Mengidentifikasi Unsur Kritik dan Esai Capaian Eksperiman Novel Lelaki Harimau

  • 2 min read
  • Agu 17, 2021

Questions and Answer Key Indonesian Grade 12 curriculum in 2013 Revised 2018 Identifying Elements Criticism and Essay Discusses a literary work Pages 185-189 Chapter 6 (Assessing work through criticism and essays) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Mengidentifikasi Unsur Kritik dan Esai Membahas tentang sebuah karya sastra Halaman 185-189 Bab 6 (Menilai Karya Melalui Kritik dan Esai) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 1

Mengidentifikasi Unsur Kritik dan Esai

Di atas telah disinggung bahwa kritik adalah penilaian terhadap suatu karya secara seimbang baik kelemahan maupun kelebihannya. Selanjutnya, gurumu atau salah seorang temanmu akan membacakan teks kritik terhadapcerpen. Untuk itu, tutuplah bukumu dan berkonsentrasilah untuk menangkap dan memahami isi teks tersebut.

Dalam beberapa hal, Lelaki Harimau harus diakui, berhasil memperlihatkan sejumlah capaian. Ia menjelma tidak sekadar mengandalkan imajinasi, tetapi juga bertumpu lewat proses berpikir dan tindak eksploratif kalimat dengan berbagai kemungkinannya. Peristiwa perselingkuhan Nuraeni-Anwar Sadat pun, terasa sebagai kisah yang eksotis (hlm. 133-142); prosesi penguburan Komar bin Syueb, ayah Margio (him. 168-171), menjadi kisah yang di sana-sini menghadirkan kelucuan. Eka seperti sengaja memporakporandakan struktur kalimat yang klise, dan sekaligus menyodorkan pola yang terasa lebih segar, agak janggal dan terkadang lucu. Lelaki Harimau, tak pelak lagi, tampil sebagai novel dengan kategori: cerdas!

Sumber: http://ekakurniawan.net/blog/capaian-eksperimentasi-novel-lelaki-harimau-43.php#more-43

No. Pernyataan Ya Tidak
1. Membahas tentang sebuah karya sastra. Ya  
2. Di dalamnya dituliskan isi atau sinopsis cerpen. Ya  
3. Teks tersebut menilai kelebihan dan kekurangan cerpen. Ya  
4. Penilaian dilakukan secara objektif, didasarkan atas data objektif yang benar-benar ada. Ya  
5. Disertai kajian teori untuk menguatkan analisis atau penilaian. Disertai kajian teori untuk menguatkan analisis atau penilaian. Ya  

Berdasarkan  jawaban di atas, dapatkah kamu menemukan bahwa teks kritik berisi tentang penilaian atas kelebihan dan kelemahan sebuah karya secara objektif, disertai dengan data-data pendukung, baik sinopsis karya, alasan logis, maupun teori-teori yang mendukung? Jika hal itu terpenuhi, kritik termasuk dalam genre teks eksposisi.

Kritik terfokus pada penilaian. Hal ini tentu akan berbeda dengan esai. Kamu akan mempelajari esai. Kamu pasti sudah pernah menonton film “Batman, baik melalui layar televisi maupun bioskop.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Mengidentifikasi Unsur Kritik dan Esai Membahas tentang sebuah karya sastra Halaman 185-189 Bab 6 (Menilai Karya Melalui Kritik dan Esai)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Mengidentifikasi Unsur Kritik dan Esai Membahas tentang sebuah karya sastra Halaman 185-189 Bab 6 (Menilai Karya Melalui Kritik dan Esai). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

error: Content is protected !!