Menurut pendapat kamu teori atau pendapat mana yang paling kuat terkait dengan masuknya budaya Hindu-Buddha?

Indonesian History Questions and Answer Keys Class 10 Curriculum 2013 Revised 2017 Competency Test In your opinion, which theory or opinion is the strongest related to the entry of Hindu-Buddhist culture Page 85 Chapter 2 (Traders, Rulers and Poets in the Classical Period (Hindu-Buddhist)) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Menurut pendapat kamu teori atau pendapat mana yang paling kuat terkait dengan masuknya budaya Hindu-Buddha Halaman 85 Bab 2 (Pedagang, Penguasa dan Pujangga pada Masa Klasik (Hindu-Buddha)) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

Nah, bagaimana selanjutnya dengan persebaran agama HinduBuddha? Beberapa bukti arkeologis menunjukkan perkembangan masuknya agama Hindu-Buddha di Kepulauan Indonesia. Pengaruh Hindu ditemukan pada abad ke-5 Masehi. Prasasti yang ditemukan di Kutai dan Tarumanegara yang menyebutkan sapi sebagai hewan persembahan menunjukkan bahwa agama Hindu berkembang di daerah itu. Juga adanya penyebutan Dewa Trimurti yaitu, Brahma, Wisnu, dan Siwa.

1. Menurut pendapat kamu teori atau pendapat mana yang paling kuat terkait dengan masuknya budaya Hindu-Buddha? Jelaskan!

Disini saya memiliki dua pendapat terhadap teori yang paling kuat terhadap perkembangan masuknya budaya Hindu Buddha

Menurut pendapat saya yang pertama, teori yang paling kuat terkait masuknya kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia adalah TEORI ARUS BALIK. Teori ini menyebutkan bahwa kebudayaan Hindu-Buddha yang ada di Indonesia pada mulanya dibawa oleh kaum intelektual yang menumpang di kapal saudagar. Karena orang-orang terpelajar di nusantara tertarik, mereka pun mengirim perwakilan untuk belajar langsung di India. Di India, para perwakilan ini pun belajar langsung pada kaum Brahmana.

Dan untuk pendapat saya kedua, teori yang paling kuat terhadap masunya perkembangan budaya Hindu Buddha berasal dari teori waisya. Dikarenakan pada teori tersebut memiliki sebuah teori yang dapat dianggap paling relevan dengan struktur yang terjadi pada Indonesia masa lalu. Dikarenakan Indonesia pada masa lalu lebih sering terjadi perdagangan yang dimana apabila dilakuka sebuah perdagangaan, maka perdagangan tersebut akan berjalan dalam waktu cukup lama dikarenakan apabila pedagang tersebut menggunakan mata angin untuk kembali ke negaranya, maka diperlukan waktu sekitar kurang lebih 6 bulan untuk kembali. Maka, rakyat Indonesia pada masa dahulu dapat melihat segala macam rutinitas dan ajaran yang mereka jalani.

2. Jelaskan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atau pendapat tersebut!

  • Teori Brahmana

Kelebihan : didukung bukti penggunaan tulisan prasasti berbahasa Sansekerta

Kelemahan : para pemuka agama jarang menyeberangi lautan dari india

  • Teori Ksatria

Kelebihan : terdapat kerajaan bercorak Hindu Buddha di Indonesia

Kelemahan : tidak terdapat bukti kedatangan prajurit atau ksatria dari India

  • Teori Waisya

Kelebihan : didukung bukti perdagangan antara India dan Indonesia

Kelemahan : agama Hindu Buddha bisa tersebar di daerah yang jauh dari jalur perdagangan

  • Teori Arus Balik

Kelebihan : ada bukti pelajar Indonesia yang belajar di Indoensia

Kelemahan : hanya kalangan tertentu yang dapat menempuh perjalanan jauh ke India

3. Mengapa rakyat Indonesia mudah menerima ajaran Hindu-Buddha?

Alasan untuk jawaban tidak unsur pemaksaan untuk menganut agama Hindu-Buddha adalah anggapan bahwa seseorang  tidak dapat menjadi Hindu, tetapi seseorang itu lahir sebagai Hindu.  Anggapan inilah yang membuat para Brahmana agama Hindu tidak terbebani dalam menyebarkan agama Hindu di Indonesia. Jadi, orang-orang  Indonesia yang pasti pada mulanya tidak dilahirkan sebagai  Hindu dapat beragama Hindu.

Alasan yang kedua adalah sistem pemerintahan dalam masyarakat. Orang Indonesia telah memilih salah seorang anggota masyarakat sebagai kepala suku, yang dianggap sebagai wakil dari nenek moyang. Ketika agama Hindu masuk ke Indonesia, meski sistem pemerintahan berubah dengan dipimpin suatu kelompok masyarakat oleh seorang raja, perubahan ini dapat diterima dengan baik oleh orang-orang Indonesia. Karena dengan adanya raja, rakyat merasa terlindungi dan kesejahteraannya tercukupi.

Begitu pula dengan sistem kepercayaan. Orang-orang Indonesia jaman dahulu masih memuja roh nenek moyang dan mempercayai benda-benda yang keramat (animisme dan dinamisme), yaitu berupa menyembah benda-benda dianggap nenek moyang mereka berada dan juga melakukan upacara pemujaan roh nenek moyang. Hal ini hampir mirip dengan kepercayaan agama Hindu, dengan adanya arca dan upacara-upacara yang dilaksanakan oleh Hindu.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Menurut pendapat kamu teori atau pendapat mana yang paling kuat terkait dengan masuknya budaya Hindu-Buddha Halaman 85 Bab 2 (Pedagang, Penguasa dan Pujangga pada Masa Klasik (Hindu-Buddha))”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Menurut pendapat kamu teori atau pendapat mana yang paling kuat terkait dengan masuknya budaya Hindu-Buddha Halaman 85 Bab 2 (Pedagang, Penguasa dan Pujangga pada Masa Klasik (Hindu-Buddha)). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/menurut-pendapat-kamu-teori-atau-pendapat-mana-yang-paling-kuat-terkait-dengan-masuknya-budaya-hindu-buddha/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya?

[Kunci Jawaban] Kalor lebur es adalah 80 kal/g. Apa maksudnya? Pertanyaan: 3. Kalor lebur es …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!