan hukum, norma-norma hukum yang mengatur dan menetapkan perbuatan yang dilarang dan yang benar, diakui oleh negara tetapi belum tentu dibuat oleh negara, yang berlaku tetapi belum tentu dalam realitasnya berlaku karena ada faktor internal (psikologis) dan faktor eksternal (politik, budaya, sosial, ekonomi) yang apabila dilanggar akan mendapatkan sanksi.
5. A.L GoodHart Arthur Lehman Goodhart, seorang ahli hukum dan pengacara Amerika Serikat memberikan definisi Hukum adalah semua peraturan yang digunakan oleh pengadilan.
6. Allen Pengertian hukum menurut Allen adalah suatu usaha untuk menegakkan keadilan dalam pihak yang harus dibedakan.
7. Aristoteles Aristoteles seorang filsuf Yunani dalam bukunya yang berjudul Rhetorica memberikan pengertian hukum sebagai berikut:

“Particular law is that which each community lays down and applies to its own members. Universal law is the law of nature.“

Pengertian hukum menurut Aristoteles tersebut dapat diterjemahkan menjadi hukum tertentu adalah sebuah hukum yang setiap komunitas meletakkannya sebagai dasar dan mengaplikasikannya kepada anggotanya sendiri. Hukum universal adalah hukum alam.

8. Bambang Sunggono Menurut Bambang Sunggono Hukum adalah subordinasi atau merupakan produk untuk kepentingan-kepentingan politik.
9. Bellfoid Definisi hukum menurut Bellfoid adalah aturan yang berlaku di suatu masyarakat yang mengatur tata tertib masyarakat itu atas dasar kekuasaan yang ada pada masyarakat.
10. Bohannan Hukum menurut Bohannan dapat diartikan sebagai himpunan kewajiban-kewajiban yang telah dilembagakan kembali dalam pranata hukum.

2. Berdasarkan pengertian-pengertian hukum tersebut, simpulkanlah persamaan dan perbedaan rumusan pengertian hukum yang diungkapkanpara pakar yang kalian temukan. Kemudian, coba kalian rumuskan pengertian hukum berdasarkan pemahaman kalian sendiri.

Berdasarkan pendapat para pakar tentang hukum, saya menyimpulkan bahwa yang dimaksud dengan hukum adalah peraturan yang dibuat oleh pemerintah untuk mengatur dan membatasi segala macam aktivitas kehidupan manusia agar tercipta ketertiban dan keamanan sebuah negara dan bahwa hukum merupakan seperangkat aturan atau norma yang bersifat mengikat yang dibuat oleh pemerintah untuk mengatur masyarakatnya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 3.1 Pengertian hukum menurut para pakar Halaman 78-79 Bab 3 (Sistem Hukum dan Peradilan Di Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 3.1 Pengertian hukum menurut para pakar Halaman 78-79 Bab 3 (Sistem Hukum dan Peradilan Di Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!