Breaking News

Jelaskan isi kandungan Q.S. An-Nisa/4:146

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Explain the content of Q.S. An-Nisa/4:146 Pages 205-206 Chapter 13 (Life Becomes More Peaceful with Sincerity, Patience, and Forgiving) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Jelaskan isi kandungan Q.S. An-Nisa/4:146 Halaman 205-206 Bab 13 (Hidup Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

III. Uraian

Jawablah soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!

1. Jelaskan isi kandungan Q.S. an-Nisa/4:146!

Dalam Q.S. An Nisa 146, Allah SWT telah memerintahkan manusia untuk senatiasa berperilaku ikhlas dalam kehidupan sehari-hari, dengan cara :

  • Dalam beribadah atau beramal senantiasai dikerjakan karena Allah SWT
  • Gemar melakukan perbuatan terpuji dan hati hati dalam bertindak
  • Tidak mengharapkan pujian atau sanjungan dari orang lain
  • Tidak menghitung atau mengungkit kebaikan yang pernah ia lakukan

2. Jelaskan isi kandungan Q.S. Ali-Imran/3: 134 !

Isi kandungan dari surah Ali-Imran ayat 134, yaitu bahwa Allah SWT sangat meridhoi dan menyukai orang-orang yang memiliki 3 sifat takwa. 3 Sifat itu diantaranya orang yang selalu menafkahkan rezekinya di jalan Allah baik ketika memiliki banyak kelebihan maupun kekurangan, orang yang senantiasa mampu bersabar dalam menjaga amarahnya, serta orang yang dapat memaafkan kesalahan orang lain walaupun orang itu telah berbuat buruk kepadanya. Orang-orang yang seperti ini akan mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT atas perjuangannya yang berat di dunia.

3. Mengapa kita harus memiliki sifat sabar?

Alasan mengapa kita harus memiliki sifat sabar adalah karena sifat ini mulia dan utama dan merupakan bagian dari keimanan atas semua takdir Allah SWT. Selain itu, sabar juga mendatangkan pahala, menjadi penolong dalam ketaatan atas perintah Allah SWT (Ali Imran ayat 125), menjadi perisai dalam melawan tipu daya (Ali Imran ayat 120), dimuliakan oleh malaikat (Ar-Ra’ad ayat 23 sampai 24), dicintai oleh Allah SWT (Ali Imran ayat 146), diberikan ampunan juga pahala besar (Hud ayat 11).

4. Sebutkan macam-macam sabar dan berikan contohnya!

Sabar dapat dibagi menjadi 3, yaitu :

  • Sabar dalam taat kepada ALLAH,yaitu sabar dalam melakukan ketaatan kepada ALLAH Ta’ala, karena terkadang ketaatan ini melelahkan dan nafsu selalu mengajak kita untuk tidak taat kepada ALLAH. maka perlu bersabar untuk melakukan ketaatan, sabar untuk beribadah sholat 5 waktu dimasjid, sabar dalam menjalankan puasa, sabar dalam lelahnya memegang sunnah, sabar dalam lelahnya dakwah dan dalam perkara ketaatan lainnya.
  • Sabar dalam menjauhi maksiat, yaitu sabar untuk tidak mengikuti hawa nafsu yang mendorong manusia untuk melakukan hal-hal yang diharamkan ALLAH. karena menjauhi maksiat ini luar biasa sulitnya, pada dasarnya maksiat itu nikmat, namun hanya nikmat didunia saja, yang akibatnya akan sengsara di akhirat. Contoh dari sabar ini adalah dengan tidak ikut-ikutan trend pacaran yag dapat menjerumuskan dalam zina, sabar tidak dianggap keren dengan tidak merokok dan minum miras.
  • Sabar dalam menghadapi takdir yang pahit berupa musibah dari ALLAH , kunci kesuksesan dunia dan akhirat adalah syukur ketika diuji dengan nikmat dan sabar ketika diuji dengan musibah. Seringkali ALLAH menguji hambanya yang beriman dengan ujian-ujiab yang berat seperti kehilangan harta, kehilangan keluarga, kehilangan kesehatan dan lain-lain. maka perlu kesabaran untuk menghadapi hal ini, namun orang beriman harus yakin didalam kesabaran itu ada kemenangan, selayaknya seorang anak SD yang lulus menghadapi ujian nasional dan bisa masuk ke SMP.

5. Mengapa kita harus ikhlas?

Alasan mengapa kita harus ikhlas adalah selain karena ikhlas merupakan perintah Allah SWT juga karena ikhlas ini merupakan wujud nyata tawakal kepada Allah SWT yang juga  menjadi syarat diterimanya amal shaleh.

6. Sebutkan manfaat dari ikhlas!

Adapun manfaat dari sikap ikhlas antara lain lebih dekat pada Allah SWT, mendapatkan pahala yang berlimpah, amal shaleh dan ibadahnya diterima Allah SWT, dijauhkan dari hati yang sempit, hidup menjadi lebih tenang, tidak bergantung pada puji dan puja manusia dan lain sebagainya.

7. Mengapa kita harus jadi pemaaf?

Alasan mengapa kita harus menjadi pemaaf adalah karena pemaaf adalah perilaku terpuji yang mendatangkan banyak kebaikan bagi diri. Memaafkan itu dekat sekali dengan ketakwaan (Al-Baqrah ayat 237), mereka yang pemaaf juga akan diampuni dosanya oleh Allah SWT (surah An-Nur ayat 22).

8. Sebutkan manfaat dari sikap pemaaf!

Adapun manfaat dari sikap pemaaf adalah hatinya senantiasa diberi kelapangan, jauh dari permusuhan dan pertikaian, tidak digerogoti penyakit hati seperti dengki dan dendam, mendapatkan pahala dan kemuliaan di sisi Allah SWT, mendapat pengampunan dosa dari Allah SWT dan masih banyak lagi lainnya.

9. Ceritakan secara singkat kisah orang yang memiliki perilaku ikhlas!

  • Kisah perilaku ikhlas: Dalam kisah nyata, ketika nabi muhammad dicela, dicemoohkan, dan di fitnah nabi muhammad masih ikhlas menerimanya dan tanpa ada rasa dendam apapun.
  • Ari disuruh ibunya pergi ke pasar untuk berbelanja bahan makanan. Aripun berangkat ke pasar dengan senang hati dan tidak mengharapkan imbalan dari ibunya.
  • Justin adalah murid kelas 7G. Ia sangat sabar setiap kali teman-temannya mengolok-oloknya dan Justin sama sekali tidak berniat untuk membalas perbuatan teman-temannya.

10. Ceritakan secara singkat kisah orang yang memiliki perilaku sabar!

  • Ada seorang anak yang selalu mengejek ima. namun ima tetap sabar dan tidak membalas perlakuan anak tersebut ia bahkan rela membantu anak tersebut saat anak itu kesusahan
  • Kisah perilaku sabar dalam kenyataan contohnya saat nabi ayyub diberi penyakit kulit yang membuat ia dihina dan dicela, tapi ia tetap sabar.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Jelaskan isi kandungan Q.S. An-Nisa/4:146 Halaman 205-206 Bab 13 (Hidup Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Jelaskan isi kandungan Q.S. An-Nisa/4:146 Halaman 205-206 Bab 13 (Hidup Jadi Lebih Damai dengan Ikhlas, Sabar, dan Pemaaf). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!