Breaking News

Pendapat-Pendapat Masuknya Islam ke Indonesia

Questions and Key Answers to Social Sciences Class 7 Curriculum 2013 2016 Revision Group Activity Opinions-Opinion of the Entry of Islam into Indonesia Page 257 Chapter 4 (Indonesian Society in the Period of Praaksara, Hindu-Buddha, and Islam) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Pendapat-Pendapat Masuknya Islam ke Indonesia Halaman 257 Bab 4 (Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang!

2. Amatilah pendapat-pendapat mengenai masuknya Islam ke Indonesia!

3. Diskusikan dengan temanmu,teori mana yang menurut pendapatmu paling kuat terkait dengan masuknya Islam ke Indonesia? Beri penjelasannya!

4. Tulis hasil diskusi pada kolom di bawah!

5. Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas!

Pendapat-pendapat mengenai masuknya Islam ke Indonesia

Sejak zaman dahulu bangsa Indonesia terkenal sebagai bangsa yang ramah dan suka berinteraksi dengan bangsa atau negara lain. Oleh karena itu, banyak bangsa lain yang datang ke wilayah Nusantara untuk menjalin hubungan dalam berbagai bidang khususnya perdagang.

Ramainya perdagangan di Nusantara juga menyebabkan terjadinya penyebaran agama Islam di Indonesia. Waktu masuknya Islam ke Indonesia berbeda-beda di setiap daerah. Namun, masuknya agama Islam pertama kali di Indonesia lewat Pulau Sumatra, ketika Kerajaan Sriwijaya berkuasa.

Jalur utama penyebaran Islam di Indonesia adalah melalui jalur perdagangan. Selain jalur perdagangan, juga melalui jalur perkawinan, jalur dakwah, pendidikan dan jalur kesenian. Jalur perkawinan dilakukan oleh para pedagang Islam yang biasanya tinggal di kota-kota lepas pantai dan membentuk perkampungan-perkampungan untuk menunggu angin musim.

Pada saat inilah, beberapa pedagang tersebut melakukan pernikahi dengan para wanita pribumi. Karena pernikahan tersebut akhirnya para wanita pribumi kemudian memeluk agama Islam.

Proses awal penyebaran agama Islam di Kepulauan Indonesia menimbulkan beberapa perbedaan pendapat di kalangan para ahli sejarah.Hal tersebut muncul karena belum adanya kesatuan pendapat antara para ahli sejarah mengenai proses awal penyebaran Islam di Indonesia yang didasarkan atas bukti-bukti sejarah adanya masyarakat Islam,kerajaan Islam,dan kedatangan para pedagang Islam ke Indonesia. Akhirnya,pendapat-pendapat mengenai proses Islamisasi di Indonesia dapat dibagi ke dalam 3 teori, yaitu Teori Gujarat, Teori Persia, dan Teori Mekkah.

  1. Teori Gujarat

Menurut para sarjana-sarjana Belanda mengatakan bahwa Islam yang masuk ke Kepulauan Indonesia berasal dari Gujarat sekitar abad ke-13 atau abad ke-7 H. Pendapat ini mengasumsikan bahwa Gujarat terletak di India bagian Barat, berdekatan dengan Laut Arab.

Sedangkan, J.Pijnapel kemudian didukung oleh C.Snouck Hurgrobye, dan J.P Mouguetta (1912) berpendapat berdasarkan pada batu nisan Sultan Malik Al-Saleh yang wafat pada 17 Dzulhijjah 831 H atau 1297 M di Pasai, Aceh.

Menurut pada batu nisan di Pasai dan makam Maulana Malik Ibrahim yang wafat pada tahun 1419 di Gresik,Jawa Timur, memiliki bentuk yang sama dengan batu nisan yang terdapat di Kambay, Gujarat.Moquetta kemudian berkesimpulan bahwa batu nisan tersebut diimpor dari Gujarat atau setidaknya dibuat oleh orang Gujarat atau orang Indonesia yang telah belajar kaligrafi khas Gujarat.

  1. Teori Persia

Menurut Hoesein Djajadiningrat, mengatakan bahwa Islam yang masuk ke Indonesia berasal dari Persia (Iran sekarang).Pernyataan tersebut didasarkan pada kesamaan budaya dan tradisi yang berkembang antara masyarakat Parsi dan Indonesia.

Tradisi tersebut antara lain tradisi 10 Muharram atau Asyuro sebagai hari suci kaum Syiah atas kematian Husein bin Ali,dan tradisi tabot di Pariaman Sumatra Barat dan Bengkulu.

  1. Teori Mekkah

Teori Mekkah mengatakan bahwa proses masuknya Islam di Indonesia adalah langsung dari Mekkah atau Arab.Proses ini berlangsung pada abad pertama Hijriah atau abad ke-7 M.Tokoh yang memperkenalkan teori ini adalah Haji Abdul Karim Amrullah atau Buya Hamka, salah seorang ulama sekaligus sastrawan Indonesia.Hamka mengemukakan bahwa Islam berasal dari tanah kelahiran Arab atau Mesir.

Teori mana yang menurut pendapatmu paling kuat terkait dengan masuknya Islam ke Indonesia?Beri penjelasannya!

Menurut pendapat kami teori yang paling kuat adalah teori Mekkah,  yaitu bahwa Islam datang ke Indonesia dari wilayah Arab Teori ini disampaikan oleh salah satu ulama besar Indonesia yaitu dia Buya Hamka. Teori ini juga dikuatkan oleh ahli lain yaitu Anthony H.Johns. Mengapa teori ini mempunyai kelebihan daripada teori yang lain ? yaitu terdapat bukti-bukti Bawah sebagian besar masyarakat Indonesia sampai saat ini adalah penganut mazhab Syafi’i,  dimana kini sejak awal perkembangan Islam,  mazhab Syafi’i sudah dianut oleh sebagian masyarakat Mekah.

Selain itu hubungan yang erat antara penduduk semenanjung Arab dengan bangsa Nusantara sudah terjadi sejak lama melalui perdagangan. Hal ini semakin diperkuat juga dengan adanya catatan dari china pada masa Dinasti Tang yang menyebutkan bahwa sekitar abad ke 7 telah ada pemukiman Arab di Barus yaitu wilayah pantai barat Sumatera sekarang ada di Provinsi Sumatera Utara.

Barus merupakan kota Niaga yang tadi itu sangat terkenal di seluruh dunia dimana di kota ini banyak dihasilkan wawangian yang sekarang dikenal kapur barus. Pedagang dari seluruh dunia termasuk dari Arab melakukan perdagangan di kota ini.  Karena jarak yang begitu jauh seringkali mereka tinggal untuk jangka waktu yang lama di Barus. Hal inilah memunculkan pemukiman dari warga Arab yang beragama Islam di pesisir Kota Barus, maka selanjutnya terjadi asimilasi dengan penduduk sekitar yang membuat Islam masuk ke nusantara untuk pertama kalinya di kota ini.

Pemerintah Indonesia juga mengakui bahwa Barus merupakan pintu gerbang masuknya ke Nusantara. Presiden Republik Indonesia Papak Joko Widodo pada tanggal 24 Maret 2017 meresmikan monumen titik nol kilometer masuknya Islam ke Nusantara di kecamatan Barus Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Pendapat-Pendapat Masuknya Islam ke Indonesia Halaman 257 Bab 4 (Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Aktivitas Kelompok Pendapat-Pendapat Masuknya Islam ke Indonesia Halaman 257 Bab 4 (Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!