Mengapa indra perasa bukan pengukur suhu yang andal

Natural Science Questions and Answers for Class 7 Curriculum 2013 Revised 2016 Let’s Exercise Why is the sense of taste not a reliable temperature gauge? Page 144 Chapter 4 (Temperature and Changes) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Kita Latihan Mengapa indra perasa bukan pengukur suhu yang andal? Halaman 144 Bab 4 (Suhu dan Perubahannya) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo Kita Lakukan!

1). Apa yang dimaksud dengan suhu? 

Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas dingin suatu benda dan alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah thermometer. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat untuk mengukur suhu cenderung menggunakan indera peraba. Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi maka diciptakanlah termometer untuk mengukur suhu dengan valid.

2). Mengapa indra perasa bukan pengukur suhu yang andal? 

Karena indra perasa tidak bisa mengetahui derajat suhu benda, yang dimana dalam IPA diharuskan menggunakan satuan dalam menentukan suhu, tekanan, volume dan lain lain. Hal ini bertujuan agar persepsi dari semua orang sama.berikut beberapa alasan mengapa indra perasa bukan merupakan alat pengukur suhu yang baik: 

  • Tidak memberikan angka

Pada indra perasa tidak akan memberikan angka, yang diperoleh dalam pengukuran suhu hanyalah panas atau dingin saja.

  • Perbedaan persepsi

Hal ini bisa terjadi karena setiap manusia memiliki tingkat perasa yang berbeda. Belum lagi ketika manusia tersebut sakit. 

3). Jelaskan macam-macam termometer! 

  • Termometer Air Raksa 

Termometer cairan yang pengisinya berupa air raksa. Alat ini yang paling sering digunakan karena dapat mengukur suhu yang sangat tinggi. 

  • Termometer Alkohol 

Termometer cairan yang pengisinya berupa alkohol. Alkohol lebih peka daripada air raksa sehingga dapat mengukur suhu yang sangat rendah dan perubahan volumenya lebih jelas terlihat dibandingkan air raksa. 

  • Termometer Klinis

Termometer klinis banyak digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia atau hewan. Alat satu ini dirancang dengan berbagai desain dan bisa digunakan dengan memasukkan ke dalam mulut, telinga, anus atau ketiak. Bahkan ada yang hanya dengan ditempelkan pada dahi. Termometer ini sangat penting untuk disterilisasi mengingat penggunaannya yang beberapa dimasukkan ke dalam organ. 

  • Termometer Inframerah

Cara termometer ini bekerja sangat unik yaitu tanpa menyentuh objek yang ingin diukur dalam jarak tertentu dan mengukur suhu objek tersebut menggunakan radiasi kotak hitam. Prinsip termometer ini adalah semakin panas suatu benda, semakin banyak energi inframerah yang dipancarkan karena molekulnya semkain aktif. 

  • Termometer Dinding

Termometer ini biasanya untuk mengukur suhu ruang dan ditaruh di dinding ruangan tersebut. Angka yang tertera pada termometer ini hanya menunjukkan suhu atas dan bawah yang dapat dicapai suatu ruangan dalam celcius atau fahrenheit. 

  • Termometer Six Bellani 

Termometer ini biasanya digunakan oleh pengamat cuaca untuk mengetahui suhu terendah atau suhu tertinggi dalam jangka waktu tertentu. Lalu, termometer ini mempunyai 2 skala, skala minimum di pipa kiri dan skala maksimum di pipa kanan. Alat ini juga kadang digunakan untuk mengukur suhu pada sebuah rumah kaca. 

  • Termometer Resistor

Termometer ini digunakan untuk mengukur perubahan hambatan jenis penghantar karena adanya perubahan suhu. Prinsip termometer ini yaitu ketika suhu naik, hambatan listrik platina naik. Menggunakan platina agar tahan panas. Alat ini banyak digunakan dalam industri. 

  • Termometer Gas

Termometer ini mempunyai prinsip perubahan suhu terhadap tekanan berdasarkan sifat pemuaian gas. Alat ini bisa mengukur suhu yang sangat tinggi hingga sangat rendah dengan skala -250ᵒC – 1500ᵒC. 

  • Termometer Bimetal

Prinsip termometer ini adalah semakin tinggi suhu, semakin melengkung keping bimetal yang menandai perubahan suhu yang lebih tinggi. 

  • Termometer Termokopel

Alat ini semacam sensor suhu yang menggunakan dua jenis logam konduktor yang ujungnya digabungkan dengan sebuah amperemeter. Termometer ini mudah digunakan dan tahan terhadap guncangan dan getaran. 

  • Termometer Kristal Cair 

Cara menggunakan termometer ini adalah dengan menempelkannya di dahi. Termometer ini termasuk termometer klinis tetapi bisa digunakan untuk mengukur suhu ruangan, suhu mandi bayi, dan suhu lemari pendingin. 

4). Bagaimanakah persamaan dan perbedaan cara menentukantitik terbawah dan titik teratas pada skala Celcius dengan skala Fahrenheit? 

Persamaan :

  • Sama-sama menggunakan titik beku air sebagai titik terbawah. 
  • Sama-sama menggunakan titik didih air sebagai titik teratas. 

Perbedaan : 

  • Titik bawah pada skala Fahrenheit ditetapkan sebesar 32 derajat Fahrenheit, sementara pada skala Celsius ditetapkan sebesar 0 derajat Celsius. 
  • Titik atas pada skala Fahrenheit ditetapkan sebesar 212 derajat Fahrenheit, sementara pada skala Celsius ditetapkan sebesar 100 derajat Celsius. 
  • Jarak antara titik bawah dengan titik atas pada skala Fahrenheit adalah sebesar 180 derajat, sementara pada skala Celsius jarak antara titik bawah dengan titik atas sebesar 100 derajat. 

5). Konversikan:

6). Terdapat 4 termometer skala Celcius dengan skala terkecil dan terbesarnya ditunjukkan pada tabel di bawah ini : 

Termometer Skala Terkecil Skala Terbesar
A 0 100
B 20 37
C 10 60
D 32 45

Termometer manakah yang paling sesuai untuk mengukur suhu tubuh manusia? Jelaskan! 

Termometer yang menggunakan skala 0- 100 adalah skala yang paling sesuai untuk mengukur tubuh manusia. Termometer celcius menggunakan prinsip kerja air raksa yang tidak mungkin untuk memiliki titik leleh es pada suhu dibawah 0 atau diatasnya. Suhu manusia bervariasi pada titik titik tertentu kisaran 31 – 45, namun dalam kondisi tertentu bisa melewati ambang tersebut. Jadi jawaban yang paling tepat ada pilihan D.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Kita Latihan Mengapa indra perasa bukan pengukur suhu yang andal? Halaman 144 Bab 4 (Suhu dan Perubahannya)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Ayo Kita Latihan Mengapa indra perasa bukan pengukur suhu yang andal? Halaman 144 Bab 4 (Suhu dan Perubahannya). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor?

[Kunci Jawaban] Apa perbedaan antara suhu dan kalor? Pertanyaan: Apa perbedaan antara suhu dan kalor? …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!