Breaking News

Mengapa bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua?

Questions and Answer Key Grade 9 Social Sciences Curriculum 2013 Revised 2018 Competency Test 1 Why the lower part of the continental interior parts of the coastal population density compared continent Page 84 Chapter 1 (Interaction Between Asian Countries and Other Countries) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi 1 Mengapa bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua Halaman 84 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

B. Essay

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!

1. Mengapa bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua?

  • Karena lokasi dipedalalaman umumnya lebih susah terjangkau sehingga transportasi lebih sulit dan membuat mobilisasi orang dan barang menjadi sulit pula. Akibatnya perdagangan seulit berkembang, dan kota besar sebagai pusat ekonomi dan pemukiman sulit pula berkembang.
  • Bagian pedalaman benua biasanya beriklim kering dengan sedikit hujan sehingga sulit mendapatkan air. Hal ini ibarat di benua Australia dan Afrika yang belahan pedalaman merupakan gurun yang kering.
  • Bagian pedalaman pada umumnya terdiri atas pegunungan yang berbukit-bukit sehingga sulit dibentuk pemukiman.
  • Bagian pesisir merupakan tempat pelabuhan-pelabuhan besar tempat jalur perdagangan internasional sehingga banyak penduduk yang tinggal di sana alasannya fasilitas transportasi tersebut.
  • Banyak kota-kota besar dunia yang ada di pinggir pantai sehingga menjadi sentra industri dan jasa yang mendorong terjadinya urbanisasi ke daerah-daerah pesisir.
  • Daerah pesisir cenderung mempunyai curah hujan yang tinggi dan iklimnya yang sejuk sehingga banyak penduduk yang menentukan tinggal di sana.

2. Mengapa pantai barat Inggris lebih besar curah hujannya dibandingkan dengan bagian lainnya?

  • Wilayah barat Inggris berbatasan eksklusif dengan Samudera Atlantik yang luas sehingga apabila angin bergerak ke timur maka wilayah barat paling banyak mendapatkan uap air dari samudera Atlantik sehingga sering terjadi hujan di wilayah tersebut.
  • Faktor angin yang terdapat didaerah tersebut. Angin laut berhembus di dataran pantai barat  Inggris.
  • Garis lintang dan garis bujur.
  • Luas daratan di daerah tersebut sangatlah sempit. Ketimbang dengan daerah Inggris lainnya.

3. Mengapa Benua Australia memiliki banyak keunikan flora dan faunanya?

  • Letak Australia yang terpisah dari daratan lainnya sehingga Australia terisolir  sejak berjuta tahun sehingga memunculkan tanaman dan fauna khas yang berbeda dengan daratan lainnya di Bumi.
  • Iklim Australia yang khas dengan gurun yang luas menimbulkan sebagian tanaman dan fauna melaksanakan pembiasaan secara evolusi yang memunculkan cara hidup yang unik dari masing-masing tanaman dan fauna di Australia.
  • Wilayahnya yang luas dan tidak tereksplorasi oleh manusia terutama daerah gurun sehingga makhluk hidup dapat berkeliaran bebas

4. Jelaskanlah sebaran penduduk Asia dan faktor yang mempengaruhinya!

Penduduk Asia terbesar di dunia dengan jumlah penduduk tertinggi di 3 negara yaitu China, India dan Indonesia. Sebagian besar penduduk Asia hidup di tempat pesisir akrab dengan pantai dan pelabuhan. Selain itu juga terdapat penduduk yang hidup di tempat tengah yang ada di tempat yang subur alasannya sebagian besar penduduk Asia merupakan petani. Sedangkan belahan tengah Benua yang berupa gurun dengan iklim yang kering penduduknya cenderung sedikit alasannya daerahnya kurang subur.

Faktor-faktor yang mensugesti sebaran penduduk Asia :

  • Iklim : tempat yang banyak hujannya akan dihuni banyak penduduk dan tempat kering di belahan tengah Asia penduduknya sedikit.
  • Letak Geografis : Daerah akrab pantai lebih dipilih lebih untuk pemukiman penduduk dan menjadi kota pelabuhan utama ibarat : Jakarta, Singapura, Shanghai, Hong Kong dan lain-lain.
  • Kesuburan tanah : Daerah yang subur lebih disukai alasannya sebagian besar penduduk Asia merupakan petani.

5. Mengapa sejumlah negara maju di Eropa seperti Jerman memiliki angka kelahiran dan kematian yang rendah?

  • Penduduk di negara maju jarang sekali berkeluarga jadi tingkat kelahiran rendah. Juga di negara maju tingkat kesehatannya tinggi sama seperti tingkat pendidikannya.
  • Kemajuan bidang kesehatan yang meningkatkan angka impian hidup dan penggunaan alat kontrasepsi yang sanggup membatasi angka kelahiran penduduk.
  • Tingkat pendapatan yang tinggi memicu penduduk untuk terus mengejar karir pekerjaan sehingga melupakan kehidupan berkeluarga dan mempunyai anak.
  • Tingginya harga kebutuhan hidup sehingga mempunyai anak merupakan beban tersendiri bagi orang bau tanah sehingga jumlah anak menjadi sedikit.
  • Pola hidup sehat dari penduduk eropa dengan olahraga dan masakan yang sehat sanggup meningkatkan angka impian hidup.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi 1 Mengapa bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua Halaman 84 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi 1 Mengapa bagian pedalaman benua lebih rendah kepadatan penduduknya dibandingkan bagian pesisir benua Halaman 84 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!