Breaking News

Mengapa Debat Digolongkan ke Dalam Teks Eksposisi

Questions and Answer Key Indonesian Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity Debate 3.1 Why is classed to In Exposition Text Page 62 Chapter 3 (Text Exposition in Mass Media) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 3.1 Mengapa Debat Digolongkan ke Dalam Teks Eksposisi Halaman 62 Bab 3 (Teks Eksposisi dalam Media Massa) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 3.1

A. Jawablah pertanyaan- pertanyaan di bawah ini dengan berdiskusi!

1. Apa yang dimaksud dengan teks eksposisi?

Teks eksposisi adalah paragraf atau karangan yang terkandung sejumlah informasi dan pengetahuan yang disajikan secara singkat, padat, dan akurat. Pendapat lain menyatakan bahwa Teks Eksposisi adalah jenis atau ragam teks yang memiliki fungsi menyampaikan gagasan-gagasan berupa pemikiran tentang suatu topik. Paragraf eksposisi ini bersifat IImiah atau dapat dikatakan non fiksi.

Teks eksposisi adalah sebuah teks karangan atau paragraf yang mengandung informasi yang digambarkan dalam bentuk yang padat, singkat dan jelas. Teks eksposisi dapat dikatakan sebuah karangan yang bersifat non fiksi. Teks ekposisi membahas tentang bermacam-macam topik, seperti tentang pendidikan, ekonomi, dan lain-lain. Tujuan teks esposisi adalah untuk menjelaskaninformasi tertentu yang dapat menambah pengetahuan untuk pembaca.

2. Bagaimana ciri-ciri teks eksposisi?

  • Menjelaskan tentang informasi
  • Gaya informasinya bersifat mengajak
  • Bahasanya bersifat informatif
  • Fakta dipakai sebagai alat kontribusi
  • Bersifat singkat, padat, terkini
  • Menggunakan bahasa baku.
  • Singkat dan Padat
  • Gaya informasi yang mengajak.
  • Penyampaian teksnya secara lugas dan menggunakan bahasa yang baku.
  • Menjelaskan informasi-informasi pengetahuan.
  • Tidak memihak berarti tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembacanya.
  • Teks eksposisi bersifat objektif dan netral.
  • Penjelasannya disertai data-data yang akurat.
  • Fakta digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi.
  • Umumnya menjawab pertanyaan apa, siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana

3. Mengapa debat digolongkan ke dalam teks eksposisi?

Alasan debat digolongkan ke dalam teks eksposisi yakni karena di dalam debat terdapat pendapat yang harus disertai argumen-argumen yang menguatkan seperti halnya teks eksposisi. Debat ini dapat disebut sebagai kegiatan untuk mempertahankan pendapat dengan disertai argumen yang mendukung pendapat. Sedangkan teks eksposisi ini sendiri adalah teks yang dikembangkan berdasarkan gagasan pokok yang dinyatakan dalam tesis atau pernyataan pendapat yang disertai argumen-argumen yang menguatkan dan jelas. Contoh teks eksposisi lainnya yakni ada : pidato, ceramah, perkulihan, opini, dan editorial.

4. Apa saja unsur-unsur utama teks eksposisi?

  • Gagasan yang disebut juga ide ataupun pendapat, Isinya berupa pernyataan yang mungkin berupa komentar, penilaian, saran, dorongan, dan bujukan.
  • Fakta atau keadaan maupun peristiwa yang merupakan kenyataan yang sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Fakta dalam teks eksposisi ini berfungsi untuk memperkuat gagasan atau argumen yang disampaikan oleh penulis atau pembicara mengenai permasalahan yang dijadikan objek pembicaraan sehingga diharapkan lebih meyakinkan khalayak ramai, selain itu juga untuk menyatakan kebenaran mengenai permasalahan yang dijadikan objek pembicaraan. Alasan debat digolongkan ke dalam teks eksposisi yakni karena di dalam debat terdapat pendapat yang harus disertai argumen-argumen yang menguatkan seperti halnya teks eksposisi. Debat ini dapat disebut sebagai kegiatan untuk mempertahankan pendapat dengan disertai argumen yang mendukung pendapat. Sedangkan teks eksposisi ini sendiri adalah teks yang dikembangkan berdasarkan gagasan pokok yang dinyatakan dalam tesis atau pernyataan pendapat yang disertai argumen-argumen yang menguatkan dan jelas. Contoh teks eksposisi lainnya yakni ada : pidato, ceramah, perkulihan, opini, dan editorial.
  • Menggunakan frasa nomina: contohnya seperti ia, dia, anda, kamu, aku, saudara, -nya, mu, ku.
  • Menggunakan kata keterangan: saat, mana, ketika, dan lain-lain.
  • Menggunakan konjungsi:sesudah, setelah, sebelum, lalu, kemudian, setelah itu, dan, serta, dengan, kecuali, selain, asal.

5. Apa fungsi fakta dalam teks eksposisi?

  • Mendukung Opini Penulis

Fakta dalam teks eksposisi berfungsi untuk mendukung opini yang dibangun oleh penulis. Inilah yang membedakan antara teks eksposisi dengan teks fiksi belaka. Dalam proses pembuatan teks eksposisi, penulis harus mampu menyediakan fakta untuk mendukung opini dan gagasannya.

  • Untuk Meyakinkan Pembaca

Fakta dalam teks eksposisi juga berfungsi untuk membangun keyakinan pembaca terhadap teks eksposisi yang sedang dibacanya. Dengan adanya fakta, maka penulis mampu membangun opini dan dibenarkan oleh pembacanya.

  • Untuk Menyatakan Kebenaran Gagasan

Dalam teks eksposisi, fakta juga berfungsi untuk membuat gagasan menjadi benar dan masuk akal. Tentu saja, gagasan tanpa fakta hanyalah fiksi belaka. Tetapi, dengan adanya fakta maka gagasan tersebut tampak lebih nyata dan benar di mata pembaca.

  • Menyatakan kebenaran mengenai permasalahan yang dijadikan objek pembicaraan
  • Menguatkan argumen yang disampaikan oleh penulis/ pembicara mengenai permasalahan yang dijadikan objek pembicaraan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 3.1 Mengapa Debat Digolongkan ke Dalam Teks Eksposisi Halaman 62 Bab 3 (Teks Eksposisi dalam Media Massa)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 3.1 Mengapa Debat Digolongkan ke Dalam Teks Eksposisi Halaman 62 Bab 3 (Teks Eksposisi dalam Media Massa). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!