Mengapa bangsa Indonesia melakukan upaya mempertahankan kemerdekaan dengan cara diplomasi dan cara perjuangan fisik?

  • 2 min read
  • Jan 07, 2021

Questions and Answer Keys for Class 9 Social Sciences Curriculum 2013 Revised 2018 Why did the Indonesian people make efforts to maintain independence by means of diplomacy and physical struggle? Page 215 Chapter 4 (Indonesia from the Independence Period to the Reformation Period) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Mengapa bangsa Indonesia melakukan upaya mempertahankan kemerdekaan dengan cara diplomasi dan cara perjuangan fisik? Halaman 215 Bab 4 (Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Bentuklah kelompok dengan anggota 2-4 orang!

2. Diskusikanlah dengan temanmu!

  • Mengapa bangsa Indonesia melakukan upaya mempertahankan kemerdekaan dengan cara diplomasi dan cara perjuangan fisik?

Karena Melalui Diplomasi dan Perjuangan Fisik merupakan salah satu usaha yang sangat penting untuk mempertahankan kemerdekaan. Diplomasi indonesia juga sudah bangkit ketika indonesia mendengar bahwa beberapa penjajah kalah perang dengan tentara indo maupun luar Indonesia dan di situlah para pejuang diplomasi mengerahkan kekuatan nya dan tercapai diplomasi bangsa indonesia yang maju dan kuat dengan satu tekad merdeka.

3. Tuliskan hasil diskusi pada tabel di bawah ini!

Cara Perjuangan Alasan
Perjuangan Fisik Alasan bangsa indonesia melakukan upaya mempertahankan kemerdekaan dengan cara perjuangan fisik adalah karena para tokoh-tokoh Indonesia selalu gagal dalam  mencapai kesepakatan dengan cara diplomatis. Hal ini ditambah lagi pihak dari Belanda selalu melanggar perjanjian yang disepakati dengan cara menyerang Indonesia. Indonesia disini hanya bisa bertahan dan membalas kembali penyerangan yang dilakukan oleh Belanda dan Sekutu.

Bangsa Indonesia melakukan upaya mempertahankan kemerdekaan dengan cara perjuangan fisik dikarenakan perebutan kekuasaan menggunakan senjata, sehingga pergolakan dan perjuangan fisik tidak terelakkan lagi

Pada masa mempertahankan kemerdekaan, Rakyat Indonesia sangat menderita, perjuangan fisik yang tak pernah usai dan memakan banyak sekali korban, Ada beberapa pertempuran yang menggunakan senjata pada masa itu, yaitu pertempuran surabaya, Pertempuran Ambarawa, Pertempuran medan area, Pertempuran padang, dan pertempuran bandung lautan api, Pada saat itu diplomasi sangat sulit dilakukan, oleh sebab itu, pertempuran fisik sudah tidak dapat lagi dihindari.

Contoh Perjuangan Fisik adalah Peristiwa Medan Area

Diplomasi Alasan bangsa indonesia melakukan upaya mempertahankan kemerdekaan dengan cara diplomasi adalah karena Tokoh-tokoh Indonesia tidak menginginkan pertumpahan darah lebih banyak lagi dari warga Indonesia. Selain itu dengan diplomasi, Kemerdekaan Indonesia dapat diakui oleh dunia Internasional dan berharap dunia Internasional dapat membantu untuk membatalkan niat pasukan Belanda untuk menyerang Indonesia.

Contoh perjuangan diplomasi adalah Perjanjian Linggarjati

4. Presentasikan hasil diskusi di depan kelas!

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Mengapa bangsa Indonesia melakukan upaya mempertahankan kemerdekaan dengan cara diplomasi dan cara perjuangan fisik? Halaman 215 Bab 4 (Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Mengapa bangsa Indonesia melakukan upaya mempertahankan kemerdekaan dengan cara diplomasi dan cara perjuangan fisik? Halaman 215 Bab 4 (Indonesia dari Masa Kemerdekaan Hingga Masa Reformasi). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

error: Content is protected !!