Nilai-nilai kehidupan apa saja yang dapat kamu peroleh dari penggalan cerpen-cerpen di bawah ini? Jelaskan alasan-alasannya!

Questions and Answer Key Indonesian Class 11 Revised 2017 Curriculum 2013 Task values of life what can you get from a fragment of short stories below explain the reasons Page 117-118 Chapter 4 (Imitate Lives of Short Stories) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama JawabanPelajar.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Nilai-nilai kehidupan apa saja yang dapat kamu peroleh dari penggalan cerpen-cerpen di bawah ini Jelaskan alasan-alasannya Halaman 117-118 Bab 4 (Meneladani Kehidupan dari Cerita Pendek) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas

1. Nilai-nilai kehidupan apa saja yang dapat kamu peroleh dari penggalan cerpen-cerpen di bawah ini? Jelaskan alasan-alasannya!

a. “Memesan tulisan di depan itu mahal!” akhirnya Salijan teringat lagi kepraktisannya dalam keuangan, harga papan, ongkos pencatatan tulisan – ah, sepuluh ribu sendiri habis ke situ! Tentulah suaminya tidak akan setuju. Jumlah itu besar, lebih baik ditambahkan ke tabungan guna mengurus sertifikat baru tanah yang masih mereka miliki. Demikian sukar, berbelit, dan mahal untuk mendapatkan surat-surat tersebut, kata Samijo. Dan katanya lagi semakin lama akan menjadi semakin mahal, pegawai di kantor-kantor pemerintah akan minta jasa lebih besar lagi. Jadi, pengeluaran yang bukan untuk makan, pakaian lebaran, dan kesehatan, harus dihindari surat itu.

Nilai Ekonomi

Alasan: dalam penggalan cerpen tersebut mengenai situasi yang sering terjadi di masyarakat yaitu tentang kondisi keuangan sehingga harus hemat dalam pengeluaran.

b. “Tak bisa kurang sedikit?”

“Tentu saja bisa, Mister. Dalam perdagangan, seperti Tuan maklum, harga bisa damai. Apalagi Mister pecinta benda seni!” Tammy tak mendengarkan lebih lanjut, dengan tangkas dia bangkit kemudian ke belakang. Dia menulis sepucuk surat untuk Tuan Wahyono, ahli keramik sebelah rumah. Dia suruh pelayannya cepat mengantarkan surat itu.

“Aku minta bantuan ‘Tuan Wahyono untuk menilai harga teko ini. Dia adalah ahli keramik Rumahnya di sebelah itu,” ujar Tammy setelah kembali di dekat tamunya.

Nilai Ekonomi

Alasan: dalam penggalan cerpen tersebut mengenai situasi perdagangan yang sering terjadi yaitu tawar-menawar harga terhadap barang yang dijual-belikan

c. Aku masih saja khawatir. Ramalan dukun-dukun itu mulai lagi mengganggu pilkiranku. Kau juga mulai diganggu ramalan mereka? Tidak. Kita tidak boleh terpengaruh oleh ramalan-ramalan. Kita harus berdoa semoga ramalan itu tidak akan menimpa Lasuddin. Aku masih ingat, mereka menyebarkan ke seluruh kampung ramalan-ramalan itu. Benarkah akan terjadi seperti yang mereka musnah di ujung katakana, bahwa semua keturunan kita akan r pisau sunat? Yakinkah kau akan itu? Kita berserah saja kepada-Nya. Doakanlah Lasuddin. Bukankah hal ini harus diikuti setiap pengikut Islam sejati?

Nilai Budaya

Alasan: dalam penggalan cerpen tersebut mengenai tradisi kepercayaan terhadap ramalan seorang dukun.

2. Kerjakan latihan berikut sesuai dengan instruksinya!

a. Berdiskusilah dan berkelompok setelah membaca sebuah cerpen.

b. ‘Temukanlah nilai-nilai kehidupan yang dianggap penting bagimu, baik sebagai seorang anak, pelajar, ataupun warga masyarakat.

c. Sajikanlah hasil diskusi kelompokmu itu di dalam format berikut.

Kemudian, presentasikan secara bergiliran di depan kelompoklainnya untuk mereka tanggapi.

Judul Cerpen : Rumah Tuhan

Pengarang : AK. Basuki

Sumber : Buku Kumpulan Cerpen Klub Solidaritas Suami Hilang, Cerpen Pilihan Kompas 2013.

Kebermaknaan:

Dalam cerpen ini terdapat nilai sosial dan moral. Cerpen ini mengisahkan tentang ketulusan dan kesabaran seorang ibu dalam menolong orang lain. Tidak pernah mengeluh terhadap penderitaan yang dialaminya.

Nilai sosial yang ada ialah saling membantu dan menolong orang lain tanpa pamrih atau tanpa imbalan. Sementara itu, nilai moral yang ada ialah sikap sabar, tulus, dan tidak pernah mengeluh bisa menjadi cerminan kebaikan kepada orang lain.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Nilai-nilai kehidupan apa saja yang dapat kamu peroleh dari penggalan cerpen-cerpen di bawah ini Jelaskan alasan-alasannya Halaman 117-118 Bab 4 (Meneladani Kehidupan dari Cerita Pendek)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Nilai-nilai kehidupan apa saja yang dapat kamu peroleh dari penggalan cerpen-cerpen di bawah ini Jelaskan alasan-alasannya Halaman 117-118 Bab 4 (Meneladani Kehidupan dari Cerita Pendek). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/nilai-nilai-kehidupan-apa-saja-yang-dapat-kamu-peroleh-dari-penggalan-cerpen-cerpen-di-bawah-ini-jelaskan-alasan-alasannya/

About Muhammad

Check Also

Informasi Lengkap Seputar Pelaksanaan UTBK-SNBT 2023 (Jadwal, Info Pendaftaran, dan Persyaratan SNBT 2023)

Informasi lengkap seputar pelaksanaan UTBK-SNBT 2023 Informasi lengkap seputar pelaksanaan UTBK-SNBT 2023, mulai dari jadwal, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!