Breaking News

Mengapa mereka ingin tetap mewujudkan Indonesia kokoh dalam persatuan, padahal bangsa Indonesia itu berbeda-beda?

Questions and Answers to PPKN Class 10 Curriculum 2013 Revised 2017 Why do they want to keep Indonesia strong in unity, even though the Indonesian nation is different? Pages 202-203 Chapter 7 (Archipelago Insights in the Context of the Unitary State of the Republic of Indonesia) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mengapa mereka ingin tetap mewujudkan Indonesia kokoh dalam persatuan, padahal bangsa Indonesia itu berbeda-beda? Halaman 202-203 Bab 7 (Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

A. Wawasan Nusantara

1. Pengertian Wawasan Nusantara

Berdasarkan gambar tersebut, jawablah pertanyaan berikut dengan tepat.

1. Mengapa mereka ingin tetap mewujudkan Indonesia kokoh dalam persatuan, padahal bangsa Indonesia itu berbeda-beda?

  • Alasan mengapa mereka ingin tetap mewujudkan Indonesia kokoh di dalam persatuan padahal Indonesia berbeda-beda adalah karena terdapat keyakinan kuat bahwa hanya dengan persatuan maka hidup yang harmonis dan sejahtera bisa diwujudkan di Indonesia. Tanpa adanya persatuan maka keberagaman yang ada akan menjadi jurang pemisah, menciptakan kelompok-kelompok yang rawan bergesekan, berselisih, terpecah dan berkonflik.
  • Karena apabila rakyat Indonesia tidak bersatu maka akan mudah bangsa lain untuk kembali menjajah banga kita, Negara kita tercinta, Indonesia. Untuk itu perlu adanya wawasan nusantara dan diterapkan di kehidupan masyarakat Indonesia, terutama persatuan dan kesatuan.
  • Berbeda-beda tapi bukan berarti bahwa kita sulit untuk bersatu
  • Berbeda-beda merupakan ciri khas bangsa Indonesia yg hrs dipertahankan dan tdk bukanlah sebuah gangguan
  • Berbeda-beda merupakan faktor yg mendukung kemerdekaan Indonesia, semua wilayah dan suku meberikan sumbangsihnya, sehingga jika dihimpun menjadi kesatuan, maka akan menjadi kekuatan yg sangat besar
  • Berbeda-beda juga memungkinkan timbulnya konflik SARA, sehingga dibutuhkn persatuan dan upaya untuk menyatukan sehingga tdk terjadi konflik yg dapat menghancurkan Negara Indonesia
  • Agar penduduknya dapat hidup tentram berdampingan

2. Coba tuliskan contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah atau rumah kalian yang dapat merugikan persatuan dalam konteks Wawasan Nusantara?

  • Contoh kasus yang pernah terjadi di lingkungan sekolah yang sekiranya bisa merugikan persatuan dalam konteks wawasan nusantara adalah SISWA YANG PILIH-PILIH DALAM BERTEMAN, hanya ingin bersahabat dan bekerja sama dengan siswa lain yang seagama atau sesuku saja. Ini tentu bertentangan dengan wawasan nusantara.
  • Akhir-akhir ini terdapat isu awal tahun yaitu berupa gossip, yang kita lihat sekilas melalui media, kemudian dibahas pada lingkungan rumah yang mana para ibu-ibu rumah tangga atau sesama teman, kemudian ada perbedaan pendapat atau cara menanggapi antara satu orang dengan yang lainnya. Akhirnya timbullah pertengkaran hingga perpecahan apalagi apabila menyangkut atau membawa soal agama.
  • Tawuran antara pelajar
  • Sikap gotong royong yang kurang di masyarakat kota
  • Sikap indivudualisme yang tinggi

3. Upaya apakah yang harus dilakukan untuk menjaga Wawasan Nusantara?

  • Upaya yang harus dilakukan dalam menjaga wawasan nusantara adalah memperkenalkan konsep ini sejak dini kepada masyarakat disertai dengan tekad untuk memperkuat toleransi di tengah-tengah masyarakat, juga sikap-sikap baik lainnya yang bisa mendukung wawasan nusantara tersebut.
  • Upaya yang harus dilakukan untuk menjaga wawasan nusantara adalah dengan cara membina dan membangun atau menyelenggarakan kehidupan nasional yang baik. Untuk itu, pembinaan dan penyelenggaraan tata kehidupan bangsa dan Negara disusun atas dasar hubungan timbal baik antara semua aspek dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan nasional.
  • Mengerti, Memahami, menghayati hak dan kewajiban sebagai warga negara Indonesia.
  • Menyelenggarakan Kehidupan dengan konsepsi wawasan Nusantara, sehingga sadar sebagai warga negara yang baik.

4. Apakah kalian termasuk orang yang mampu menghindari dari sikap atau perbuatan yang dapat merugikan persatuan?

  • Ya, Hal ini karena untuk menjaga persatuan haruslah dilandasi dari sikap yang baik yang mana tidak merugikan persatuan,seperti menjauhi sikap mengikuti perkataan orang lain yang belum tentu benar,menjauhi sikap memprovokasi antar golongan dan tidak menyebarkan berita bohong tentang suatu keburukan seseorang atau golongan. Karena hal itu sangatlah bisa dilakukan jika mempunyai tekad yang kuat untuk menjaga persatuan negara.
  • Ya, alasannya karena saya mencintai negeri ini dan saya juga ingin mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa ini. Saya pun sebagai pelajar juga mengerti akan pentingnya wawasan nusantara.

5. Bagaimana pendapat kalian melihat orang yang berperilaku dan bersikap merugikan persatuan dan kesatuan bangsa?

  • Pendapat saya melihat orang yang berperilaku dan bersikap merugikan persatuan dan kesatuan adalah MENGUTUK dan MENENTANG sikapnya dengan menegur dan memberi teladan bagaimana seharusnya bersikap. Apabila tindakannya terlalu dan mulai melangar hak-hak orang lain maka saya akan laporkan ke pihak terkait.
  • Pertama saya merasa miris dan sedih sebagai pelajar, apabila orang tersebut adalah teman saya atau orang yang dekat dengan saya maka saya akan memberitahunya perlahan bahwasannya kita sebagai bangsa Indonesia perlu untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa kita agar kita tidak mudah untuk di pecahkan atau di adu domba oleh bangsa asing. Perjuangan pahlawan kita dahulunya perlu untuk kita kenang dan kita jaga persatuan dan kesatuan bangsa ini agar tidak dijajah kembali oleh bangsa asing.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mengapa mereka ingin tetap mewujudkan Indonesia kokoh dalam persatuan, padahal bangsa Indonesia itu berbeda-beda? Halaman 202-203 Bab 7 (Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban PPKN Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Mengapa mereka ingin tetap mewujudkan Indonesia kokoh dalam persatuan, padahal bangsa Indonesia itu berbeda-beda? Halaman 202-203 Bab 7 (Wawasan Nusantara dalam Konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!