Breaking News

Mengapa sebagian besar sel berukuran kecil? Coba jelaskan

Natural Science Questions and Answers Class 7 Curriculum 2013 Revision 2016 Activity 1.4 Why are most cells small? Page 10 Chapter 1 (Organizational Systems of Life) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kegiatan 1.4 Mengapa sebagian besar sel berukuran kecil? Halaman 10 Bab 1 (Sistem Organisasi Kehidupan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo Kita Lakukan

Kegiatan 1.4

Kamu telah mempelajari tentang sel sebagai unit fungsional terkecil yang menyusun makhluk hidup. Untuk mempelajarinya, kita membutuhkan alat bantu seperti mikroskop.

Mengapa sebagian besar sel berukuran kecil? Coba jelaskan. (Untuk dapat menjawabnya, perhatikan Gambar 1.6 berikut.

Ukuran sel berkaitan dengan fungsi sel tersebut  dan organel-organel sel yang melakukan proses metabolisme.

Agar dapat hidup secara normal, sel harus berukuran kecil. Mengapa sel tidak berukuran besar saja? Jawabannya menyangkut perbandingan luas permukaan dengan volume.

Sebagai ilustrasi, saya akan menampilkan tiga buah kubus yang diandaikan sebagai sel.

(a) Pada kubus (sel) yang pertama, mempunyai rusuk dengan ukuran 1 satuan. Bila kita hitung luas permukaan selnya, maka akan didapatkan hasil 6 satuan persegi dan  bila kita hitung volumenya  maka akan didapatkan hasil 1 satuan kubik. Kemudian rasio luas permukaan terhadap volume adalah 6.

(b) Pada sel kedua, ukuran sel meningkat menjadi 5 satuan pada setiap rusuknya. Didapatkan hasil luas permukaannya yaitu 150 satuan persegi dan volumenya 125 satuan kubik. Rasio luas permukaan terhadap volume lebih kecil dari pada sel yang pertama. Maka proses metabolisme akan menjadi lebih lamban dan kesulitan untuk menerima nutrisi serta pembuangan zat yang tidak berguna, karena jarak sebagian besar sitoplasama dengan membran luar relatif jauh.

(c) Pada sel ketiga, sel besar (yang mempunyai panjang rusuk 5 satuan) dibagi menjadi banyak sel kecil(masing-masing rusuk 1 satuan), maka akan didapatkan rasio luas permukaan terhadap volume  yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi sel dan pembuangan zat yang tidak berguna, karena didalam sel pasti akan ada pengecilan jarak antara organel-organel sel yang akan mempercepat proses pemenuhan nutrisi sel dan pembuangan zat yang tidak berguna.

Dengan demikian, sel kecil mempunyai rasio luas permukaan dan volume yang lebih besar dari pada sel besar. Kemudian  sel yang lebih kecil akan bekerja lebih efektif didalam jaringan dari pada sel yang besar.

Selain itu, ada juga faktor lain yang dapat diperoleh dari sel berukuran kecil. Semakin kecil volume suatu benda, semakin kecil pengaruh daya tarik bumi atas benda itu sehingga tidak menjadi masalah apakah sel tersebut berdiri dengan “kepala” di atas, atau bergantung sehingga “kepala” nya dibawah atau berbaring. Dengan demikian, bagaimanapun posisisnya, sel tersebut akan tetap dapat berfungsi dengan normal.

Jadi kesimpulan yang dapat diambil mengapa sel itu berukuran kecil yaitu:

  • Dengan sel yang kecil, rasio(perbandingan) luas permukaan terhadap volume lebih besar dari pada sel yang besar.
  • Dengan besarnya rasio luas permukaan terhadap volume, pemenuhan kebutuhan nutrisi sel dan pembuangan zat yang tidak berguna akan lebih cepat. ( sel yang berukuran kecil akan bekerja lebih efektif didalam jaringan dibandingkan dengan sel besar)
  • Dengan ukuran sel yang kecil, sel tidak akan terpengaruh dengan daya tarik bumi dan itu akan mempermudah kerja sel.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kegiatan 1.4 Mengapa sebagian besar sel berukuran kecil? Halaman 10 Bab 1 (Sistem Organisasi Kehidupan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kegiatan 1.4 Mengapa sebagian besar sel berukuran kecil? Halaman 10 Bab 1 (Sistem Organisasi Kehidupan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon.“Tambahkan 13 cangkir air untuk setiap 2 cangkir sirup rasa melon.” Di antara proporsi berikut yang dapat digunakan untuk menentukan w, banyak cangkir air yang harus Emilia tambahkan untuk 5 cangkir sirup rasa melon adalah

[Kunci Jawaban] Emilia akan menggunakan petunjuk yang tertera pada kemasan sirup rasa melon. “Tambahkan 13 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!