Pada saat ini, di setiap daerah baik wilayah perkotaan maupun pedesaan banyak berdiri toko-toko

Questions and Answer Keys for PPKN Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 Independent Assignments 5.2 Analysis of the presence of supermarkets and minimarkets Page 154 Chapter 5 (Beware of Threats to the Position of the Unitary State of the Republic of Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 5.2 Analisis terhadap kehadiran supermarket dan minimarket Halaman 154 Bab 5 (Mewaspadai Ancaman Terhadap Kedudukan Negara Kesatuan Republik Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Mandiri 5.2

Pada saat ini, di setiap daerah baik wilayah perkotaan maupun pedesaan banyak berdiri toko-toko swalayan seperti supermarket dan minimarket. Hal tersebut tentu saja akan berpengaruh terhadap perekonomian daerah tersebut. Selain itu, kehadiran supermarket dan minimarket juga akan berpengaruh terhadap keberadaan pasar atau warung tradisional. Berkaitan dengan hal tersebut, coba kalian lakukan analisis terhadap hal tersebut.

Analisis saya:

Supermarket dan minimarket menjadi menarik bagi konsumen (pembeli) karena supermarket dan minimarket tersebut lebih bersih dan nyaman bagi pembeli, serta lebih lengkap jenis barang yang dijualnya. Kehadiran pasar modern tersebut dapat memunculkan iklim persaingan yang tidak sehat yang merugikan pasar atau warung tradisional.

Menghadapi ancaman ini, untuk bisa bertahan dari persaingan dengan supermarket dan minimarket ini, maka pasar atau warung tradisional harus memiliki keunggulan yang bisa menarik konsumen.

Pasar tradisional misalnya harus berbenah dengan melakukan penataan agar menjadi bersih, rapi dan nyaman bagi konsumen untuk berbelanja. Ini penting karena saat ini banyak konsumen yang tidak mau pergi berbelanja ke pasar tradisional karena kotor, becek dan jorok.

Pedagang di pasar atau warung tradisional harus juga memperhatikan kualitas barang yang dijual. Misalnya, bila sayuran yang dijual di pasar atau warung tradisional tidak segar atau tidak bersih, maka konsumen juga akan malas membelinya.

Dari segi harga, pasar atau warung tradisional dapat menyaingi harga di supermarket dan minimarket, karena iaya operasi yang leih rendah, dan ini bisa digunakan untuk menarik konsumen agar berbelanja.

Kehadiran supermarket dan minimarket akan mempengaruhi terhadap keberadaan pasar atau warung tradisional, karena menjadi pesaing (kompetitor) dari pasar atau warung tradisional  tersebut. Akibatnya penjualan di pasar atau warung tradisional dapat menurun akibat persaingan ini.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa akhir-akhir ini di setiap daerah baik wilayah perkotaan maupun pedesaan berdirinya toko-toko swalayan seperti supermarket dan minimarket semakin menjamur.

Berdirinya toko-toko swalayan ini secara perlahan mulai menggeser cara berpikir dan gaya hidup masyarakat sekitar. Orang-orang semakin bersikap konsumtif dan bersifat hedonisme. Selain itu, toko swalayan yang bersih, rapi, memiliki banyak diskon, dingin, serta pelayanan yang ramah menjadikan keberadaan pasar dan warung tradisional semakin terpinggirkan.

Cepat atau lambat, pasar dan warung tradisional akan semakin mengalami penurunan pendapatan dan akhirnya hilang karena para konsumennya yang sedikit demi sedikit beralih ke toko swalayan. Hal ini dikarenakan harga yang ditawarkan tidak jauh berbeda, namun kualitas pelayanan dan tempat jauh berbeda di bandingkan toko swalayanan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 5.2 Analisis terhadap kehadiran supermarket dan minimarket Halaman 154 Bab 5 (Mewaspadai Ancaman Terhadap Kedudukan Negara Kesatuan Republik Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Mandiri 5.2 Analisis terhadap kehadiran supermarket dan minimarket Halaman 154 Bab 5 (Mewaspadai Ancaman Terhadap Kedudukan Negara Kesatuan Republik Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!