Mengapa kita harus berani membela kebenaran dan kejujuran?

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 11 Curriculum 2013 Revised 2017 Essay Evaluation Why should we dare to defend truth and honesty? Page 30 Chapter 2 (Dare to Live Honestly) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Essay Mengapa kita harus berani membela kebenaran dan kejujuran? Halaman 30 Bab 2 (Berani Hidup Jujur) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

B. Jawablah soal-soal berikut dengan tepat!

1. Mengapa kita harus berani membela kebenaran dan kejujuran?

  • Perintah Allah Swt

Membela kebenaran dan kejujuran termasuk ke dalam perintah Allah Swt. Ada banyak ayat dalam Al-Qur’an yang menganjurkan kita untuk menjadi pembela kebenaran dan kejujuran. Salah satu di antaranya adalah firman Allah Swt dalam Surat An Nisaa Ayat 135, yang artinya:

Wahai orang-orang yang beriman, jadilah kamu orang yang benar-benar penegak keadilan, menjadi saksi karena Allah biar pun terhadap dirimu sendiri atau ibu bapa dan kaum kerabatmu. Jika ia kaya atau pun miskin, maka Allah lebih tahu kemaslahatannya. Maka janganlah kamu mengikuti hawa nafsu karena ingin menyimpang dari kebenaran. Dan jika kamu memutar balikkan (kata-kata) atau enggan menjadi saksi, maka sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui segala apa yang kamu kerjaan. (QS. An Nisaa: 135)

  • Perintah Rasulullah Saw

Rasulullah Saw memerintahkan kepada kita umatnya untuk selalu membela kebenaran dan kejujuran. Sebagaimana sabda beliau yang berbunyi:

Senantiasa golongan dari umatku ada yang menolong (membela) terhadap kebenaran. Tidak akan membahayakan mereka itu orang yang meremehkan mereka, sehingga datang perintah Allah dan tetap dalam keadaan demikian. (HR. Muslim, at-Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

  • Mendapatkan Pahala

Oleh karena membela kebenaran dan kejujuran termasuk ke dalam perintah Allah dan rasulnya, jika kita berani melakukannya, maka akan berbuah pahala yang sangat besar di sisi Allah Swt.

2. Buatlah contoh perilaku yang menggambarkan berani dalam membela kebenaran!

  • Berani mengkeritik pemimpin yang bersikap dzalim.
  • Senantiasa bersikap sesuai dengan ajaran agama walaupun banyak tetangga yang tidak suka.
  • Senantiasa berkata, bertindak, dan berpikir jujur walaupun dikecam oleh orang – orang yang dzalim.
  • Menasihati dan memberikan contoh kepada teman – teman yang senang mencuri untuk menjadi pribadi yang bertabiat terpuji.
  • Membela teman yang di bully walaupun harus terkena bullyian.
  • Melaporkan tindakan teman yang mencontek
  • Melerai pertengkaran antar teman di sekolah
  • Menjadi penengah antara teman yang berselisih di sekolah, sehingga mereka bisa bersahabat kembali

3. Buatlah contoh perilaku yang menggambarkan berani dalam membela kejujuran!

  • Mengatakan yang benar adalah benar

Tidak setiap orang berani untuk mengatakan yang benar adalah benar, dan salah adalah salah. Bersikap jujur memang sulit, apalagi ia melakukan tindakan tersebut demi kepentingan pribadi atau keuntungan pribadi.

Banyak contoh kasus ketidakjujuran terjadi misalnya pejabat yang korupsi, pegawai yang membolos, atau anak yang berbohong kepada orangtuanya. Jika hal ini terus dilakukan sampai tingkat emosi yang matang hal tersebut tetap terpatri dalam pikiran dan hatinya. Antisipasi dan beberapa cara menghadapi anak remaja yang suka berbohong.

  • Tidak bersikap memfitnah atau mengkambinghitamkam

Contoh perilaku dalam membela kejujuran lainnya adalah tidak bersikap menfitnah dan mengkambinghitamkan seseorang atau kelompok untuk kepentingan pribadi dan golongan.

Sebuah lingkungan dengan pola dan didikan seperti ini akan menjerumuskan kepada kehancuran dan kerusakan prilaku yang menyimpang dari jalur agama dan norma kehidupan.

Orang yang tidak jujur dianggap remeh dan tentu masyarakat akan menolak karena ketidakpercayaan akan sikap dan tindakannya. Tindakan dan contoh psikologi proyeksi dalam kehidupan sehari – hari.

  • Menolak berita hoax atau berita palsu

Perkembangan teknologi yang kian modern membuat masyarakat beralih menggunakan teknologi seperti smartphone, ipad, dan sebagainya dalam berkomunikasi. Salah satu media sosial yang sering digunakan sebagai penyampaian informasi yaitu facebook.

Banyak berita yang apabila tidak disaring dengan baik banyak mengandung berita palsu, provokasi, fitnah dan kebohongan.

Oleh sebab itu sepatutnya kita harus pintar dan mawas diri mengenai informasi yang salah dan tidak jujur. Karena akan berdampak kepada perpecahan, persepsi buruk dan fitnah. Berikut ini cara mengetahui orang berbohong menurut psikologi.

  • Sampaikan informasi yang valid

Dalam menyampaikan sebuah informasi seharusnya mengedepankan kebenaran dan sesuai dengan berita yang valid. Informasi yang tidak sesuai dan valid dapat menyebabkan berita palsu atau fitnah, untuk sangsi yang diberikan tidak main – main.

Setiap orang yang menyebarkan informasi palsu akan dijerat dengan undang – undang ITE dan penceramaran nama baik.

Untuk itu pentingnya memberikan contoh perilaku dalam membela kejujuran dengan berani, tegas dan berkomitmen. Tidak gentar membela kejujuran dan kebenaran yang sesuai dengan fakta. Perlu kita ketahui faktor dan beberapa aspek psikologi dalam perilaku.

  • Berikan laporan menggunakan bukti dan data

Pada saat ingin menyampaikan sebuah kebenaran dan kejujuran sebaiknya gunakan bukti dan data yang benar – benar valid.

Zaman yang serba instan dan teknologi yang canggih tentu sepatutnya kita juga menjadi lebih pandai dalam berorasi untuk kejujuran. Jangan sampai kejujuran hanya diucap dibibir dengan tidak didukung dengan bukti nyata.

Sifat jujur harus ditanamkan sejak dini agar dewasa mental dan perilaku jujur tetap tersimpan didalm hati serta jiwa. Dan tidak akan tergiur untuk suatu kebohongan yang membawa kepada petaka. Contoh berikut tentang peranan remaja dalam meningkatkan jati diri dalam kehidupan sehari – hari.

  • Kita menemukan dompet di jalan, dompet tersebut berisi uang tunai yang sangat banyak, bagaimanapun kita harus berusaha mengembalikan dompet tersebut kepada pemiliknya.
  • Berani mengakui kesalahan
  • Tidak mencontek pada saat ulangan
  • Tidak membolos saat sekolah
  • Tidak melanggar rambu-rambu lalu lintas
  • Jika terkena tilang, tidak boleh memberikan uang suap kepada polisi
  • Mengerjakan Pekerjaan Rumah (PR) di Rumah
  • Tidak berbohong kepada teman, guru, dan orang tua
  • Tidak menyebarkan berita bohong.

4. Tulis artinya dan jelaskan maksud dari hadis berikut!

Arti dari kulilhaqqu walawkana murran adalah katakanlah walaupun itu menyakitkan. Kulilhaqqu artiny adalah katakalah, walaukana artinya adalah walaupu dan murran artinya adalah pahit atau menyakitkan. Maksud dari lafadz tersebut adalah kita harus senantiasa berkata dengan jujur atau mengatakan yang sebenarnya walupun jika kita mengetakan yang sebenarnya membuat perasaan kita sakit.

5. Jelaskan manfaat dari perilaku berani dalam kebenaran dan kejujuran!

  • Mendapatkan ketenangan jiwa sebab berjalan di jalan Allah SWT.
  • Terhalang dari perbuatan yang menghinakan diri.
  • Menjadi pribadi yang senantiasa optimis dalam berusaha dan dalam memandang setiap ketetapan Allah.
  • Hidupnya senantiasa maju, kreatif dan produktif karena didorong keberanian dalam kebenaran dan kejujuran
  • Mampu mencegah kejahatan dan keburukan di sekitarnya dan masih banyak lagi lainnya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Essay Mengapa kita harus berani membela kebenaran dan kejujuran? Halaman 30 Bab 2 (Berani Hidup Jujur)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 11 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Evaluasi Essay Mengapa kita harus berani membela kebenaran dan kejujuran? Halaman 30 Bab 2 (Berani Hidup Jujur). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!