Breaking News

Mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan?

Indonesian History Questions and Answer Keys Class 10 Curriculum 2013 Revised 2017 Competency Test Why the term praaksara is more appropriate than the term prehistory to describe human life before knowing writing Page 8 Chapter 1 (Traveling Early Civilizations in the Indonesian Archipelago) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan Halaman 8 Bab 1 (Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

1. Mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan?

Penyebab mengapa sehingga penggunaan istilah praaksara lebih tepat dibandingkan istilah prasejarah adalah karena prasejarah dianggap sebagai istilah yang keliru digunakan untuk menggambarkan kehidupan manusia purba di masa lalu. Pra berarti “sebelum” dan sejarah berarti “peristiwa yang terjadi di masa lalu yang berkaitan dengan aktivitas manusia”. Jadi, jika dua kata ini digabungkan, maka prasejarah adalah masa sebelum ada sejarah aktivitas kehidupan manusia.

Padahal, sebelum mengenal tulisan, manusia telah memiliki aktivitas atau sejarah dan sudah menghasilkan kebudayaan. Jadi, penggunaan istilah prasejarah sangat tidak tepat. Itulah sebabnya mengapa sehinggal istilah prasejarah kurang tepat, yang lebih tepat adalah istilah praaksara, karena pada saat itu memang manusia hanya belum mengenal tulisan, tetapi sudah memiliki aktivitas kebudayaan.

2. Secara metodologis bagaimana kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan?

Cara mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan​ adalah dengan mempelajari fosil dan artefak yang ditinggalkan manusia praaksara.

Hal ini karena manusia praaksara belum mengenal sistem tulis menulis dan tidak menginggalkan peninggalan berupa tulisan.

Bagaimana kita dapat mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan?

A. Tetap dengan Menggunakan Metode Empiris

Empiris atau indra pengalaman, pengetahuan empiris, atau bahkan posteriori, merupakan sumber pengetahuan yang didapatkan dari adanya observasi atau percobaan. Bukti empiris menjadi informasi yang membenarkan suatu kepercayaan dalam kebenaran atau kebohongan pada suatu klaim empiris.

Dalam pandangan empirisis, seseorang hanya bisa mengklaim mempunyai pengetahuan, di saat seseorang mempunyai suatu kepercayaan yang benar, berdasar dari bukti empiris. Indra menjadi sumber utama dalam bukti empiris tersebut.

Dalam artian yang lain, bukti empiris memiliki arti yang senada dengan hasil pada suatu percobaan. Dalam artian tersebut, hasil empiris merupakan suatu konfirmasi gabungan.

Jadi?

Walaupun manusia belum mengenal akan adanya tulisan, bukti-bukti tulisan bisa diketahui dengan jelas dari adanya peradaban, semisal :

  • Membuat kapak
  • Membuat lukisan di dinding gua

Kita sendiri juga bisa mengetahui akan kehidupan manusia, sebelum mengenal tulisan secara metodologis, dengan cara menggunakan metode arkeologi dan ilmu alam lainnya, seperti biologi dan geologi.

B. Akhir Zaman Praaksara Indonesia Lebih Lambat

Indonesia mengakhiri zaman praaksara lebih lambat, dibandingkan dengan bangsa Mesir, sesuai dengan prasasti peninggalan dari Kerajaan Kutai.

Mengapa hal itu bisa terjadi?

Karena peradaban bangsa Mesir jauh lebih maju jika dibandingkan dengan Indonesia, dan struktur geografis Mesir terpusat pada hanya 1 daratan saja. Berbeda dengan Indonesia yang memiliki banyak kepulauan, sehingga sulit untuk peradaban berkembang di Indonesia yang luas ini.

Kesimpulan

Secara lebih singkat, bagaimana kita bisa mengetahui kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan, disebabkan oleh adanya 2 hal :

  • Menggunakan metode empiris (bukti-bukti kehidupan yang bisa diketahui dari peradaban)
  • Indonesia mengakhiri zaman praaksara lebih lambat dibandingkan dengan Mesir, sesuai dari prasasti peninggalan Kerajaan Kutai, di mana peradaban Mesir jauh lebih maju daripada Indonesia

3. Mesir mengakhiri zaman praaksara sekitar tahun 3000 SM, tetapi di Indonesia baru abad ke-5 M. Mengapa demikian?

Mesir mengakhiri zaman pra aksara sekitar tahun 3000 S.M, tetapi di Indonesia baru abad ke 4-5 M. Hal ini disebabkan karena bangsa Mesir pada zaman dahulu tergolong bangsa yang telah maju dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Mesir mengenal aksara yang disebut sebagai hieroglif yg ditemukan pada 2000SM, dan membangun peradaban yang sangat maju pada zaman itu, contohnya yaitu pembangunan Piramida dan Spynx. Peradaban Mesir Kuno yang sangat maju disebabkan oleh pengendalian keseimbangan yang baik antara sumber daya alam dan manusia. Pada zaman itu, Mesir telah dapat melakukan irigasi teratur terhadap Lembah Nil, pendayagunaan mineral dari lembah dan wilayah gurun di sekitarnya, perkembangan sistem tulisan dan sastra, aktif dalam perdagangan dengan wilayah Afrika dan Mediterania Timur; serta telah memiliki kegiatan militer yang menunjukkan kekuasaan terhadap suku bangsa tetangga.

Sedangkan Indonesia baru mengakhiri masa praaksara pada awal abad ke-5 Masehi. Hal ini dimulai dari datangnya para pedagang India yang membawa kebudayaan dari India berupa seni arsitektur bangunan, sistem pemerintahan, seni sastra dan tulisan. Tulisan tertua di Indonesia terdapat di Batu Yupa, Kutai, Kalimantan Timur yang menggunakan huruf Pallawa. Sejak berakhirnya masa pra aksara, muncullah masa aksara. Di masa ini, Indonesia mengalami banyak kemajuan. Sistem pemerintahan kerajaan mulai berkembang, kegiatan perdagangan dan pelayaran pun semakin maju.

4. Apa saja pelajaran yang dapat kita peroleh dari belajar kehidupan pada zaman praaksara?

Arti penting dari pembelajaran tentang sejarah kehidupan zaman praaksara pertama-tama adalah kesadaran akan asal usul manusia. Tumbuhan memiliki akar. Semakin tinggi tumbuhan itu, semakin dalam pula akarnya menghunjam ke bumi hingga tidak mudah tumbang dari terpaan angin badai atau bencana alam lainnya. Demikian pula halnya dengan manusia. Semakin berbudaya seseorang atau kelompok masyarakat, semakin dalam pula kesadaran kolektifnya tentang asal usul dan penghargaan terhadap tradisi. Jika tidak demikian, manusia yang melupakan budaya bangsanya akan mudah terombang-ambing oleh terpaan budaya asing yang lebih kuat, sehingga dengan sendirinya kehilangan identitas diri. Jadi bangsa yang gampang meninggalkan tradisi nenek moyangnya akan mudah didikte oleh budaya dominan dari luar yang bukan miliknya.

Dengan demikian arti penting dari pembelajaran tentang sejarah kehidupan zaman praaksara pertama-tama adalah kesadaran akan asal usul manusia.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan Halaman 8 Bab 1 (Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Indonesia Kelas 10 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Uji Kompetensi Mengapa istilah praaksara lebih tepat dibandingkan dengan istilah prasejarah untuk menggambarkan kehidupan manusia sebelum mengenal tulisan Halaman 8 Bab 1 (Menelusuri Peradaban Awal di Kepulauan Indonesia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!