Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 3 Halaman 73 Bab 3 (Memaknai Peraturan Perundang-Undangan)

Diposting pada

Questions and Answers for PPKN Class 8 Curriculum 2013 Revision 2017 Competency Test 3 Page 73 Chapter 3 (Understanding Legislation Regulations) ~ Assalamualikum Semuanya,Kembali lagi Bersama Laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 3 Halaman 73 Bab 3 (Memaknai Peraturan Perundang-Undangan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya.~

Uji Kompetensi 3

Jawablah Soal-Soal dibawah ini dengan benar !

1. Mengapa Suatu Masyarakat bisa kacau jika tidak ada hutan?

Karena Peraturan atau Hukum dibuat agar masyarakat tertib dan Tidak melanggar hukum-hukum yang berlaku. Karena suatu Hukum layaknya sebuah pedoman bagi masyarakat untuk melanjutkan tata cara berperilaku dalam Lingkungan dan Apabila Hukum tersebut dihilangkan maka semua masyarakat akan menjadi salah arah dalam penerapan Kehidupan.

2. Bagaimana Sebuah Hukum dapat menciptakan ketertiban dan Keadilan? Berikan Contohnya!

Setiap Masyarakat berhak mendapatkan pembelaan didepan hukum sehingga dapat diartikan bahwa hukum adalah peraturan atau ketentuan tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur kehidupan masyarakat dan Menyediakan sanksi bagi yang melanggarnya.

Contohnya : Seorang Pengendara sepeda motor sedang berhenti saat lampu lalu lintas berwarna merah.Tujuan dibuat aturan tersebut Untuk mengurangi kemacetan dan kecelakaan dan memberikan orang kesempatan untuk menyebrang.

3. Bagaimana sebuah peraturan negara dibuat dan cara menyebarluaskannya Pada Masyarakat?

Pada Pembuatan Perundang-Undangan

  • Perencanaan

Dalam Perencanaan,diinventarisasi masalah yang ingin diselesaikan beserta latar belakang dan tujuan penyusunan peraturan perundang-Undangan

  • Penyusunan

Yakni Penyusunan Pengetahuan Mengenai Tata Cara Pembuatan Judul,Pembukaan,Batang Tubuh,Penutup,Penjelasan,dan Lampiran

  • Pembahasan

Pembahasan adalah pembicaraan mengenai substansi Peraturan Perundang-Undangan diantara Pihak-Pihak terkait.

  • Pengesahan

Rancangan Undangan-Undangan yang telah disetujui Bersama Oleh DPR dan Presiden disampaikan oleh Pimpinan DPR Kepada Presiden Untuk disahkan menjadi Undang-Undang

  • Pengundangan
Baca Juga   Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Proyek Kewarganegaraan Halaman 93 Bab 4 (Semangat Kebangkitan Nasional Tahun 1908)

Pengundangan adalah penempatan peraturan perundang-Undangan dalam lembaran Negara Republik Indonesia. Tujuan Pengundangan adalah Agar Masyarakat Mengetahui Isi Peraturan Perundang-Undangan

Cara Menyebarluaskannya Pada Masyarakat : Menurut Pasal 16 Ayat 1

Penyebarluas Peraturan Perundang-Undnagan dilakukan oleh Menteri atau Pimpinan Lembaga Pemerintah non departemen yang memprakarsai Penyusunan Peraturan Perundang-Undangan tersebut dengan berkoordinasi dengan Menteri dan Kementrian Negara Komunikasi dan Informasi.

4. Jika Kalian adalah pembuat peraturan, Bagaimanakah Caranya agar Masyarakat mau memenuhi aturan yang telah dibuat?

  • Harus ada sanksi yang Tegas dan Mengikat
  • Aturan tersebut tidak Melanggar Hak Asasi Manusia
  • Aturan tersebut tidak mengurangi Nilai-Nilai Moral
  • Dengan Mempublikasikan manfaat dari Peraturan tersebut dan apa sanksi Jika Tidak Mematuhi Peraturan Tersebut
  • Membuat Masyarakat Yakin dan Percaya pada aturan-aturan yang kita buat agar bisa merubah perilaku hidup dan menguntungkan Untuk Dirinya sendiri.
  • Pemahaman Kaidah-Kaidah Hukum

5. Gambarkan dua buah situasi,dimana yang pertama masyarakatnya mematuhi Hukum sedangkan yang lainnya tidak mematuhi Hukum.Berikan opini kalian dengan memberi alasan situasi mana yang akan dipilih.

Situasi Pertama yang Masyarakatnya Mematuhi Hukum :

Pada Situasi ini,Menunjukkan Masyarakat yang mematuhi Hukum yaitu berhenti ketika Traffic Light menunjukkan Warna Merah. Selain Itu, masyarakat juga patuh berhenti di belakang garis marka, sehingga dapat memberikan hak jalan pada pejalan kaki yang Ingin Menyebrang

Situasi kedua yang masyarakatnya Tidak Mematuhi Hukum :

Pada situasi ini,Menunjukkan masyarakat yang tidak mematuhi hukum yaitu pada Jalan Raya dimana pengendara tidak mematuhi Rambu-Rambu lalu lintas, berkendara kendaraan tidak sesuai dengan aturan, menerobos lampu merah, dan Pejalan Kaki menyebrang sembarangan.

Dari Kedua situasi Ini, tentu kita sebagai masyarakat Indonesua yang berlandaskan Hukum dalam kehidupan sehari-hari lebih Memilih situasi pada situasi pertama,yaitu gambar masyarakat yang patuh berhenti saat Traffic Light menunjukkan warna merah serta berhenti dibelakang garis Marka. Sebab situasi ini selain menguntungkan bagi diri sendiri maupun menguntungkan bagi Orang lain baik dari segi keselamatan, Menjamin Hak, serta kewajiban di jalan Raya. Sedangkan situasi kedua, walaupun Mungkin akan memangkas waktu lebih singkat dalam perjalanan, namun tindakan ini tentu sangat berbahaya baik diri sendiri maupun Orang Lain.

Baca Juga   Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas 6.3 Halaman 141 Bab 6 (Memperkuat Komitmen Kebangsaan)

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 3 Halaman 73 Bab 3 (Memaknai Peraturan Perundang-Undangan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi 3 Halaman 73 Bab 3 (Memaknai Peraturan Perundang-Undangan). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *