Pengamatan terhadap Perubahan Sosial Budaya yang Terjadi di Indonesia

Questions and Answer Keys to Social Sciences Class 9 2013 Curriculum 2018 Revision Group Activities Observation of social and cultural changes occurring in Indonesia Page 103 Chapter 2 (Socio-Cultural Change and Globalization) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Pengamatan terhadap Perubahan Sosial Budaya yang Terjadi di Indonesia Halaman 103 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

  1. Bentuklah kelompok yang terdiri dari 4 – 5 orang!
  2. Lakukan pengamatan terhadap perubahan sosial budaya yang terjadi di Indonesia melalui berbagai artikel dan media massa!
  3. Apa yang hendak kamu ketahui dari pengamatan kalian?
  4. Diskusikan contoh perubahan sosial budaya yang terjadi di Indonesia akibat dari :
  5. Bertambah dan berkurangnya penduduk
  6. Penemuan baru
  7. Konflik
  8. Revolusi atau pemberontakan
  9. Tulislah masing-masing perubahan sosial tersebut secara ringkas!
  10. Carilah bahan referensi dari berbagai sumber untuk membantu kalian menemukan perubahan sosial budaya yang terjadi!
  11. Presentasikan hasilnya di depan kelas!
  12. Melalui kegiatan ini diharapkan siswa dapat menemukan dan mendeskripsikan berbagai perubahan sosial budaya yang terjadi dalam masyarakat dilihat dari faktor penyebabnya!
No. Penyebab Penjelasan Contoh Perubahan
a. Bertambah dan berkurangnya penduduk Bertambah dan Berkurangnya Penduduk. Jumlah penduduk yang besar di Indonesia menjadi permasalahan serius terutama di daerah perkotaan. Semakin besar jumlah penduduk, semakin banyak permasalahan yang dihadapi oleh suatu daerah. Pertambahan jumlah penduduk mempengaruhi jumlah lahan yang ditempati serta berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Pertambahan penduduk yang sangat cepat di Pulau Jawa menyebabkan terjadinya perubahan dalam struktur masyarakat, terutama lembaga-lembaga kemasyarakatan. Misal orang mulai mengenal hak milik individual atas tanah, sewa tanah, gadai tanah, bagi hasil dan selanjutnya, yang sebelumnya tidak di kenal.

 

Cara hidup dengan kompetisi mendapatkan kerja yang tinggi.Akibat terlalu banyak orang tinggal pada suatu daerah.
Kemacetan transportasi akibat terlalu banyak penduduk menggunakan jalan secara bersamaan.
Meningkatnya urbanisasi, yaitu banyak penduduk desa yang berpindah ke kota karena di kota menjanjikan kehidupan ekonomi yang lebih baik. Hal itu menyebabkan penduduk kota jumlahnya meningkat luar biasa sehingga menimbulkan perubahan sosial seperti : meningkatnya pengangguran, kriminalitas, pemukiman kumuh dan kemiskinan. Sedangkan di desa mengalami kekurangan penduduk yang mengakibatkan berkurangnya produksi pangan dan banyaknya lahan kosong yang tidak diolah.
Persaingan dalam bidang ekonomi untuk memenuhi kebutuhan, hal ini ditandai dengan peningkatan kesadaran masyarakat terhadap pendidikan karena hanya dengan pendidikan bisa membuat mereka mampu bersaing untuk mendapatkan taraf ekonomi yang lebih baik, maka bisa dilihat sekarang penduduk sudah banyak yang lulusan sekolah menengah atas sampai perguruan tinggi, padahal pada jaman dulu pendidikan tidak terlalu dianggap penting.
b. Penemuan Baru Penemuan Baru. Penemuan baru memang banyak membawa perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat. Misalnya ketika listrik ditemukan oleh Michael Faraday (1791–1867) pada tahun 1821 dunia mengalami banyak perubahan termasuk rangkaian penemuan sesudahnya. Ditemukannya komputer, mengakibatkan banyak pekerjaan manusia menggunakan komputer yang dulunya lebih sulit. Misal menghitung secara akurat, menulis surat, analisis data statistik, cara penyimpanan dokumen.
Ditemukan internet untuk menghubungkan atau berkomunikasi satu sama lain dengan orang lain dari segala penjuru dunia. Dengan proses ekonomi jual-beli melalui internet.
Handphone/Smartphone, tidak bisa dipungkiri bahwa penemuan smartphone telah merubah hubungan sosial dan budaya bangsa Indonesia. Pada saat ini penduduk banyak yang bergantung hidupnya pada benda yang satu ini. Dari bayi sampai orang dewasa sangat tidak bisa lepas dari smartphone, dari mulai untuk kerja sampai hanya sekedar untuk bermain media sosial dan game. Hubungan sosial berubah dari yang bersifat sosial menjadi lebih individualis karena kemudahan dalam melakukan komunikasi jarak jauh sehingga masyarakat malas untuk bersilaturahmi dan lebih suka ada di rumah saja.
Penemuan playstation yang dimainkan oleh anak-anak berakibat kurangnya pergaulan kepada masyarakat di sekitar lingkungan tersebut. Selain itu penemuan tersebut juga mengakibatkan permainan tradisional semakin ditinggalkan.
c. Konflik Pertentangan atau konflik dapat terjadi antara individu dan individu, antarakelompok dan kelompok, atau antara individu dan kelompok. Konflik yang terjadi dalam masyarakat juga dapat memunculkan terjadinya perubahan sosial. Konflik Sampit terjadi antara suku Dayak asli dan warga migran Madura dari pulau Madura. Konflik Sampit mengakibatkan lebih dari 500 kematian, dengan lebih dari 100.000 warga Madura kehilangan tempat tinggal. Banyak warga Madura yang juga ditemukan dipenggal kepalanya oleh suku Dayak.
Sejarah konflik antara pemerintah Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka (GAM). GAM melakukan gerakan separatis untuk memisahkan diri dengan NKRI. Konflik ini berlangsung lama yang menyebabkan pembangunan di Aceh menjadi terhambat dan rakyat tidak bisa hidup dengan damai. Maka dari itu melalui prakarsa dari CMI atau Crisis Management Initiatives mengundang Pemerintah RI dan GAM untuk melakukan perundingan perdamaian di Helsinki Finlandia yang menghasilkan MOU perdamaian. Sampai saat ini Provinsi Aceh menjadi damai sehingga pembangunan bisa dilaksanakan dengan baik dan rakyat bisa hidup dengan tenang dan aman.
d. Revolusi atau pemberontakan Terjadinya Pemberontakan atau Revolusi Revolusi atau pemberontakan dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya. Pada tahun 2011 lalu terjadi revolusi di Mesir. Demonstrasi besar-besaran terjadi di Mesir menuntut agar presiden Hosni Mubarak yang telah berkuasa 30 tahun untuk melepaskan jabatannya.
Peristiwa Mei 1998, keadaan ekonomi mengalami guncangan karena krisis moneter dengan Penurunan mata uang rupiah terhadap dolar Amerika. Krisis ekonomi tersebut memicu krisis kepercayaan kepada pemerintah sehingga memaksa Presiden Soeharto turun dari jabatannya. Setelah peristiwa itu muncullah era reformasi yang ditandai dengan kehidupan bernegara yang lebih demokratis dan rakyat lebih bebas mengemukakan pendapatnya yang pada era sebelumnya lebih banyak terkekang.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Pengamatan terhadap Perubahan Sosial Budaya yang Terjadi di Indonesia Halaman 103 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Pengamatan terhadap Perubahan Sosial Budaya yang Terjadi di Indonesia Halaman 103 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Mengapa orang menggigil ketika kedinginan?

[Kunci Jawaban] Mengapa orang menggigil ketika kedinginan? Pertanyaan: Mengapa orang menggigil ketika kedinginan? (Soal Latihan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!