Pada percobaan yang kamu lakukan, bagaimana prinsip kerja rangkaian percobaan tersebut? Apa fungsi ticker timer dalam percobaan tentang GLB tersebut?

Questions and Answers for Natural Science Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activities 1.1 Experiment in Straight Motion (GLB) Page 3 Chapter 1 (Movement of Objects and Living Things in the Surrounding Environment) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.1 Percobaan Gerak Lurus (GLB) Halaman 3 Bab 1 (Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Lakukan

Aktivitas 1.1 Percobaan Gerak Lurus (GLB)

Apa yang kamu perlukan?

  1. Mobil mainan
  2. Mistar
  3. Ticker timer
  4. Pita kertas

Apa yang harus kamu lakukan?

  1. Rangkailah peralatan seperti pada Gambar 1.1!
  2. Operasikan ticker timer!
  3. Nyalakan mesin mobil mainan kemudian lepaskan hingga menarik pita!
  4. Ukurlah jarak antartitik yang terbentuk kemudian catat data tersebut pada tabel pengamatan yang kamu buat!

Apa yang perlu kamu diskusikan?

1. Pada percobaan yang kamu lakukan, bagaimana prinsip kerja rangkaian percobaan tersebut? Apa fungsi ticker timer dalam percobaan tentang GLB tersebut?

Prinsip kerja ticker timer memakai prinsip aturan tangan kanan dan induksi elektromagnet. Cara kerja ticker timer membentuk ketikan berupa titik-titik pada pita ketik dengan selang waktu tetap. Alat ini mempunyai sebuah plat baja yang dapat bergetar 50 kali setiap sekonnya. Setiap kali bergetar plat baja ini akan membuat sebuah tanda titik hitam pada kertas pita yang ditarik oleh benda yang akan diamati geraknya.

Ticker timer merupakan alat yang berfungsi untuk merekam perubahan suatu kecepatan pada benda. Fungsi ticker timer dalam percobaan tentang GLB adalah untuk mengukur kecepatan dan percepatan pada gerak lurus dan mengamati perubahan waktunya.

2. Buatlah grafik hubungan antara jarak (sebagai sumbu-y) dengan waktu (sebagai sumbu-x)!

3. Buatlah grafik hubungan antara kecepatan (sebagai sumbu-y) dengan waktu (sebagai sumbu-x)!

4. Berdasarkan grafik yang telah kamu buat, a) bagaimanakah hubungan antara jarak dan waktu? b) bagaimana hubungan antara kecepatan gerak mobil dengan waktu?

a) bagaimanakah hubungan antara jarak dan waktu?

Semakin cepat waktu maka semakin panjang jarak antar titik tersebut

b) bagaimana hubungan antara kecepatan gerak mobil dengan waktu?

Semakin tinggi kecepatan mobil, maka waktu yang dibutuhkan semakin sedikit

Apa yang dapat kamu simpulkan?

Bila kecepatannya suatu benda tinggi maka jarak antar titik akan semakin jauh tetapi bila kecepatannya rendah maka jarak antar titik semakin dekat dan rapat, dan waktu yang dibutuhkan semakin cepat dan semakin rendah kecepatan benda, maka waktu yang dibutuhkan semakin lama

Terjadi penurunan dan peningkatan grafik (panjang pita).Grafik pita kertas mengalami penurunan karena adanya gesekan roda trolley dengan lantai sehingga membuat kecepatannya berkurang, sedangkan bila terjadi peningkatan grafik karena kecepatan laju trolley naik sehingga jarak antar titik renggang .

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.1 Percobaan Gerak Lurus (GLB) Halaman 3 Bab 1 (Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 1.1 Percobaan Gerak Lurus (GLB) Halaman 3 Bab 1 (Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Pada saat berolahraga, kamu mengubah energi kimia makanan menjadi energi untuk gerak dan energi panas. Pada saat itu, kamu berkeringat. Mengapa dengan berkeringat suhu tubuh kamu tetap stabil? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Pada saat berolahraga, kamu mengubah energi kimia makanan menjadi energi untuk gerak dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!