Breaking News

Makna yang terkandung dalam ayat tersebut adalah bahwa Allah Swt. yang sudah menciptakan segala sesuatu, dan Allah Swt. juga yang sudah menentukan

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 12 2013 Revision 2018 Curriculum Multiple Choice Evaluation The meaning contained in the verse is that Allah SWT. who has created all things, and Allah swt. also those who have determined Page 37-38 Chapter 2 (Believing in Qada ‘and Qadar Gives Birth to the Spirit of Work) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Evaluasi Pilihan Ganda Makna yang terkandung dalam ayat tersebut adalah bahwa Allah Swt. yang sudah menciptakan segala sesuatu, dan Allah Swt. juga yang sudah menentukan Halaman 37-38 Bab 2 (Meyakini Qada’ dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Evaluasi

I. Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap jawaban yang paling tepat!

1. Perhatikanlah Q.S. al-Furqan/25:2 di bawah ini!

Makna yang terkandung dalam ayat tersebut adalah bahwa Allah Swt. yang sudah menciptakan segala sesuatu, dan Allah Swt. juga yang sudah menentukan . . . .

A. ukuran-ukurannya

B. panjang pendeknya

C. posisi-posisinya

D. besar kecilnya

E. baik buruknya

Jawaban : A. ukuran-ukurannya

2. Akhlak yang diajarkan Agama Islam dalam memahami Qada’ dan Qadar adalah . . . .

A. setiap keburukan kesalahan manusia dan kebaikan adalah anugerahNya

B. berbuat baiklah, sebagaimana Anda ingin diperlakukan dengan baik

C. keteladanan merupakan kunci keberhasilan pergaulan sesama

D. sibukkanlah mencari kekurangan yang ada dalam diri

E. kesuksesan dunia menentukan kesuksesan akhirat

Jawaban : A. setiap keburukan kesalahan manusia dan kebaikan adalah anugerahNya

Penjelasan : Akhlak yang diajarkan agama islam dalam memahami qada dan qadar adalah  setiap keburukan kesalahan manusia dan kebaikan adalah anugrah-Nya . karena seorang muslim yang meyakini qodo dan qodar pasti menyadri tidak ada kebaikan dan keburukan yang menimpanya kecuali sudah ditakdirkan ALLAH kepadanya.

3. Pernyataan yang termasuk dalam contoh ketentuan dari takdir mubram adalah . . . .

A. hidup yang benar, beriman atau kafir, sukses atau gagal, sedih atau gembira

B. karier yang bagus, rumah tangga yang sejahtera, anak-anak yang salih

C. kaya dan miskin, cerdas dan bodoh, sehat dan sakit, sejahtera dan sengsara

D. saat kematian datang , kelahiran, jenis kelamin, siapa orang tua kita

E. harapan serta cita-cita, harta, jabatan, ilham, dan ilmu pengetahuan

Jawaban : D. saat kematian datang , kelahiran, jenis kelamin, siapa orang tua kita

Penjelasan : Takdir ada 2 macam:

  • Takdir muallaq adalah takdir yang bergantung pada ikhtiar seseorang atau usaha menurut kemampuan yang ada pada manusia.
  • Takdir mubbom adalah takdir yang pasti terjadi dan tidak dapat diubah oleh manusia lagi, seperti kelahiran, kematian, jenis kelamin, jodoh.

Takdir dengan doa ikhtiar dan tawakal sangatlah Berhubungan atau Saling terkait, maksudnya Allah sudah mentakdirkan sesuatu pada kita, namun kita tidak tahu takdir Allah pada kita itu apa, karena takdir termasuk rahasia Ilahi, untuk mengetahui takdir itu, kita harus berikhtiar dan berdo’a,  hasilnya kita serahkan pada Allah itu namanya tawakkal, dengan berikhtiar dan berdo’a dan mengetahui apa hasilnya itulah takdir Allah.

4. Tidak semua doa yang dipanjatkan dikabulkan oleh Allah Swt. Pernyataan dibawah ini kemungkinan belum dikabulkannya doa tersebut, kecuali . . .

A. saatnya belum tepat

B. sebagai tabungan di akhirat

C. ditangguhkan sampai di akhirat

D. tidak baik hasilnya

E. sebagai hukuman

Jawaban : E. sebagai hukuman

Penjelasan : Sebagaimana hal ini telah disampaikan dalam hadis riwayat Ahmad yang dishahihkan oleh Al-Hakim. Di mana Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang muslim memanjatkan satu doa yang tidak mengandung dosa dan pemutusan silaturahim kecuali Allah memberinya salah satu dari tiga perkara, doanya tersebut dikabulkan segera, disimpan untuknya di akhirat, atau dirinya akan dijauhkan dari keburukan yang senilai dengan permohonan yang dipintanya

5. Perhatikanlah pernyataan berikut ini!

  1. Penuh optimis dalam menjalani hidup
  2. Senantiasa berorientasi kepada prestise
  3. Tidak memiliki harga diri dalam bergaul
  4. Pandai memanfaatkan kesempatan dalam hidup
  5. Memiliki etos kerja yang tinggi dalam beraktivitas
  6. Tidak mudah putus asa bila menghadapi kegagalan

Pernyataan di atas yang tidak termasuk hikmah beriman kepada Qada’ dan Qadar adalah nomor . . . .

A. 1), 2) dan 4)

B. 2), 3) dan 5)

C. 2), 3) dan 4)

D. 1), 4) dan 6)

E. 1), 5) dan 6)

Jawaban : E. 1), 5) dan 6)

Penjelasan : Hal yang bukan termasuk dalam hikmah beriman kepada qadha dan qadar Allah adalah menambah pandai dalam segala hal. Sedangkan pilihan yang lain tergolong dalam hikmah yang di dapat oleh orang yang beriman kepada qadha dan qadar Allah.

Iman kepada qadha dan qadar Allah merupakan salah satu bagian dari rukun iman. Iman kepada qadha dan qadar Allah adalah rukun iman yang ke 6. Selain iman kepada qadha dan qadar Allah kita juga wajib beriman kepada Allah, malaikat, kitab-kitab Allah, rasul utusan Allah dan hari kiamat.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Evaluasi Pilihan Ganda Makna yang terkandung dalam ayat tersebut adalah bahwa Allah Swt. yang sudah menciptakan segala sesuatu, dan Allah Swt. juga yang sudah menentukan Halaman 37-38 Bab 2 (Meyakini Qada’ dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Evaluasi Pilihan Ganda Makna yang terkandung dalam ayat tersebut adalah bahwa Allah Swt. yang sudah menciptakan segala sesuatu, dan Allah Swt. juga yang sudah menentukan Halaman 37-38 Bab 2 (Meyakini Qada’ dan Qadar Melahirkan Semangat Bekerja). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!