Breaking News

Pengamatan Mengenai Sasi Ekonomi yang Terjadi di Indonesia ataupun Dunia

Questions and Answer Keys for Class 9 Social Sciences Curriculum 2013 Revision 2018 Activities of Observation Groups on Economic Sasi Occurring in Indonesia or the World Page 119 Chapter 2 (Socio-Cultural Change and Globalization) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Pengamatan Mengenai Sasi Ekonomi yang Terjadi di Indonesia ataupun Dunia Halaman 119 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

Untuk membantu memahami mengenai bentuk-bentuk dan contoh dari globalisasi ekonomi lakukanlah kegiatan berikut dengan berkelompok!

  1. Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah siswa di kelas!
  2. Setiap kelompok diberikan tugas untuk melakukan pengamatan mengenai sasi ekonomi yang terjadi di Indonesia ataupun dunia!
  3. Pengamatan dapat dilakukan melalui berbagai media!
  4. Melalui pengamatan tersebut, siswa ditugaskan untuk mencatat berbagai macam globalisasi ekonomi yang terjadi di Indonesia!
  5. Dari temuan yang diperoleh melalui pengamatan tersebut, siswa mendiskusikannya dalam kelompok!
  6. Hasil diskusi dipresentasikan dan kelompok lain menaggapi!

Pengamatan mengenai sasi ekonomi yang terjadi di Indonesia ataupun dunia

Salah satu contoh globalisasi ekonomi yang terjadi di Indonesia atau dunia adalah ekspansi yang dilakukan Gojek ke beberapa negara di Asia. Globalisasi memungkinkan hal ini terjadi. Akibat adanya globalisasi, perusahaan-perusahaan asal Indonesia mampu melantai di negara-negara asing.

Salah satu dampak globalisasi adalah ekspanasi pasar perusahaan Indonesia. Akibatnya, kita dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Namun, globalisasi juga dapat mematikan perekonomian jika industri lokal kita tidak siap berhadapan dengan industri global.

Globalisasi memberikan dampak besar pada bidang ekonomi di berbagai negara. Beberapa contoh globalisasi di bidang ekonomi di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Kegiatan Ekspor dan Impor, ini adalah hubungan kerjasama antar negara di bidang perekonomian. Ekspor-impor dapat meningkatkan devisa suatu negara dan memenuhi kebutuhan di dalam negeri Indonesia.
  • Munculnya Pasar Bebas, artinya setiap negara di kawasan tertentu dapat melakukan kegiatan ekonomi satu sama lain. Misalnya pasar bebas di negara-negara Asia Tenggara atau yang kita kenal dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).
  • Perusahaan Asing Masuk Indonesia, artinya perusahaan-perusahaan asing dapat mengoperasikan bisnisnya di Indonesia dan saling menguntungkan satu sama lain. Misalnya, restoran McDonalds, KFC, dan lain-lain.
  • Bisnis E-Commerce Bertumbuh Pesat, perkembangan teknologi informasi merupakan salah satu bentuk globalisasi. Hal tersebut kemudian membuat bisnis e-commerce di berbagai negara semakin menjamur, termasuk di Indonesia.
  • Masuknya Produk Luar Negeri, globalisasi membuat proses impor produk luar lebih mudah. Hal tersebut mengakibatkan banyak sekali produk luar negeri masuk ke Indonesia.
  • Meningkatkan Globalisasi Perdagangan, Indonesia sudah masuk pada Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan AFTA (ASEAN Free Trade Area) yang membuat Indonesia harus siap untuk melaksanakan pasar bebas dengan konsekuensi barang-barang dari luar negeri bebas masuk ke Indonesia tanpa proteksi, begitu juga sebaliknya. Hal ini menjadi peluang produk ekspor sekaligus tantang terhadap serbuan produk asing.
  • Perusahaan Multinasional, Banyak perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia, hal bisa menjadi peluang melahirkan banyak lapangan kerja, tetapi di lain sisi juga banyak sumber daya yang diserap oleh asing, selain masalah lingkungan yang mungkin ditimbulkan dari industri-industri yang dibangun di wilayah Indonesia.
  • Pariwisata, Pariwisata sudah menjadi sumber ekonomi bagi suatu negara. Wisatawan dari seluruh dunia berbondong-bondong mencari tempat wisata. Pengeluaran dan belanja yang dikeluarkan wisatawan menjadi pemasukan devisa bagi negara yang mereka datangi.
  • Tenaga Kerja, Persebaran tenaga kerja di seluruh dunia, pertukaran tenaga kerja bisa terjadi di setiap negara. Tenaga-tenaga kerja migran ini bisa mendatangkan devisa bagi negara asalnya.
  • Jasa Keuangan, Proses transaksi keuangan antar negara ditujukan mempercepat proses pembayaran lintas negara, seperti untuk perdagangan dan pariwisata. Saat kita bisa melakukan transaksi pembayaran di beberapa negara dengan mudah dengan kartu kredit atau mata uang asing.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Pengamatan Mengenai Sasi Ekonomi yang Terjadi di Indonesia ataupun Dunia Halaman 119 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Pengamatan Mengenai Sasi Ekonomi yang Terjadi di Indonesia ataupun Dunia Halaman 119 Bab 2 (Perubahan Sosial Budaya dan Globalisasi). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!