Breaking News

Mengapa cairan ketuban (amnion) dapat membantu proses kelahiran?

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 Why amniotic fluid (amnion) can help the birth process? Page 30 Chapter 1 (Human Reproductive System) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Mengapa cairan ketuban (amnion) dapat membantu proses kelahiran? Halaman 30 Bab 1 (Sistem Reproduksi Manusia) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Selesaikan

a. Mengapa cairan ketuban (amnion) dapat membantu proses kelahiran? Petunjuk: kaitkan dengan gaya gesek antara bayi dan saluran reproduksi ibu.

Air ketuban dapat membantu dalam proses kelahiran karena cairan ini adalah penanda awal bahwa Si Kecil sudah siap untuk lahir ke dunia. Selain itu, cairan ketuban juga bisa menjadi penanda ada atau tidaknya infeksi pada bayi baru lahir. Akibat adanya cairan ini terdapat gaya gesek antara bayi dan saluran reproduksi ibu yang menjadi lebih kecil. Cairan ketuban berperan untuk pelumas saat terjadi persalinan.

b. Mengapa cairan ketuban berfungsi sebagai pendeteksi kelainan keturunan (genetik) pada janin? Petunjuk: coba kamu cari jawabannya dengan cara membaca buku di perpustakaan atau melalui internet dengan kata kunci “Amniosentesis”.

Cairan ketuban berfungsi sebagai pendeteksi kelainan keturunan (genetik) pada janin karena pada air ketuban terkandung beberapa material misalnya vernix caseosa, rambut lanugo, sel epitel yang terkelupas dan mekonium yang dapat dianalisa DNA atau kromosomnya untuk mengetahui kromosom yang terkandung di dalam tubuh janinnya.

Pengambilan material yang terkandung dalam cairan ketuban digunakan dalam prosedur amniosentesis oleh dokter pada usia kehamilan 15-20 minggu untuk mengetahui janin mengalami kelainan atau tidak.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Mengapa cairan ketuban (amnion) dapat membantu proses kelahiran? Halaman 30 Bab 1 (Sistem Reproduksi Manusia)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Mengapa cairan ketuban (amnion) dapat membantu proses kelahiran? Halaman 30 Bab 1 (Sistem Reproduksi Manusia). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!