Breaking News

Manfaat dari perkembangbiakan vegetatif buatan bagi kehidupan manusia

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revised 2018 The benefits of artificial vegetative reproduction for human life Page 62 Chapter 2 (Breeding Systems of Plants and Animals) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguaysik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Manfaat dari perkembangbiakan vegetatif buatan bagi kehidupan manusia Halaman 62 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo, Kita Cari Tahu

Kamu telah mempelajari berbagai macam cara perkembangbiakan vegetatif buatan. Coba cari tahu manfaat dari perkembangbiakan vegetatif buatan bagi kehidupan manusia! Kamu dapat bertanya kepada orang tuamu, petani atau kamu juga dapat mencari jawabannya di buku perpustakaan, majalah, koran, artikel atau internet!

  • Menghasilkan tanaman anakan yang sama persis dengan induknya

Tanaman anakan yang dihasilkan dari proses perkembangbiakan vegetatif ini adalah clone atau memiliki genetis yang sama persis dengan tanaman induknya. Akibatnya tanaman anakan akan memiliki sifat yang sama persis dengan tanaman induk, seperti ukuran dan warna buah yang sama.

Keseragaman sifat ini sangat menguntungkan untuk perkebunan besar karena dapat memproduksi buah atau bunga dari tanaman dengan kualitas yang sama dalam jumlah yang banyak.

  • Lebih cepat dibanding perkembangbiakan generatif

Perkembangbiakan vegetatif dapat dilakukan tanpa menunggu pertumbuhan bunga, penyerbukan bunga, tumbuhnya biji dan pembenihan. Petani hanya perlu memotong atau menyayat tanaman untuk melakukan pencangkokan atau mendapatkan sel untuk kultur jaringan. Sehingga metode ini jauh lebih cepat dan hemat waktu dibanding perkembangbiakan alami secara kawin (generatif).

  • Menghasilkan tanaman yang susah tumbuh dari benih

Beberapa tanaman seperti bunga anggrek susah tumbuh dari benih. Karena itu perkembangbiakan generatif pada tanaman jenis ini sangat jarang dan perlu usaha besar. Karena tidak memerlukan pembenihan, perkembangbiakan vegetatif seperti kultur jaringan adalah alternatif yang lebih mudah untuk pengembangbiakan tanaman dengan sifat ini.

  • Dapat mengendalikan kualitas yang dihasilkan

Dengan metode vegetatif kita bisa mengendalikan kualitas tanaman hasil, karena kita bisa menghindari pembuahan dari varietas yang tidak diinginkan dan hanya membuat varietas tertentu saja yang berkembang, misalnya mangga yang buahnya besar atau bunga yang harum

  • Lebih murah dibanding perkembangbiakan generatif

Karena lebih cepat dan tidak perlu menunggu tanaman untuk dewasa dan berbunga, maka perkembangan vegetatif lebih murah, baik dari segi biaya perawatan tanaman maupun gaji pekerja.

  • Hanya memerlukan satu induk tanaman

Karena perkembangbiakan vegetatif tidak memerlukan pembuahan maka hanya perlu satu tanaman saja sebagai induk. Dari bagian satu tanaman induk ini kemudian sudah bisa diambil bagian tubuhnya untuk dicangkok, diambil tunasnya atau dilakukan kultur jaringan untuk memperbanyak.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Manfaat dari perkembangbiakan vegetatif buatan bagi kehidupan manusia Halaman 62 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Manfaat dari perkembangbiakan vegetatif buatan bagi kehidupan manusia Halaman 62 Bab 2 (Sistem Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebuah foto berukuran 3 cm × 4 cm. Apabila foto diperbesar dan sisi yang paling panjang menjadi 9 cm, maka panjang sisi terpendek menjadi ….

[Kunci Jawaban] Sebuah foto berukuran 3 cm × 4 cm. Apabila foto diperbesar dan sisi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!