Breaking News

Menggunakan pola apakah pengembangan cuplikan-cuplikan teks di bawah ini

Questions and Answer Keys in Indonesian Class 8 Curriculum 2013 Revision 2017 Activity 5.5 Use what pattern is the development of text snippets below Page 137 Chapter 5 (Sequence of Interesting Stories in Explanation) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 5.5 Menggunakan pola apakah pengembangan cuplikan-cuplikan teks di bawah ini Halaman 137 Bab 5 (Urutan Cerita Menarik Dalam Eksplanasi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 5.5

A. Menggunakan pola apakah pengembangan cuplikan-cuplikan teks di bawah ini? Diskusikanlah dengan teman-temanmu!

Cuplikan Teks Pola Pengembangan
Air merupakan sumber daya  alam yang sangat penting bagi makhluk hidup. Terjadinya hujan sangat dipengaruhi oleh konveksi di atmosfer bumi dan  lautan. Konveksi adalah proses pemindahan panas dari suatu daerah ke daerah lainnya. Air yang ada di permukaan bumi mengalami proses penguapan akibat adanya panas sinar matahari. Air tersebut menguap ke udara dan akhirnya terus bergerak menuju langit. Terdapat kalimat konveksi adalah proses pemindahan panas dari suatu daerah ke daerah lainnya.

Jadi, paragraf pertama memiliki pola pengembangan proses. Ide pokoknya adalah air : kepentingan makhluk hidup.

 

Gempa bumi terjadi saat batuan di dalam bumi mengalami tekanan yang sangat hebat. Dua lempengan kulit bumi saling bergesekan. Lempengan yang dimaksud yaitu lempeng samudra dan lempeng benua. Ketika lempeng saling bergesek dan bertumbukan, akan menghasilkan gelombang dahsyat, yang kita rasakan sebagai gempa bumi. Merupakan pola pengembangan kausalitas. Kenapa? Karena terdapat kalimat ketika lempeng saling bergesek dan bertumbukan, akan menghasilkan gelombang dahsyat yang menunjukkan adanya sebab-akibat. Bila kedua lempeng tidak saling bergesek dan bertumbukan, maka tidak terjadi gelombang dahsyat alias gempa bumi.
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia merupakan peristiwa bersejarah. Peristiwa harus diumumkan ke seluruh penjuru dunia. Oleh karena  itu, beberapa saat setelah proklamasi itu dibacakan oleh Soekarno-Hatta, berbagai usaha dilakukan oleh para perjuang. Karena terdapat kalimat kesimpulan oleh karena itu, beberapa saat setelah proklamasi itu dibacakan oleh Soekarno-Hatta, berbagai usaha dilakukan oleh para perjuang, maka paragraf ketiga terdapat pola pengembangan generalisasi.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 5.5 Menggunakan pola apakah pengembangan cuplikan-cuplikan teks di bawah ini Halaman 137 Bab 5 (Urutan Cerita Menarik Dalam Eksplanasi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 5.5 Menggunakan pola apakah pengembangan cuplikan-cuplikan teks di bawah ini Halaman 137 Bab 5 (Urutan Cerita Menarik Dalam Eksplanasi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!