Breaking News

Mengapa manusia perlu aturan?

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 Essay Evaluation Why do humans need rules? Page 101 Chapter 6 (obedient behavior, competition in virtue, and work ethic) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Essay Mengapa manusia perlu aturan? Halaman 101 Bab 6 (Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

B. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar dan tepat!

1. Mengapa manusia perlu aturan?

Dilansir dari Wonderopolis, aturan dibuat untuk menciptakan lingkungan yang aman dan damai tanpa keributan. Untuk menjalankan fungsi sosial sebagai manusia, setiap orang harus menyetujui dan menaatinya.

Setiap aturan dibuat lengkap dengan konsekuensinya. Dalam aturan adat istiadat masyarakat, seseorang yang melanggarnya akan dikucilkan. Sedangkan dalam undang-undang, jika seseorang melanggar aturan ia akan dikenakan sanksi berupa denda atau pidana.

Masing-masing memiliki kadar konsekuensi yang berbeda, sesuai dengan aturan yang dilanggar. Konsekuensi ini ada untuk memberikan efek jera supaya tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Adapun alasan mengapa manusia membutuhkan aturan adalah:

  • Supaya hidup aman dan damai tanpa ada keributan.
  • Sebagai tujuan hidup untuk membentuk insan yang beretika dan bermoral.
  • Sebagai pedoman untuk menjalani kehidupan sosial.
  • Supaya hidup manusia lebih terarah dengan tujuan yang jelas.
  • Saling menghormati hak dan kewajiban antar sesama manusia.
  • Mengingatkan manusia untuk tidak berbuat seenaknya.
  • Manusia perlu aturan supaya hidup manusia bisa lebih teratur dan mudah untuk diatur.
  • Sebagai tujuan hidup manusia agar mampu menjadi seseorang yang beretika dan bermoral.
  • Manusia perlu aturan agar manusia memiliki hidup yang terarah dan jalan yang terang.
  • Sebagai standarisasi kehidupan manusia diantara adanya keanekaragaman bangsa, baik secara sosial, ekonomi, budaya maupun politik.
  • Manusia perlu aturan agar tidak terdapat pertentangan (konflik) dalam interaksi sosial antarsesama manusia dilingkungan masyarakat.
  • Untuk menciptakan keadilan sosial maupun hukum bagi setiap individu agar tercipta kehidupan yang tentram, damai dan bebas dari konflik.
  • Untuk mengatur kehidupan manusia agar tidak berbuat seenaknya serta memperhatikan, menghargai dan menghormati orang lain.

Manusia memerlukan aturan karena aturan tersebut merupakan pembeda antara kehidupan yang beradab dengan kehidupan tidak beradab. Aturan di sini bisa berupa hukum norma budaya, hukum agama, hukum Negara, atau hukum yang lain seperti hukum profesi dan aturan-aturan kecil yang terdapat di mana-mana baik yang tertulis maupun tidak.

Aturan ini ditujukan untuk mengarahkan manusia agar tidak bergesekan atau konflik dengan manusia yang lainnya karena mereka mengikuti aturan yang sama.

2. Apa jadinya kalau dalam kehidupan ini tidak ada aturan?

Dengan tidak adanya hukum dan aturan yang ditetapkan, manusia akan cenderung bertindak seenaknya bahkan sampai ingin melukai antar sesamanya.

Kalau dalam kehidupan ini tidak ada aturan maka akan timbul pertentangan (konflik) dalam interaksi antar sesama manusia di lingkungan masyarakat. Pembahasan: … Hal ini dapat menyebabkan terjadinya konflik. Karena itulah manusia memerlukan aturan agar dapat menghindari hal yang tidak diinginkan tersebut.

Oleh Karena itu, hukum dan aturan dibuat bukan untuk dilanggar, tetapi untuk ditaati demi terlaksananya lingkungan yang harmonis antar sesama umat manusia.

3. Bagaimana pendapatmu jika ada pemimpin yang membuat kebijakan tetapi ia sendiri tidak menjalankan?

Pendapat saya adalah apabila kita mendapati pemimpin yang membuat kebijakan, tetapi ia sendiri tidak menjalankannya, maka kewajiban kita adalah tetap menjalankan seluruh kebijakannya, selama tidak bertentangan dengan syariat agama walaupun pemimpin itu sendiri berlaku dzalim dan cenderung tidak menjalankan kebijakan yang ia buat.

Hal ini didasari dalil Qs. An-Nisa’ ayat 59, yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, ta’atilah Allah dan ta’atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu.”

Apabila kita tidak menjalankan kebijakannya, maka kita akan mendapatkan dosa berlipat karena telah membangkang kepada pemimpin. Apabila pemimpin itu melakukan kedzaliman, biarkan itu menjadi pertanggung jawabannya sendiri dengan Allah, sedangkan kewajiban kita ialah mengikuti kebijakan yang dibuat oleh ulil amri.

4. Mengapa manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi?

Alasan manusia perlu berkompetisi dan berkolaborasi adalah agar manusia dapat berkembang dan bertahan hidup, dengan adanya kompetisi dan berkolaborasi ini juga manusia mengetahui potensi yang dimiliki dalam dirinya.

Berkompetisi dan berkolaborasi merupakan sudah kodrat manusia sebagai makhluk sosial. Berkompetisi dan berkolaborasi dapat dilakukan melalui adanya interaksi sosial, baik antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.

Kompetisi bisa menimbulkan rasa cemas tidak ingin kalah dari individu atau kelompok lainnya yang justru dapat memacu siswa untuk meningkatkan kegiatan belajar mereka.

Namun jika hal itu dilakukan bersama atau bekerja sama atau berkolaborasi maka segala sesuatu dapat dengan mudah dalam mencapai tujuan, apalagi jika terdapat tujuan yang diperebutkan oleh individu atau kelompok yang lainnya.

Maka kolaborasi atau kerja sama dengan individu atau kelompok dengan tujuan yang sama tersebut sangat diperlukan untuk meringankan dalam mencapai tujuan yang dimana individu atau kelompok lainnya juga mengincarnya.

Sebab setiap orang pasti memiliki tujuan yang sama dan tujuan yang berbeda, dengan merangkul kesamaan tujuan itu, untuk menciptakan kolaborasi, maka dalam menghadapi kompetisi secara kelompok ataupun individu dapat lebih mudah.

Contohnya: si A memiliki tujuan untuk menjadi ketua kelas dan si B juga demikian. A dan B lantas berkompetisi. Sedangkan syarat untuk mencapai ketua kelas yang diperlukan adalah suara dari setiap kelas.

Melihat C, dan D yang memiliki teman yang banyak, maka si A berkolaborasi atau bekerja sama dengan C dan D. Hal itu membuat A dengan menempatkan C sebagai sekertaris kelas dan D sebagai bendahara.

Melihat gerakan A, si B juga melakukan kolaborasi dengan teman yang lain. Kesimpulan diatas bahwa dengan adanya kompetisi membuat A dan B untuk kreatif dalam mengambil tindakan, dengan cara berkolaborasi.

5. Mengapa kita dianjurkan untuk saling menasihati antarsesama?

Manusia dianjurkan untuk saling menasehati antar sesama karena terkadang manusia masih belum mampu mengambil keputusan sendiri. Manusia sebagai mahluk sosial masih membutuhkan manusia lainnya untuk membantu dia menjalani kehidupan. Terkadang, sikap manusia yang labil juga butuh untuk dinasehati agar dia mampu bersikap tenang dan selayaknya manusia dewasa.

Menasehati juga biasanya dilakukan oleh seorang yang telah memiliki banyak pengalaman kehidupan agar orang yang dinasehati dapat menjalankan kehidupannya dengan baik. DIharapkan orang tersebut tidak akan mengalami kegagalan yang serupa seperti apa yang sudah dialami orang yang menasehati tersebut.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Essay Mengapa manusia perlu aturan? Halaman 101 Bab 6 (Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Essay Mengapa manusia perlu aturan? Halaman 101 Bab 6 (Perilaku Taat, Kompetisi dalam Kebaikan, dan Etos Kerja). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/mengapa-manusia-perlu-aturan/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!