Breaking News

Pada lafal وَاخْتِلَافِ terdapat hukum bacaan Mad

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 12 2013 Revision 2018 Curriculum Multiple Choice Evaluation In the wahtilafi pronunciation there is the law of reading Mad Page 57 Chapter 3 (Activating Conscience with Critical Thinking) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Evaluasi Pilihan Ganda Pada lafal wahtilafi terdapat hukum bacaan Mad Halaman 57 Bab 3 (Menghidupkan Nurani dengan Berpikir Kritis) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Evaluasi

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap jawaban yang paling tepat!

1. Pada lafal وَاخْتِلَافِ terdapat hukum bacaan Mad . . . .

A. Tabi’i

B. ‘Iwad

C. Wajib Muttasil

D. Jaiz Munfasil

E. ‘Arid Lissukun

Jawaban : A. Tabi’i

Penjelasan : Pada lafal wahtilafi yg terdapat hukum bacaan Mad thobii atau mad asli. Mad thobii atau mad asli adalah apabila ada huruf alif dan huruf sebelumnya berharokat fathah (A), atau wawu bersukun dan huruf sebelumnya berharokat dhomah (U) atau huruf Ya dan huruf sebelumnya berharokat kasrah ( I ) maka wajib dibaca dengan memanjangankan dengan 2 ketukan ( atau satu alif ) dan tidak boleh kurang, baik dalam keadaan wakaf maupun wasol.

Nah kemudian dalam kata وَاخْتِلَافِ terdapt hukum bacaan mad thabi’i atau mad asli, yang mana huruf lam fathah kemudian diikuti dengan alif, sehingga dibaca panjang 2 harokat.

2. Perhatikan potongan ayat berikut :

Potongan ayat di atas artinya . . . .

A. penciptaan langit dan bumi

B. tanda-tanda kebesaran Allah Swt.

C. dan pergantian malam dan siang

D. orang-orang yang mengingat Allah Swt.

E. dalam keadaan berdiri dan duduk

Jawaban : C.  dan pergantian malam dan siang

Penjelasan : Surah Ali Imron ayat 190 yang artinya dan silih berganti.

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ

Artinya : “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal.”

3. Arti “ulilalbab” ialah . . . .

A. umat Islam

B. orang yang dewasa

C. umat-umat terdahulu

D. generasi muda Islam

E. orang yang berakal sehat

Jawaban : E. orang yang berakal sehat

Penjelasan : Ulil Albab adalah orang yang senantiasa menggunakan akalnya dalam kondisi apapun dan di dasari dengan zikrullah (C), yaitu dengan berdzikir atau mengingat Allah swt.

Ulil Albab merupakan orang yang selalu menggunakan akal pikirannya dalam melakukan tindakan dan di dasari dengan berdzikir kepada Allah swt. Allah berfirman dalam Qur’an surat ali imran ayat 190-191 :

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ (١٩٠)

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ (١٩١)

Artinya :

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (Q.S Ali Imran : 190)

yaitu، orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka. (Q.S Ali Imran : 191)

Ayat diatas menjelaskan bahwa Ulil Albab atau orang-orang yang berakal adalah orang yang berdzikir (mengingat Allah swt) kapanpun dan dimanapun sambil memikirkan dengan penciptaan langit dan bumi seraya memuji Allah swt.

4. Sikap yang tepat terhadap ayat al-Quran adalah . . . .

A. membacanya setiap malam Jumat dengan khusyuk

B. membaca dengan tartil dan suara yang bagus

C. membacanya dengan fasih di hadapan guru

D. membaca dan mengkajinya bersama orang yang ahli

E. membacanya setiap saat untuk mendapatkan kelancaran usaha

Jawaban : D. membaca dan mengkajinya bersama orang yang ahli

Penjelasan : Al Quran merupakan firman ALLAH yang diturunkan dan sebagai mukzizat kepada Nabi Muhammad SAW. Al Quran mengandung revisi –revisi dari kitab-kitab sebelumnya dan sebagai penyempurna dari syariat islam yang mana hukum Al Quran dapat digunakan hingga hari kiamat. Selain itu Al Quran juga berisi kabar gembira serta ancaman bagi manusia, serta kabar mengenai kehidupan setelah kematian. Seorang muslim wajib mengimani Al quran serta menjadikannya sebagai pedoman hidup. Dalam surah Al furqon ayat 1 , ALLAH berfirman “Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam”. Dan untuk menjadikannya pedoman tentu kita harus memahami dan minimal bisa membaca Al Quran.

Maka jawaban yang paling tepat adalah D. Membaca dan mengkajinya bersama orang ahli. karena tidak satupun dari pilihan ganda yang lain dapat dilakukan bila kita tidak mempelajari Al Quran kepada ahlinya. Dan mempelajari Al quran merupakan kewajiban, sedangkan mengamalkan untuk mendapat fadhilahnya adalah kebutuhan.

5. Berikut ini tidak termasuk sikap seorang ulil albab yang tercantum dalam Q.S. Ali ‘Imran/3:191 yaitu . . . .

A. Merenungkan ciptaan Allah Swt.

B. Menghafalkan ayat-ayat tertentu

C. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan duduk

D. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan berdiri

E. Mengingat Allah Swt. dalam keadaan berbaring

Jawaban : A. Merenungkan ciptaan Allah Swt.

Penjelasan : Ulil albab secara sederhana berarti orang yang berakal atau orang yang berfikir. Namun makna sebenarnya tidak sesederhana itu, ulil albab ialah orang yang senantiasa menggunakan akal pikirannya untuk menambah keimanannya terhadap Allah SWT dengan cara ia menggunakan wawasan, keimanan, dan pikirannya untuk memperhatikan ciptaan Allah SWT, mengingat Allah SWT, dan sejenisnya dalam keadaan berdiri, duduk, tidur, dsb.

Jawaban adalah (A) Merenungkan ciptaan Allah SWT.

 إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ 

Artinya “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal, (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka (Q.s Ali imran ayat 190-191) 

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Evaluasi Pilihan Ganda Pada lafal wahtilafi terdapat hukum bacaan Mad Halaman 57 Bab 3 (Menghidupkan Nurani dengan Berpikir Kritis)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Evaluasi Pilihan Ganda Pada lafal wahtilafi terdapat hukum bacaan Mad Halaman 57 Bab 3 (Menghidupkan Nurani dengan Berpikir Kritis). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/pada-lafal-وَاخْتِلَافِ-terdapat-hukum-bacaan-mad/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Dalam tabel informasi nilai gizi pada kemasan biskuit yang dimiliki Dian menyatakan bahwa 16 keping biskuit mengandung 24 gram karbohidrat. Dian memakan 12 keping biskuit. Kandungan karbohidrat dalam 12 biskuit?

[Kunci Jawaban] Dalam tabel informasi nilai gizi pada kemasan biskuit yang dimiliki Dian menyatakan bahwa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!