Breaking News

Pelajaran yang Bisa Dipetik dari Kisah Nabi Ibrahim AS

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 10 2013 Revised 2017 Curriculum Activity 5 From the story of Prophet Ibrahim, we can learn many lessons. What wisdom does it contain? Page 16 Chapter 1 (I Am Always Close to Allah swt.) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 5 Dari kisah Nabi Ibrahim banyak pelajaran yang dapat kita ambil. Apa saja hikmah yang terkandung di dalamnya? Halaman 16 Bab 1 (Aku Selalu Dekat dengan Allah Swt.) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Aktivitas 5

Dari kisah Nabi Ibrahim as. di atas, banyak pelajaran yang dapat kita ambil. Apa saja hikmah yang terkandung di dalamnya? Coba kemukakan. Realisasikan keimananmu kepada Allah Swt. dalam kehidupanmu seharihari.

  • Tetap bersabar dan berusaha menyebarkan hal yang baik dengan cara yang tepat

Nabi Ibrahim AS lahir di keluarga serta masyarakat yang menganggap patung berhala sebagai Tuhan dan menyembahnya. Nabi Ibrahim AS yang telah diutus oleh Allah SWT sebagai nabi-Nya, berusaha untuk mengajak masyarakat untuk menyembah satu-satunya Tuhan.

Usahanya ini dianggap sebagai sesuatu penyangkalan dan ketidaksopanan kepada Tuhan berhala. Bahkan Nabi Ibrahim AS dihukum untuk dibakar di kobaran api hidup-hidup.

Namun, ini tak membuatnya menyerah untuk mengajak masyarakat untuk menyembah Allah SWT. Ini bisa jadi pelajaran bahwa kamu harus terus bersabar untuk menyebarkan kebaikan, yang mungkin merupakan hal baru yang menggebrak kebiasaan yang salah.

  • Asahlah kemampuanmu untuk berpikir kritis, sehingga tidak mudah mengikuti hal yang tidak benar

Ayah Nabi Ibrahim AS adalah seorang pembuat berhala. Sejak kecil, Nabi Ibrahim kerap memperhatikan ayahnya ketika membuat patung tersebut, yang berujung pada pertanyaan mengenai siapakah Tuhan yang sebenarnya.

Pemikiran kritis ini membantunya untuk mencari keberadaan-Nya, hingga pada akhirnya, dirinya menyadari bahwa hanya Allah SWT yang patut disembah. Contohlah sikap Nabi Ibrahim AS yang berpikir kritis sehingga tidak ikut menyembah berhala!

Pentingnya berpikir kritis adalah untuk melindungi diri dari ilmu dan berita yang tidak benar. Apalagi di zaman modern dengan kecepatan informasi, yang semakin memudahkan penyebaran berita hoax.

  • Berusahalah untuk berprasangka baik kepada perintah dan takdir Allah SWT

Allah SWT memerintahkan Nabi Ibrahim AS untuk membawa istrinya, yaitu Siti Hajar bersama dengan anaknya, yaitu Ismail, ke Baitullah. Kemudian, Nabi Ibrahim AS meninggalkan keduanya di sana.

  • Allah SWT akan memberikan pertolongan bagi mereka yang bertawakal kepada-Nya

Suatu hari, Nabi Ibrahim AS mendapat mimpi yang mengharuskannya untuk menyembelih putra yang amat disayanginya, Ismail. Tentu saja, ini cukup memberatkan hati Nabi Ibrahim AS lantaran anak yang ditunggunya sekian lama, harus disembelih.

Namun karena rasa patuh dan memiliki ketaatan yang tinggi kepada Allah SWT, maka Nabi Ibrahim AS tetap melaksanakan perintah-Nya dengan pasrah dan percaya. Tanpa diduga, Allah SWT mengganti Ismail dengan domba.

Sehingga yang disembelih oleh Nabi Ibrahim AS bukanlah anaknya, namun hewan domba. Ini membuktikan bahwa Allah SWT akan menolong hamba-Nya yang berserah diri dan percaya kepada-Nya.

  • Jangan lupa untuk berbagi rezeki kepada sesama, terutama bagi yang membutuhkan

Setelah Allah SWT mengganti Ismail dengan domba, maka Nabi Ibrahim AS segera menyembelihnya. Kemudian daging dari domba yang ditelah disembelihnya itu, dibagikan kepada sesamanya.

Nabi Ibrahim AS juga menyuguhkan daging domba yang telah dimasak sebagai suguhan kepada tiga tamu istimewa, yang sebenarnya adalah malaikat. Ini jadi bukti bahwa ibadah yang diperintahkan Allah SWT, juga berdampak baik pada hubungan sesama manusia.

Keterikatan ini disebut Habluminannas (hubungan dengan manusia) dan Habluminallah (hubungan dengan Allah). Peristiwa ini jadi sejarah dari ibadah Kurban yang dilakukan pada Iduladha, yaitu menyembelih sapi atau kambing dan membagikan pada yang tak mampu.

  • Nasihat yang baik bisa berasal dari tempat yang tidak diduga

Pada zaman tersebut tidak mengherankan bahwa umat Ibrahim menganggap berhala sebagai Tuhan mereka, dan pada saat itu ayah Ibrahim menjadi salah satu pembuat dari berhala tersebut. Maka Ibrahim berkata kepada ayahnya:

“Wahai ayahku, mengapa anda menyembah sesuatu yang tidak mendengar, tidak melihat, dan tidak dapat menolong kamu sedikitpun? Sesungguhnya telah datang kepadaku sebahagian ilmu pengetahuan yang tidak datang kepadamu, maka ikutilah aku, niscaya aku akan menunjukkan kepadamu jalan yang lurus.” [Qs. Maryam :42-43]

  • Allah memiliki kuasa atas segala sesuatu

Ketika Nabi Ibrahim memberitahukan kepada kaum penyembah tersebut untuk tidak menyembah patung-patung setelah ia hancurkan, membuat kaum tersebut marah dan meluapkan kemarahannya ingin membakar Nabi Ibrahim.

Namun, tak disangka api yang melahap tubuhnya pun tiada membakar sesuatu darinya tanpa terluka. Hikmah yang dapat kita ambil sebagai seorang muslim, ketika meminta pertolongan, ingatlah Allah, karena Dialah yang terbaik bagi segala urusan hambaNya. Apapun masalah hambaNya tersebut.

  • Menerima dengan ikhlas segala kehendak Allah

Siti Hajar, istri dari Nabi Ibrahim, kala itu diperintahkan untuk berhijrah. Siti Hajar bersama Ismail ditempatkan di bawah pohon dalam keadaan kepanasan, membuat Siti Hajar berjuang untuk menemukan mata air.

Meski Siti Hajar sempat bertanya, apakah Allah memerintahkan Ibrahim untuk meninggalkan dirinya bersama Ismail, ia tidak berputus asa dan ikhlas menerima kehendakNya, Ia menyerahkan sepenuhnya dirinya dengan Ismail dan memohon pertolongan kepada Allah SWT dengan sungguh-sungguh.

  • Meyakini pilihan Allah lah pilihan terbaik

Dapat kita lihat keteguhan hati Nabi Ibrahim dan keluarganya selalu menerima dengan lapang dada atas perintahNya. Tidak hanya sebagai memohon pertolongan, namun selalu yakin apa yang Allah turunkan kepadanya merupakan pilihan yang terbaik, yang tidak diduga dan disangka-sangka bagi makhlukNya.

Banyak sekali hikmah yang dapat kita ambil untuk pembelajaran kehidupan nyata hidup seorang muslim. Apalagi dalam masa pandemi seperti ini bisa kita kaitkan dengan kehidupan Nabi Ibrahim yang sedang dalam kondisi terpuruk saat itu. Setiap manusia diuji sesuai kemampuanNya, dan Allah Maha Mengetahui apa yang terbaik bagi hamba-Nya, oleh karena itu sebagai muslim tunduk patuh terhadap ajaran Islam dan janganlah berputus asa dari rahmat Allah SWT.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 5 Dari kisah Nabi Ibrahim banyak pelajaran yang dapat kita ambil. Apa saja hikmah yang terkandung di dalamnya? Halaman 16 Bab 1 (Aku Selalu Dekat dengan Allah Swt.)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 5 Dari kisah Nabi Ibrahim banyak pelajaran yang dapat kita ambil. Apa saja hikmah yang terkandung di dalamnya? Halaman 16 Bab 1 (Aku Selalu Dekat dengan Allah Swt.). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Dalam lahan parkir suatu sekolah, 21 dari 25 sepeda yang terparkir tidak memiliki boncengan di belakang. Persentase dari sepeda yang tidak memiliki boncengan di belakang adalah

[Kunci Jawaban] Dalam lahan parkir suatu sekolah, 21 dari 25 sepeda yang terparkir tidak memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!