Pengaruh Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi di Berbagai Bidang

  • 3 min read
  • Jan 07, 2021

Questions and Answer Key Grade 9 Social Sciences Curriculum 2013 Revised 2018 Effect of Centers of Economic Excellence 186 Chapter 3 page (antarruang Dependence and Its Effect on Public Welfare) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Pengaruh Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi Halaman 186 Bab 3 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Buatlah kelompok yang terdiri dari 3- 4 orang!

2. Diskusikan pengaruh pusat keunggulan ekonomi yang kalian temukan dari aktivitas sebelumnya terhadap migrasi penduduk, lembaga sosial ekonomi, transportasi, pekerjaan dan pendidikan!

3. Tulislah hasil diskusi dan pengamatan kalian!

4. Presentasikan hasilnya di depan kelas!

5. Buatlah laporan dari hasil presentasi yang telah kalian lakukan

Pengaruh Pusat Keunggulan Ekonomi : Pertamina Refiner Unit (RU) IV Cilacap

Aspek Penjelasan
Migrasi Penduduk Pusat keunggulan ekonomi Pertamina RU IV Cilacap berpengaruh terhadap perpindahan penduduk di sekitar Cilacap. Penduduk akan melakukan perpindahan ke wilayah yang mendekati pusat keunggulan tersebut. Penduduk  sekitar cilacap seperti dari kabupaten Banyumas, Banjarnegara, Purbalingga, dan Kebumen banyak yang bekerja di Pertamina RU IV Cilacap.
Transportasi Dalam bidang transportasi Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap membangun Pelabuhan Kilang Pertamina Cilacap. Selain digunakan oleh Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap pelabuhan tersebut juga membantu transportasi masyarakat sekitar kilang minyak.
Lembaga Sosial Ekonomi Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap memberikan bantuan sebesar Rp 20 juta untuk pembangunan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) Puspa Ayu 13 Tegalkamulyan yang terletak di Jalan Penyu Timur, Kecamatan Cilacap Selatan
Pendidikan Pertamina Refinery Unit (RU)  IV Cilacap memberikan bantuan CSR berupa pembangunan tiga Taman Pendidikan Al Quran (TPQ) di sekitar operasional Kilang RU IV dengan total nilai bantuan sebesar Rp320 juta.
Pekerjaan Pada tahun 2016 Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap menyerahkan bantuan mesin pencacah rumput untuk mendukung pembuatan pakan ternak warga peternak kambing di dukuh Kreong, kelurahan Tritih Kulon, kecamatan Cilacap Utara

Selain itu Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap juga memberikan pelatihan pembuatan pakan ternak berupa silase, pelatihan teknologi inseminasi buatan, capacity building dan motivasi kewirausahaan

 Pengaruh Pusat Keunggulan Ekonomi : PT Freeport Indonesia

Aspek Penjelasan
Migrasi Penduduk Perbedaan karakteristik ruang dan sumber daya yang dimiliki pada berbagai Negara sehingga setiap negara memiliki keunggulan   ekonomi mendorong untuk melakukan mobilitas penduduk. Pergerakan tersebut mencakup pula pergerakan sumber daya berupa barang atau komoditas antar negara. Mobilitas penduduk adalah perpindahan penduduk dari satu tempat ke tempat lainnya. Mereka melakukan mobilitas untuk memperoleh sesuatu yang tidak tersedia di daerah asalnya. Alasan tersebut sangat beragam tetapi umumnya karena alasan ekonomi.
Transportasi Dalam kegiatan transportasi keberadaan pusat keunggulan ekonomi juga membawa pengaruh besar. Kegiatan ekonomi semakin berkembang di berbagai negara dan interaksi sosial antar negara menjadi semakin sering dilakukan. Sebagai contoh Jalan dan infrastruktur dibangun sebagai sarana pendistribusian dari bahan baku atau hasil dari PT Freeport. Di Papua sendiri setelah ada PT Freeport, pada tahun 1971 Freeport membangun Bandar Udara Timika dan pusat perbekalan, kemudian juga membangun jalan-jalan utama sebagai akses ke tambang dan juga jalan-jalan di daerah terpencil sebagai akses ke desa- desa Tahun 1972, Presiden Soeharto menamakan kota yang dibangun secara bertahap oleh Freeport tersebut dengan nama Tembagapura.
Lembaga Sosial Ekonomi Dalam masyarakat Indonesia yang heterogen terdapat berbagai jenis lembaga sosial di mana satu sama lain saling berhubungan dan saling melengkapi dalam memenuhi kebutuhan masyarakatnya. Masyarakat Indonesia merupakan satu kesatuan dari struktur yang terdapat dalam masyarakat, yang terdiri dari berbagai macam lembaga sosial, stratifikasi sosial, nilai dan norma sosial, dan kelompok – kelompok sosial.

Di dalam kehidupan masyarakat  akan terlihat berbagai macam lembaga sosial yang ada, seperti halnya lembaga pendidikan, keluarga, politik, ekonomi, dan lain sebagainya. Hubungan antara lembaga sosial  dalam  masyarakat  tidak  selalu  sejalan  dan  serasi.  Ketidakcocokan antara berbagai lembaga sosial dapat kita lihat dalam kehidupan masyarakat. Lembaga ekonomi bagian dari lembaga sosial yang mengatur tata hubungan antar individu yang menyangkut pemenuhan kebutuhan pokok manusia. Lembaga ekonomi ialah lembaga yang mempunyai kegiatan bidang ekonomi demi terpenuhinya kebutuhan masyarakat.

Keberadaan pusat keunggulan ekonomi juga berkaitan dengan bermunculannya lembaga sosial ekonomi.

Pendidikan Pendidikan bagian terpenting dari pembangunan nasional. Sumber daya manusia yang berpendidikan akan menjadi modal utama pembangunan nasional terutama untuk perkembangan ekonomi.

Setiap negara berusaha meningkatkan kualitas pendidikan agar menghasilkan sumber daya manusia yang  kreatif, inovatif dan mampu bersaing di tingkat internasional. Keunggulan pusat-pusat ekonomi membutuhkan tenaga-tenaga ahli dan terampil.

Sebagai contoh Freeport menetapkan kuota posisi di berbagai departemen untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja oleh lulusan baru dari perguruan tinggi bereputasi, baik di dalam maupun luar negeri, yang memiliki departemen terkait dalam jangka waktu tertentu.

Pekerjaan Dengan  tumbuhnya pusat-pusat  keunggulan  ekonomi  maka berdampak bertambahnya produksi barang dalam negeri meningkat apabila pusat keunggulan tersebut mampu menarik minat pasar luar negeri. Kenaikan jumlah produksi tersebut berakibat pada bertambahnya kebutuhan tenaga kerja, sehingga akan memperluas lapangan kerja.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Pengaruh Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi Halaman 186 Bab 3 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Pengaruh Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi Halaman 186 Bab 3 (Ketergantungan Antarruang dan Pengaruhnya terhadap Kesejahteraan Masyarakat). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

error: Content is protected !!