Mengapa Taharah itu penting?

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Why is Taharah important? Page 44 Chapter 3 (All Clean Live So Comfortable) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Mengapa Taharah itu penting? Halaman 44 Bab 3 (Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya.~

III. Uraian

Jawablah soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!

1. Mengapa Taharah itu penting?

  • Disukai Allah Swt
  • Memiliki Kedudukan Utama Dalam Islam
  • Suci dari Hadats (Besar dan Kecil)
  • Suci dari Pakaian, Badan, dan Tempat Shalat

2. Jelaskan perbedaan antara hadas dan najis!

HADAS adalah keadaan tidak suci yang mengenai rohani manusia, seperti karena kentut, buang air kecil atau besar, haid, nifas, dan junub. Hadats tidak harus berupa benda. Orang yang berhadats tidak diperbolehkan untuk shalat dan thawaf di Ka’bah.Sedangkan NAJIS adalah kotoran yang seorang muslim wajib membersihkan diri dari padanya seperti : air kencing, darah haid/ nifas, berak manusia, khamr. Najis berupa benda.

3. Sebutkan macam-macam najis dan beri contohnya!

  • Najis Mukhaffafah (Najis Ringan)

Najis mukhaffafah yaitu najis dengan kategori ringan. Contohnya adalah air kencing bayi laki-laki yang belum 2 tahun dan belum makan kecuali ASI.

Cara Mensucikan Najis Mukhaffafah yaitu cukup diperciki air pada tempat yang terkena najis

  • Najis Mutawasitah (Najis Biasa atau Sedang)

Najis mutawassitah yaitu najis dengan kategori sedang. Termasuk dari najis ini segala sesuatu yang keluar dari kubul dan dubur binatang maupun manusia. Contoh najis ini air madzi (mani yang cair), susu hewan yang haram dimakan, bangkai, tulang dan bulunya, kecuali bangkai manusia, ikan & belalang. Najis ini dapat dibagi menjadi 2 yaitu :

  1. Najis ‘ainiyah : nampak dan dapat dilihat
  2. Najis hukmiyah : Najis yang tidak kelihatan, misal bekas kencing/khamar yang sudah kering

Cara Mensucikan Najis Mutawasitah yaitu mensucikannya dengan dibasuh 1 kali hingga hilang bau, rasa dan warnanya. Lebih afdol dibasuh 3 kali dengan air yang mengalir

  • Najis Mughallazah (Najis yang Berat)

Najis mughallazah yaitu najis yang termasuk dalam kategori berat.Contoh dari najis ini adalah air liur anjing, kotoran anjing, babi dan keturunannya.

Cara Mensucikan Najis Mughallazah dengan  dibasuh 7 kali dengan air dan salah satu diantaranya dengan air yang dicampur tanah.

4. Sebutkan hal-hal yang menyebabkan orang itu berhadas besar!

  • Karena melakukan hubungan suami isteri
  • Karena keluarnya mani meski di luar hubungan suami isteri
  • Karena meninggal dunia
  • Karena mendapat haidh (khusus bagi wanita)
  • Karena mendapat nifas (khusus bagi wanita)
  • Karena melahirkan meski tanpa nifas (khusus bagi wanita)

5. Mengapa perempuan yang sedang haid tidak boleh melaksanakan Salat dan puasa?

Karena perempuan yang sedang haid berarti ia tidak bersih atau ia berhadas besar sehingga ia tidak boleh puasa dan shalat, seperti yang kita ketahui syarat puasa dan shalat adalah suci, jadi orang yang haid tidak boleh melakukan itu.

6. Jelaskan tata cara tayammum!

  • Memukulkan kedua telapak tangan ke permukaan bumi dengan sekali pukulan kemudian meniupnya.
  • Kemudian menyapu punggung telapak tangan kanan dengan tangan kiri dan sebaliknya.
  • Kemudian menyapu wajah dengan dua telapak tangan.
  • Semua usapan baik ketika mengusap telapak tangan dan wajah dilakukan sekali usapan saja.
  • Bagian tangan yang diusap adalah bagian telapak tangan sampai pergelangan tangan saja atau dengan kata lain tidak sampai siku seperti pada saat wudhu.
  • Tayammum dapat menghilangkan hadats besar semisal janabah, demikian juga untuk hadats kecil.
  • Tidak wajibnya urut/tertib dalam tayammum.

7. Sebutkan tata cara wudhu yang benar!

  • Mencuci kedua telapak tangan sebanyak tiga kali. Dengan gerakan menyeka pada sela-sela jari telapak tangan yang dimulai dari tangan kanan kemudian tangan kiri kemudian diriringi dengan membaca doa.
  • Berkumur sebanyak 3 kali, dengan gerakan utuh membersihkan mulut (bahkan dari sisa-sisa makanan yang masih ada pada mulut).
  • Membasuh lubang hidung secara menyeluruh, sebanyak 3 kali gerakan.
  • Membasuh seluruh permukaan wajah dengan rata, sebanyak 3 kali gerakan memutar sekeliling wajah.
  • Membasuh kedua tangan hingga mencapai siku, sebanyak 3 kali gerakan memutar dan menyeluruh ke permukaan tangan.
  • Membasuh kening hingga ujung kening (ubun-ubun) sampai sebagian kepala, sebanyak 3 kali gerakan menyeluruh.
  • Membasuh kedua tengila baik itu bagian dalam maupun luar telinga (daun telinga) hingga menyeluruh ke bagian telinga, sebanyak 3 kali gerakan.
  • Membasuh kedua kaki dan diusahakan menyeluruh tidak pada bagian depan saja, basuh hingga ke seluruh kaki hingga ke mata kaki.
  • Tertib dan diusahakan berwudhu dengan cara berurutan (tidak meloncat urutan dalam wudhu yang benar).

8. Sebutkan air yang suci dan menyucikan!

Air suci dan mensucikan adalah air yang hukumnya suci dan dapat digunakan untuk bersuci. Air suci dan mensucikan disebut juga air Mutlaq. Disamping itu ada juga air suci tapi tidak mensucikan, seperti air teh, air kopi, air sirup. Air yang dapat mensucikan sudah tentu air suci, namun tidak semua air suci dapat mensucikan.

Air Mutlaq atau air suci dan mensucikan seperti :

  • Air Hujan → Air hujan yang turun dari langit hukumnya adalah suci. Bisa digunakan untuk berwudhu, mandi atau membersihkan najis pada suatu benda.
  • Air Salju → Salju sebenarnya hampir sama dengan hujan, yaitu sama-sama air yang turun dari langit. Hanya saja kondisi suhu udara yang membuatnya menjadi butir-butir salju yang intinya adalah air juga namun membeku dan jatuh sebagai salju. Hukumnya tentu saja sama dengan hukum air hujan.
  • Air Embun → Embun juga merupakan air yang turun dari langit, namun turunnya tidak seperti hujan, akan tetapi berupa titik air yang biasa menempel didedaunan, maka hukum air embun sama dengan air hujan.
  • Air Laut → Air laut juga merupakan air yang suci dan mensucikan, serta bangkai ikannya halal.
  • Air Zam-zam
  • Air Sumur
  • Air Sungai

9. Apa yang dimaksud istinja!

Intinja yaitu membersihkan apa yang telah keluar dari qubul (lubang kencing) dan dubur dengan membersihkannya menggunakan air, batu atau benda yang bersih dan suci (tisu kering, kertas, kain bersih, dst) agar hilang sisa-sisa najis yang menempel pada badan. Hukum dari istinja adalah wajib.

10. Jelaskan alasan diwajibkannya mandi!

A. Untuk Membersihkan Kotoran

Tujuan utama mandi, sejak zaman dahulu kala, adalah untuk membersihkan tubuh kita dari kotoran, daki, dan bekas keringat yang menempel seharian. Bayangkan, selama 6 jam Anda berada di luar terkena asap, debu, dan kotoran-kotoran lainnya di udara, betapa kotornya tubuh kita jika tidak dibersihkan.Kotoran-kotoran yang tidak dibersihkan dengan air dan sabun menumpuk dan akhirnya menjadi sarang kuman penyebab penyakit.

B. Menghilangkan Bau Badan

Apabila tubuh kita bersih dari kotoran, maka kuman pun juga akan ikut lenyap bersama debu kotoran tersebut, termasuk kuman penyebab bau badan. Sabun antiseptik maupun sabun kecantikan mengandung campuran zat aciddengan basa yang akan menangkap bau badan kita. Jadi, jika Anda ingin menghindari bau badan, haruslah Anda rajin mandi menggunakan sabun antiseptik.

C. Membuat Tubuh Jadi Rileks

Jangan remehkan manfaat mandi yang satu ini. Bagi orang-orang yang merasa stress setelah seharian menghadapi berbagai tekanan, mandi dapat menurunkan derajat panas tubuh dan membuatnya rileks. Apabila tubuh Anda santai, secara otomatis mood untuk menjalani sisa hari akan menjadi semakin meningkat. Sebaliknya, jika setelah seharian menghadapi tekanan dan Anda tidak mandi, stress itu akan bertumpuk seiring dengan derajat panas tubuh yang meningkat.

D. Air Hangat Meningkatkan Hormon Tubuh

Tahukah Anda, bahwa air hangat dapat merangsang tubuh menghasilkan hormon lebih baik? Air hangat yang temperaturnya hampir sama dengan suhu tubuh kita akan membuat saraf-saraf tenang dan dapat memproduksi hormon dengan baik. Apabila tubuh kita bekerja dengan baik, mudah bagi kita untuk menghasilkan pekerjaan yang jauh lebih produktif. Karena itulah, mandi sangat diperlukan di pagi hari sebelum kita beraktivitas di kantor atau di sekolah.

E. Ajaran Agama

Dalam ajaran agama juga dijelaskan bahwa membasuh diri itu penting. Membersihkan diri itu diperlukan jika kita hendak beribadah atau berdoa. Orang-orang yang menghargai Tuhan, pasti akan membawa tubuh yang bersih, wangi, dan sedap dipandang ketika akan pergi beribadah. Mandi adalah salah satu kegiatan membersihkan diri yang diperintahkan Tuhan kepada umat-umat-Nya

  • Mandi mampu menyucikan diri kita baik dari hadas besar maupun hadas kecil.
  • Mandi merupakan bentuk ketakwaan kita kepada Allah SWT.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Mengapa Taharah itu penting? Halaman 44 Bab 3 (Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Berlatih Halaman 44 Essai Bab 3 (Semua Bersih Hidup Jadi Nyaman). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

Apa dalil tentang kewajiban bekerja keras dan tanggung jawab

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 12 Curriculum 2013 Revised …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!