Breaking News

Menurut kamu, apakah pengungkit jenis ketiga dapat membuat gaya kuasa yang digunakan untuk mengangkat beban menjadi lebih kecil dari gaya bebannya? Jelaskan!

Natural Science Questions and Answers for Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Is the third type of lever can make the force used to lift a load smaller than the load force Page 87 Chapter 2 (Effort and Simple Aircraft in Everyday Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apakah pengungkit jenis ketiga dapat membuat gaya kuasa yang digunakan untuk mengangkat beban menjadi lebih kecil dari gaya bebannya Halaman 87 Bab 2 (Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Diskusikan

Menurut kamu, apakah pengungkit jenis ketiga dapat membuat gaya kuasa yang digunakan untuk mengangkat beban menjadi lebih kecil dari gaya bebannya? Jelaskan!

Pernyataan pengungkit jenis ketiga dapat membuat gaya kuasa yang digunakan untuk mengangkat beban menjadi lebih kecil dari kehidupannya adalah tidak benar.

Penjelasannya adalah pada tuas jenis ketiga memiliki lengan beban yang lebih besar dari pada lengan kuasa sehingga nilai keuntungan mekanisnya lebih kecil dari satu.

Tuas atau pengungkit memiliki tiga buah titik, yaitu:

  • Titik tumpu, tempat tuas bertumpu.
  • Titik beban, tempat beban berada.
  • Titik kuasa, tempat gaya berada.

Tuas jenis ketiga memiliki titik kuasa berada di antara titik beban dan titik tumpu.

Keuntungan mekanis adalah perbandingan beban dan kuasa. Semakin besar nilai keuntungan mekanis, semakin kecil gaya yang diperlukan.

Supaya keuntungan mekanis besar, maka besar lengan kuasa harus lebih besar dari lengan beban (Lk > Lb).

Umumnya pesawat sederhana berfungsi memperkecil gaya. Tetapi, hal ini tidak berlaku pada tuas jenis ketiga.=

Tuas jenis ketiga tidak memperkecil gaya, melainkan berfungsi untuk memperbesar perpindahan. Seperti memindahkan ikan dari dalam laut mendekati pemancing.

Apakah tuas jenis ketiga memperkecil gaya ?

Perhatikan tangan kita. Titik tumpu berada di sikut, titik beban di telapak tangan dan titik gaya berada di antaranya.

Sebagai bukti, ulurkan tangan tanpa bertumpu di meja, letakkan sebuah beban seperti buku, di pertengahan lengan akan terasa otot kita menahan beban.

Maka panjang lengan beban dari telapak tangan ke sikut, sedangkan panjang lengan kuasa dari sikut ke pertengahan lengan. Tampak Lb > Lk, maka tuas jenis ketiga tidak memperkecil gaya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apakah pengungkit jenis ketiga dapat membuat gaya kuasa yang digunakan untuk mengangkat beban menjadi lebih kecil dari gaya bebannya Halaman 87 Bab 2 (Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Apakah pengungkit jenis ketiga dapat membuat gaya kuasa yang digunakan untuk mengangkat beban menjadi lebih kecil dari gaya bebannya Halaman 87 Bab 2 (Usaha dan Pesawat Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebutkan 3 contoh hasil penambangan perut bumi yang digunakan sebagai sumber energi!

[Kunci Jawaban] Sebutkan 3 contoh hasil penambangan perut bumi yang digunakan sebagai sumber energi! Pertanyaan: …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!