Mengapa Belanda menginginkan pembentukan sebuah negara federasi bukan kesatuan?

  • 2 min read
  • Jan 07, 2021

Questions and Key Answers to Social Sciences Class 9 Curriculum 2013 2018 Revision Group Activity Why does the Netherlands want the formation of a federation rather than a unitary state? Page 232 Chapter 4 (Indonesia from the Independence to the Reformation) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Mengapa Belanda menginginkan pembentukan sebuah negara federasi bukan kesatuan? Halaman 232 Bab 4 (Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang!

2. Diskusikanlah dengan temanmu!

  • Mengapa Belanda menginginkan pembentukan sebuah negara federasi bukan kesatuan?

Penyebab Belanda menginginkan pembentukan sebuah negara federasi bukan kesatuan adalah Agar Belanda dapat memecah belah semangat persatuan dari nasionalisme di Indonesia.

Belanda menginginkan pembentukan sebuah negara federasi bukan kesatuan yaitu agar mudah di adu domba.

Meskipun Indonesia sudah memproklamasikan kemerdekaannya, Belanda belum rela, oleh sebab itu, Belanda ingin tetap menguasai Indonesia dengan cara membuat negara-negara Boneka dalam bentuk Republik Indonesia Serikat, sehingga lebih mudah bagi Belanda untuk mengadu domba antar negara serikat tersebut.

Belanda juga tahu kalau Indonesia adalah sebuah negara yang terbentuk dari berbagai suku, agama, ras dan adat istiadat yang berbeda. Dengan terbentuknya negara federal ini otomatis warga Indonesia akan terlalu sibuk mengurus negara federalnya masing-masing. Kesibukan inilah yang nanti dimanfaatkan Belanda untuk memecah kesatuan Indonesia.

  • Manakah bentuk negara yang paling tepat bagi Indonesia bentuk federal atau bentuk negara kesatuan?

Bentuk negara yang paling tepat bagi Indonesia adalah bentuk negara kesatuan, hal ini dikarenakan melihat dari kondisi Indonesia yang merupakan negara kepulauan dan merupakan negara yang memiliki heterogenitas yang sangat tinggi, maka bentuk negara yang paling tepat adalah kesatuan. Dengan demikian, sistem pemerintahan akan dikontrol dari pusat dan diharapkan keadilan serta kesejahteraan dapat merata dan tidak menimbulkan kesenjangan pada tiap daerah.

3. Tuliskan hasil diskusi pada kolom yang disediakan

4. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas!

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Mengapa Belanda menginginkan pembentukan sebuah negara federasi bukan kesatuan? Halaman 232 Bab 4 (Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Mengapa Belanda menginginkan pembentukan sebuah negara federasi bukan kesatuan? Halaman 232 Bab 4 (Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

error: Content is protected !!