Breaking News

Menurut kalian apakah Pilkada yang dilaksanakan pada saat ini sesuai dengan prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila?

Questions and Answer Keys for PPKN Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 Group Assignments 2.2 Do you think that the current Pilkada is in accordance with the principles of Pancasila Democracy? Give your reasons Page 50-51 Chapter 2 (Pancasila Democracy System and Dynamics) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Kelompok 2.2 Menurut kalian apakah Pilkada yang dilaksanakan pada saat ini sesuai dengan prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila? Berikan alasan kalian Halaman 50-51 Bab 2 (Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Kelompok 2.2

Bacalah berita di bawah ini. Kemudian diskusikanlah pertanyaan-pertanyaannya dengan teman sebangku.

Warga Deli Serdang dan Langkat Serentak Pilih Bupati dan Wakil Bupati

Merdeka.com – Warga Kabupaten Deliserdang dan Kabupaten Langkat di Sumut hari ini, Rabu (23/10/2013), memilih calon bupati dan wakil bupati untuk periode 2014-2019. Mereka menggunakan hak suaranya di ribuan TPS yang disediakan.

Para pemilih mengaku ikut memilih karena berharap ada perubahan ke arah lebih baik di Deliserdang. “Ini kan lima tahun sekali. Jangan sampai golput yang menang. Kalau banyak yang memberikan suara, calon terpilih nanti jadi benar- benar mendapat legitimasi,” kata Ahmad Zuhdi (28), warga Jalan Kenari Raya, Perumnas Mandala, Kelurahan Kenangan, Percut Sei Tuan, yang memilih di TPS 29.

Perubahan juga diharapkan Desta Tarigan, yang datang bersama keluarganya ke lokasi TPS 15 di Keluraban Delitua, Kecamatan Namorambe. “Saya juga berharap terjadi perubahan, walaupun saya pesimis,” ucapnya.

Berdasarkan pantauan, proses pencoblosan di TPS berlangsung lancar. Warga mendatangi lokasi-lokasi yang ditetapkan sejak pagi. Hingga menjelang siang, warga terlihat masih berdatangan.

Berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT), jumlah pemilih di Deliserdang 1.485.326 jiwa. Mereka diberi hak memilih 11 pasangan calon bupati dan wakil bupati. Lima pasangan kandidat dicalonkan partai politik, enam pasangan calon lainnya maju dari jalur perseorangan. Sementara itu, Pemilukada Langkat juga digelar hari ini. Empat pasangan calon bupati dan wakil bupati akan memperebutkan  suara 698.300 pemilih dalam DPT.

Sumber: http://www.merdeka.com

1. Menurut kalian apakah Pilkada yang dilaksanakan pada saat ini sesuai dengan prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila? Berikan alasan kalian.

Menurut saya, Pilkada yang terlaksana pada saat ini masih belum sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi Pancasila, hanya sebagian saja yang dapat terlaksana dan sebagiannya lagi belum terlaksana.hal tersebut disebabkan oleh masih adanya oknum yang melakukan kampanye secara tidak benar secara serta banyaknya yang melanggar rule of law yang membuat Pilkada di Indonesia masih belum sesuai dengan prinsip demokrasi Pancasila.

Karena secara umum, piklada yang dilaksanakan saat ini sudah sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi. Pihak penyelenggara pemilu dan pihak pengawas pemilu sudah berupaya semaksimal mungkin agar pelaksanaan pemilu bisa selaras dengan prinsip prinsip demokrasi. Akan tetapi, persoalan yang dari dahulu hingga sekarang tidak kunjung selesai adalah soal politik uang. Sebagai pemilih, saya sudah berulangkali mendapat uang dari kontestan pemilu dengan harapan agar memilihnya. Hal ini sangat ironis. Sayangnya, masyarakat belum berani menyatakan sikap untuk menolak politik uang.

2. Kalian tentunya sering mendengar atau membaca berita. Beberapa pelaksanaan Pilkada diakhiri dengan kericuhan antarpendukung calon kepala daerah/wakil kepala daerah. Menurut kalian apa saja penyebab terjadinya hal tersebut?

  • Terjadinya politik secara tidak benar berpikir buruk terhadap calon pasangan yang tidak digemari
  • Sikap fanatik terhadap calon pasangan tertentu
  • Sikap tidak mau mengalah atas suatu kenyataan yang didapat serta melakukan politik tanpa didasari dengan undang-undang dan Pancasila yang berlaku
  • Sikap Fanatisme terhadap calon pasangan tertentu.
  • Melakukan politik tidak sehat / black campaign.
  • Melakukan politik tanpa didasari oleh Pancasila dan UUD 1945.
  • Sikap kekanak–kanakan yang masih mendominasi seperti tidak mau legawa / ikhlas terhadap kenyataan yang harus diterima.
  • Terlalu berfikir negatif terhadap calon pasangan yang tidak ia sukai.
  • Pihak yang kalah merasa sangat terkejut dan kaget karena beberapa saat sebelumnya ia berharap menang, akan tetapi kenyataan berbicara lain, ia kalah.
  • Uang yang sudah dikeluarkan untuk membeli suara-suara masyarakat ternyata harus hilang tidak berbekas. Karena itulah untuk melampiaskannya ia harus marah-marah lalu mengatakan bahwa pilkada curang.

3. Selain itu, hasil Pilkada juga banyak yang tidak diterima oleh pasangan calon yang kalah. Mereka melayangkan mgugutan hasil Pilkada ke Mahkamah Konstitusi. Menurut kalian apa saja yang menyebabkan tidak diterimanya hasil Pilkada oleh pasangan calon kepala daerah/wakil kepala daerah yang kalah dalam pemilihan? Apakah sikap tidak menerima kekalahan tersebut sesuai dengan prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila? Berikan alasan kalian.

Sikap tidak menerima kekalahan tersebut dapat sesuai dengan prinsip demokrasi pancasila namun juga dapat tidak sesuai dengan prinsip demokrasi pancasila tergantung konteksnya. Apabila gugatan dilakukan karena adanya tindak kecurangan yang dilakukan oleh Pasangan lainnya, maka itu sesuai dengan demokrasi pancasila berdasarkan rule of law. Namun apabila gugatan dilakukan hanya karena tidak puas dan tidak bisa ikhlas, maka hal demikian tidak sesuai dengan demokrasi pancasila.

Para calon itu tidak bisa menerima kekalahan karena menurutnya telah terjadi kecurangan yang dilakukan oleh lawan politiknya. Akan tetapi, pada kenyataanya, kecurangan itu tidak terbukti. Setiap calon harus siap kalah. Tidak menerima kekalahan bukanlah sikap yang sesuai dengan prinsip prinsip Pancasila karena setiap ada perlombaan termasuk Pilkada pasti ada yang kalah. Untuk itu, para peserta pilkada harus siap siap kalah.

4. Coba kalian ajukan beberapa solusi untuk menyelesaikan kekisruhan dalam pelaksanaan Pilkada di Indonesia.

  • Hindari sikap fanatisme terhadap calon pasangan tertentu.
  • Meningkatkan sikap saling menghargai.
  • Melakukan politik yang sehat / menghindari black campaign.
  • Melakukan kampanye yang sehat dimana setiap kampanye didasari oleh Pancasila dan UUD 1945.
  • Menjunjung tinggi sportifitas antar kandidat dan pendukung.
  • Senantiasa memberikan informasi, berkata, dan bertindak yang benar serta jujur.
  • Memilih orang-orang yang tepat sebagai penyelenggara pemilu.
  • Melakukan sosialisasi secara menyeluruh tentang pelaksanaan pemilu kepada seluruh peserta pilkada maupun masyarakat umum
  • Mengampanyekan bahayanya politik uang dalam demokrasi.
  • Berikan waktu yang cukup bagi masyarakat untuk mengenal para caleg, dan calon-calon lainnya
  • Gunakan teknologi untuk mencegah terjadinya kecurangan pemilu.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Kelompok 2.2 Menurut kalian apakah Pilkada yang dilaksanakan pada saat ini sesuai dengan prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila? Berikan alasan kalian Halaman 50-51 Bab 2 (Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Kelompok 2.2 Menurut kalian apakah Pilkada yang dilaksanakan pada saat ini sesuai dengan prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila? Berikan alasan kalian Halaman 50-51 Bab 2 (Sistem dan Dinamika Demokrasi Pancasila). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Jika a : b = 3 : 4, maka (6a + b) : (4a + 5b) adalah ….

[Kunci Jawaban] Jika a : b = 3 : 4, maka (6a + b) : …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!