Breaking News

Pada hakikatnya kebhinnekaan bangsa Indonesia merupakan rahmat Allah SWT sekaligus merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!

Questions and Answers for Class 10 PPKN Curriculum 2013 Revision 2017 COMPETENCY TEST CHAPTER 6 In essence, the diversity of the Indonesian nation is a blessing from Allah SWT as well as a potential as well as a challenge for the Indonesian nation. Explain the meaning of the statement Page 200 Chapter 6 (Threats to the State in the Frame of Unity in Diversity) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 UJI KOMPETENSI BAB 6 Pada hakikatnya kebhinnekaan bangsa Indonesia merupakan rahmat Allah SWT sekaligus merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia. Jelaskan maksud pernyataan tersebut Halaman 200 Bab 6 (Ancaman Terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal lka) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

UJI KOMPETENSI BAB 6

Jawablah pertanyaan di bawah ini secara singkat, jelas dan akurat.

1. Pada hakikatnya kebhinnekaan bangsa Indonesia merupakan rahmat Allah SWT sekaligus merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!

Maksud dari pernyataan diatas adalah bahwa kebhinekaan adalah sesuatu berkah yang diberikan Allah, Tuhan yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia yang harus dikelola dengan baik, karena jika terkelola dgn baik dapat menyimpan potensi yang menguntungkan kesatuan bangsa dan pada akhirnya kemajuan karena rakyat sudah terbiasa hidup dalam suasana keanekaragaman dan bila sudah terbiasa bekerja sama dengan baik di lingkungan yang multikultural dapat memudahkan kerjasama dengan negara lain. Sementara bila tidak dikelola dengan baik, akan memecah belah negara karena adanya fanatisme kesukuan/golongan yang sempit.

Keanekaragaman bangsa indonesia merupakan sebuah potensi dan tantangan tersendiri disebut sebagai sebuah potensi karena membuat bangsa kita menjadi bagsa yang besar dan memiliki kekayaan yang melimpah baik kekayaan alam maupun kekayaan budaya yang dapat menarik minat para wisatawan asing untuk mengunjungi indonesia dan investor asing untuk menanamkan modalnya di indonesia.

2. Ancaman militer pada hakikatnya berkaitan dengan ancaman di bidang pertahanan dan keamanan. Jelaskan dan berikan contoh terkait dengan ancaman di bidang militer!

  • Ancaman militer tentu sangat berhubungan dengan hankam karena berpotensi mengganggu rasa aman dan damai dalam negara. Contohnya ‘invasi’ Rusia di Ukraina Timur yang mengakibatkan goyahnya pemerintahan dan pertahanan Ukraina plus mengakibatkan ribuan rakyat mengungsi di Ukraina Barat. Manuver Tiongkok di Laut China Selatan juga merupakan ancaman hankam karena secara arogan menguasai pulau Spartly yang disengketakan oleh beberapa negara ASEAN dan mengancam ketidakstabilan keamanan kawasan Asia karena langkah Tiongkok yang tidak menghiraukan saran PBB mengenai isu tersebut plus diduga telah membangun pangkalan militer disana.
  • Spionase : merupakan kegiatan intelejen yang dilakukan untuk mendapatkan informasi atau rahasia militer sebuah negara.
  • Sabotase : dilakukan untuk merusak instansi penting militer atau objek vital nasional dan dapat membahayakan keselamatan bangsa
  • Agresi : penggunaan kekuatan bersenjata oleh negara lain terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa
  • Aksi teror bersenjata
  • Aksi pemberontakan bersenjata
  • Perang saudara : terjadi antar kelompok masyarakat bersenjata dalam suatu wilayah yang sama.

3. Agresi suatu negara yang mengancam kedaulatan suatu negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa Indonesia mempunyai bentuk- bentuk mulai dari yang berskala paling besar sampai dengan yang terendah. Jelaskan dan berikan contoh bentuk agresi yang berskala paling besar yang pernah dialami bangsa Indonesia!

Agresi militer tentunya mengancam keutuhan kedaulatan negara dan wilayahnya karena telah menyerang bangsa lain biasanya diikuti dengan tujuan tertentu untuk menguasai / memberi pengaruh politik tertentu yang menguntungkan pihak agresor. Contoh yang pernah terjadi di Indonesia adalah agresi militer Belanda yang terjadi setelah kemerdekaan di bulan November 1945.

Invasi merupakan bentuk agresi yang berskala paling besar dengan menggunakan kekuatan militer bersenjata yang dikerahkan untuk menyerang dan menduduki wilayah negara lain. Contohnya pada agresi militer l dari tanggal 21 juli 1947 sampai 5 agustus 1947 dan agresi militer ll tanggal 19 desember 1948.

4. Ancaman non-militer pada hakikatnya disebabkan oleh pengaruh negatif dari globalisasi. Jelaskan hubungan ancaman non-militer dengan pengaruh globalisasi!

Ancaman non militer kini lebih berhubungan dengan globalisasi yang kental dengan kebudayaan / gaya hidup barat yang tdk selalu sesuai dengan budaya Indonesia serta penggunaan gawai canggih yang umumnya ‘mengisolasi’ pengguna secara tidak langsung dan membuat mereka menjadi lebih individualis

Ancaman Non Militer atau Ancaman Nir Militer memiliki karakteristik yang berbeda dengan ancaman militer, di mana bisa dijelaskan jika Ancaman Non Militer ini merupakan ancaman yang tidak bersifat fisik, serta bentuknya yang tidak terlihat, seperti pada ancaman militer, karena ancaman ini berdimensi ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya, teknologi informasi serta keselamatan umum.Ancaman ini tidak menggunakan senjata, akan tetapi jika dibiarkan saja, bisa membahayakan kedaulatan serta keutuhan wilayah dari suatu negara, selain itu juga bisa membahayakan keselamatan segenap bangsa.

Komponen utama untuk menghadapi ancaman non militer ini merupakan lembaga pemerintah yang ada di luar bidang pertahanan, sesuai dengan bentuk serta sifat ancaman yang tengah dihadapi dengan adanya dukungan dari unsur-unsur lain dari kekuatan bangsa. Contoh dari lembaga pemerintah yang menghadapi adanya ancaman non militer yakni, Polisi, KPK, DPR, Satpol PP, dan masih banyak lagi lainnya.

Penjelasannya : Hubungan ancaman non – militer dengan pengaruh globalisasi adalah dapat membahayakan kedaulatan serta keutuhan wilayah dari suatu negara dan dapat membahayakan keselamatan segenap bangsa.

5. Pada hakikatnya ancaman dalam kebhinnekaan yang berdimensi politik dan bersumber dari dalam negeri dapat berupa pengerahan massa dan separatisme. Jelaskan maksud pernyataan tersebut!

Ancaman keberagaman dari dalam negeri seperti pengerahan massa dan separatisme umumnya berasal dari ketidakadilan sosial/ekonomi atau rendahnya rasa toleransi dengan sesama yang bisa menimbulkan prasangka buruk dan kecemburuan sosial. Hal ini yang belum sepenuhnya teratasi hingga saat ini bisa mengancam kebhinekaan karena menimbulkan benih fanatisme sempit yang tidak bisa menerima perbedaan dalam masyarakat. Inilah yang bisa memunculkan separatisme karena pandangan tersebut.

Suatu gerakan untuk mendapatkan kedaulatan dan memisahkan suatu wilayah atau kelompok manusia (biasanya kelompok dengan kesadaran nasional yang tajam) dari satu sama lain (atau suatu negara lain).

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 UJI KOMPETENSI BAB 6 Pada hakikatnya kebhinnekaan bangsa Indonesia merupakan rahmat Allah SWT sekaligus merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia. Jelaskan maksud pernyataan tersebut Halaman 200 Bab 6 (Ancaman Terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal lka)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 UJI KOMPETENSI BAB 6 Pada hakikatnya kebhinnekaan bangsa Indonesia merupakan rahmat Allah SWT sekaligus merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan bagi bangsa Indonesia. Jelaskan maksud pernyataan tersebut Halaman 200 Bab 6 (Ancaman Terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal lka). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!