Breaking News

Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama?

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 Competency Test Both bottles were planted with the same number of plants and the same availability of water. In which bottle can plants thrive for a long time? Describe your reasons! Pages 198-200 Chapter 9 (Land and Sustainability) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Kedua botol itu ditanami tumbuhan dengan jumlah yang sama dan ketersediaan air yang sama. Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu! Halaman 198-200 Bab 9 (Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

B. Jawablah dengan benar pertanyaan berikut!

1. Perhatikan susunan tanah pada botol berikut ini!

Kedua botol itu ditanami tumbuhan dengan jumlah yang sama dan ketersediaan air yang sama. Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu!

Botol yang berisi tumbuhan yang dapat tumbuh subur dalam jangka waktu lama adalah botol A.

Tumbuhan dapat tumbuh subur dalam waktu lama jika ditanam pada botol A.  Pada botol ini kondisi aerasi cukup baik untuk akar tumbuhan karena tanah disusun dengan urutan tanah liat paling bawah, lalu pasir, dan lempung posisi atas. Tanah lempung merupakan tanah yang mampu menahan air dan nutrisi yang cukup untuk tumbuhan. Tanah pasir, yang memiliki ukuran partikel besar sehingga dapat menyediakan udara yang cukup untuk akar tanaman dan menjaga agar akar tidak membusuk. Lapisan terakhir adalah tanah liat yang memiliki  sifat padat, sulit ditembus air sehingga keberadaan air dalam botol bisa terjaga dalam waktu yang cukup lama.

Botol A memiliki susunan tanah yang jauh lebih baik daripada botol B, sehingga apabila tanaman diletakkan di pot A maka akan tumbuh dengan subur, sedangkan di pot B akan perlahan layu dan membusuk.

Tinjau Susunan Tanah pada Botol A

Susunan tanah pada botol A lebih baik daripada struktur tanah B. Mengapa demikian ?

  • Tanah lempung paling atas, merupakan cukup baik, karena tanah lempung masih memiliki daya serap yang lebih tinggi dibandingkan tanah liat, sehingga air dapat terserap lebih dalam ke lapisan selanjutnya dan akar lebih mudah untuk menembus tanah lempung. Tanah lempung juga masih memiliki beberapa mineral yang dibutuhkan tumbuhan.
  • Tanah pasir, merupakan tanah yang cukup baik juga, karena komposisinya yang halus akan mudah menyerap air dan akar tanaman dapat leluasa untuk menembusnya, walaupun tanah pasir ini sangat miskin mineral.
  • Tanah liat, merupakan tanah yang sulit menyerap air, sehingga air akan tersimpan di sini sebagai cadangan. Akar juga sulit untuk menembus tanah liat, karena strukturnya yang liat (lunak, lentur) sehingga akar akan terkunci dengan kuat yang menyebabkan tumbuhan dapat berdiri tegak.

Tinjau Susunan Tanah Botol B

Susunan tanah pada botol B sangatlah buruk, mengapa demikian ? Karena, tanah liat yang sulit ditembus oleh air dan akar akan sulit menembusnya. Hal ini akan membuat akar tidak leluasa untuk menembus tanah yang menyebabkan ia terkunci di awal dan tidak bisa ke lapisan yang lebih dalam. Hal ini akan membuat akar menjadi membusuk.

2. Perhatikan percobaan berikut ini! Ada tiga tabung reaksi yang diisi oleh jenis tanah yang berbeda kemudian diberi air dengan volume yang sama. Ketiga tabung tersebut dikocok dalam waktu yang sama dengan kekuatan pengocokan yang sama. Setelah itu, ketiga tabung didiamkan pada rak tabung reaksi.

Menurut pendapatmu tabung manakah yang tanahnya paling cepat mengendap? Jelaskan alasanmu!

Tanah dalam tabung yang cepat mengendap adalah tanah pasir. Tanah pasir cepat mengendap karena memiliki partikel lebih besar dan berat. Tanah merupakan komponen abiotik pada ekosistem. Tanah bermanfaat bagi makhluk hidup karena sebagai tempat hidup. Untuk tumbuhan tanah berfungsi menyediakan unsur hara untuk pertumbuhan tanaman.

Proses pemisahan jenis tanah pada soal memanfaatkan gaya gravitasi. Metode pemisahan campuran dengan memanfaatkan gaya gravitasi akan menghasilkan endapan zat yang massanya lebih besar di bawah tabung reaksi.

Karena data yang diberikan kurang tepat, maka kita anggap saja massa pasir > massa tanah lempung > massa tanah liat. Maka tanah yang paling cepat mengendap adalah tanah pasir, lalu tanah lempung, dan yang terakhir tanah liat.

3. Di daerah pegunungan atau perbukitan, lahan pertanian dibuat secara terasering. Jelaskan keuntungan sistem terasering tersebut!

Keuntungan dari sistem terasering tersebut adalah:

  • Membuat lahan miring menjadi stabil sehingga erosi berkurang
  • Meningkatkan penyerapan air tanah
  • Lahan terasering dapat digunakan sebagai lahan perkebunan
  • Mencegah longsor
  • Dapat dijadikan lahan datar untuk lahan pertanian
  • Menambah daerah resapan air.
  • Memperlambat kecepatan air dengan cara mengurangi tingkat kecuraman lereng
  • Meningkatkan dan menjaga kesetabilan lereng
  • Memperbanyak daerah resapan air hujan
  • Mengurangi hilangnya tanah
  • Mengendalikan arah aliran air menuju ke daerah yang lebih rendah
  • Menampung dan menahan air pada lahan miring

4. Ion nitrat adalah salah satu ion yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Berikut ini adalah data kandungan ion nitrat di dua daerah yang berbeda:

Grafik Perbandingan Kandungan Nitrat dalam Tanah

Berdasarkan data tersebut. Mengapa pada daerah yang pohonnya banyak ditebang jumlah nitrat dalam tanah lebih tinggi?

Daerah yang pohonnya banyak ditebang jumlah nitrat dalam tanah lebih tinggi karena tidak ada yang menyerap kandungan nitrat di dalam tanah, sementara daur nitrogen akan terus berlangsung.

Sumber kehidupan bagi tanaman adalah air dan kandungan mineral di dalam tanah. Tumbuhan membutuhkan mineral – mineral untuk berlangsung hidup, seperti tumbuh dan berkembang serta berbuah. Unsur nitrogen yang dibutuhkan tumbuhan untuk proses pertumbuhan tidak diserap langsung dari udara, melainkan sebagai nitrat yang ada di dalam tanah. Nitrogen mengalami proses atau daur nitrogen, yang di dalam tanah . Jika tidak ada tumbuhan lagi maka kandungan nitrat tidak ada yang menyerap. Karena tumbuhan menyerap nitrat dalam tanah dengan jumlah yang cukup besar,  untuk asupan hidup yang dibutuhkan, sehingga saat tumbuhan itu masih hidup, kandungan nitrat di tanah akan terus diserap dan akhirnya jumlahnya cendreung sedikit karena terus menerus diserap oleh tumbuhan. Namun setelah pohon – pohon ditebang, tidak ada lagi yang akan menyerap nitrat dalam tanah, sehingga jumlah nitrat di tanah menjadi cenderung tinggi. Tanah menjadi bersifat asam.

Tumbuhan memerlukan nitrogen untuk pertumbuhan vegetatif dari batang, daun, dan tunas. Nitrogen diserap oleh tanaman salah satunya dalam bentuk nitrat (NO:). Pada tanah yang terdapat banyak tanaman, kandungan nitratnya semakin turun. Hal ini menandakan bahwa nitrat dibutubkan oleh tumbuhan. Sedangkan pada tanah gundul kandungan nitrat akan terus bertambah, karena tidak ada tumbuhan yang menggunakan nitran, sedangkan proses penambatan nitra dari udara terus terjadi, baik melaui penambatan petir, maupun dengan bantuan bakteri.

5. Di lapisan tanah yang semakin dalam, ditemukan lebih sedikit organisme dibandingkan dengan lapisan bagian atas. Menurut pendapatmu, mengapa hal itu terjadi?

  • Semakin dalam tanah, maka kandungan oksigen semakin renda. Sedangkan beberapa organisme memerlukan oksigen untuk bisa hidup. Contoh: cacing
  • Semakin dalam tanah, maka makanan semakin sedikit. Beberapa organisme berfungsi sebagai dekomposer yang mengkonsumsi dedaunan busuk, dan materi organik lainnya yang membusuk. Materi organik ini tersedia di tanah lapisan atas.
  • Di lapisan tanah yang semakin dalam ditemukan lebih sedikit organisme dibandingkan dengan lapisan bagian atas. Hal itu terjadi karena pengurai seperti cacing tanah, jamur dan bakteri memerlukan oksigen, sehingga lapisan paling atas tanah yang banyak mendapatkan oksigen juga banyak memiliki organisme pengurai.
  • Oksigen yang dibutuhkan organisme semakin sedikit di bagian tanah yang dalam
  • Bahan organik yang dibutuhkan untuk makanan organisme semakin sedikit di bagian tanah yang dalam

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Kedua botol itu ditanami tumbuhan dengan jumlah yang sama dan ketersediaan air yang sama. Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu! Halaman 198-200 Bab 9 (Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Kedua botol itu ditanami tumbuhan dengan jumlah yang sama dan ketersediaan air yang sama. Pada botol manakah tumbuhan dapat tumbuh dengan subur dalam jangka waktu yang lama? Uraikan alasanmu! Halaman 198-200 Bab 9 (Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Jika a : b = 3 : 4, maka (6a + b) : (4a + 5b) adalah ….

[Kunci Jawaban] Jika a : b = 3 : 4, maka (6a + b) : …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!