Breaking News

Magnet berikut ini yang bekerja dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah

Questions and Answers for Natural Science Class 9 Curriculum 2013 Revision 2018 The following Magnetic Competency Test which works by utilizing the earth’s magnetic field is Pages 45-47 Chapter 6 (Magnetism and Its Utilization) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Magnet berikut ini yang bekerja dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah Halaman 45-47 Bab 6 (Kemagnetan dan Pemanfaatannya) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Uji Kompetensi

Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

1. Magnet berikut ini yang bekerja dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah . . . .

A. magnet U

B. magnet jarum

C. magnet batang

D. magnet ladam

Jawaban :

B. magnet jarum

Pembahasan :

Magnet yang memanfaatkan Medan magnet bumi adalah magnet jarum. Jadi jawabannya adalah D.

2. Perhatikan gambar berikut!

Jika sebuah magnet batang dipotong, maka keberadaan kutubnya . . . .

A. bagian b tidak memiliki kutub

B. bagian a memiliki kutub utara dan selatan

C. bagian a hanya akan memiliki kutub utara saja

D. bagian a dan b masing-masing hanya memiliki satu jenis kutub saja

Jawaban :

B. bagian a memiliki kutub utara dan selatan

Pembahasan :

Jika sebuah magnet batang dipotong, maka keberadaan kutubnya akan tetap sama pada ujung potongan magnet, dengan kutub utara dan selatan.

3. Perhatikan gambar berikut!

Jika sebuah paku dililiti oleh kawat yang dialiri arus listrik, maka peristiwa yang akan terjadi pada paku adalah . . . .

A. paku akan meleleh

B. paku dapat menjadi magnet

C. paku mampu mengalirkan listrik

D. paku tidak mengalami reaksi apapun

Jawaban :

B. paku dapat menjadi magnet

Pembahasan :

Jika sebuah paku diliti oleh kawat yg dialiri arus listrik, maka yg akan terjadi pada paku adalah pake menjadi elektromagnetik.

Jika sebuah paku dililiti oleh kawat yang dialiri arus listrik, maka yang akan terjadi pada paku akan menjadi magnet. Proses ini disebut juga dengan pembuatan magnet secara elektromagnetik. Berikut ini merupakan penjelasannya.

4. Di kotak ada campuran serbuk besi dan pasir. Cara yang paling mudah untuk memisahkan serbuk besi dari pasir adalah . . . .

A. menggunakan magnet

B. menggunakan kaca pembesar

C. memanaskan campuran tersebut

D. menuangkan air pada campuran tersebut

Jawaban :

A. menggunakan magnet

Pembahasan :

Di kotak ada campuran serbuk besi dan pasir. Cara yang paling mudah untuk memisahkan serbuk besi dan pasir adalah … dengan menggunakan magnet untuk menarik serbuk besi.

Hal ini karena besi adalah benda yang bersifat ferromagnetik (dapat ditarik oleh magnet dan menjadi magnet), sementara pasir bersifat diamagnetik (tidak dapat ditarik oleh magnet)

5. Hewan-hewan berikut yang memanfaatkan kemagnetan bumi untuk melakukan navigasi adalah . . . .

A. gurita

B. kepiting

C. ikan tuna

D. lobster duri

Jawaban :

D. lobster duri

Pembahasan :

Hewan yang memanfaatkan kemagnetan bumi untuk melakukan navigasi adalah lobster duri (d).

Hewan yang memanfaatkan medan maget bumi

  • Bangsa burung (aves) merupakan kelompok hewan yang rutin melakukan migrasi musiman. Pola yang paling umum adalah terbang ke utara untuk berkembang biak pada musim panas Arktik dan terbang kembali ke selatan ketika udara sedang mengalami musim dingin. Contohnya burung elang dan burung layanglayang, melakukan migrasi pada tiap musim tertentu, serta buung merpati yang sering digunakan untuk mengantar surat pada zaman dahulu.
  • Ikan Salmon memiliki kemampuan kembali ke aliran sungai air tawar tempat awal mereka menetas dan tumbuh setelah berenang ribuan mil mengarungi lautan.
  • Penyu, yang bermigrasi sendiri tanpa mengikuti penyu lain. Pergerakan penyu dalam mengikuti jalur medan magnet bertujuan untuk menjaga penyu agar tetap berada di lautan yang hangat dan wilayah yang kaya akan sumber makanan.
  • Lobster Duri, mampu merasakan medan magnet bumi untuk memandu migrasi yang dilakukannya.
  • Paus, memanfaatkan medan magnet untuk bermigrasi. Paus bergerak dan menentukan arah dengan memanfaatkan sonar. Paus menghasilkan gelombang suara infrasonik yang dipantulkan untuk mengetahui lokasi dan letak predator ataupun mangsa.
  • Bakteri, mampu melakukan navigasi dan bermigrasi dengan memanfaatkan medan magnet. Beberapa jenis bakteri ini memiliki flagela yang berfungsi sebagai pendorong.

6. Magnet yang kuat akan memisahkan campuran antara . . . .

A. emas dan perak

B. emas dan bismut

C. besi dan aluminium

D. tembaga dan bismut

Jawaban :

C. besi dan aluminium

Pembahasan :

Besi dan alumunium. Karena besi masuk pada kategori benda ferromagnetik, yaitu benda yang ditarik kuat oleh magnet. Sedangkan alumunium termasuk kedalam kategori benda paramagnetik, yaitu benda yang ditarik lemah oleh magnet.

7. Perhatikan gambar berikut!

Dari keempat gambar tersebut yang menunjukkan jika dua magnet didekatkan akan tolak-menolak adalah gambar . . . .

A. 1 dan 3

B. 2 dan 3

C. 1 dan 4

D. 1, 2, 3, dan 4

Jawaban :

C. 1 dan 4

Pembahasan :

Dari keempat gambar tersebut yg menunjukkan jika dua magnet didekatkan akan tolak menolak adalah gambar 1 dan 4.

Salah satu sifat magnet ialah kutub yang sejenis akan saling tolak menolak jika didekatkan dan kutub yang tidak sejenis akan saling tarik menarik apabila didekatkan.

8. Seorang siswa melakukan investigasi untuk menguji kekuatan magnet. Siswa tersebut memiliki beberapa magnet dengan ukuran, bentuk, dan massa yang berbeda. Dia menggunakan magnet untuk mengangkat klip logam. Cara mengukur kekuatan magnet melalui investigasi yang benar adalah dengan menghitung . . . .

A. massa magnet yang mengangkat klip logam

B. ukuran magnet yang mengangkat klip logam

C. jumlah klip logam yang diangkat oleh magnet

D. klip logam yang tetap menempel pada magnet

Jawaban :

B. ukuran magnet yang mengangkat klip logam

Pembahasan :

Salah satu rumus yag menyatakan kuat medan magnet (B) adalah

Yang menyatakan kuat medan magnet kawat lurus panjang, dimana

B = kuat medan magnetik (T)

a = jarak titik dari kawat (m)

i = kuat arus listrik (A)

μo = konstanta (4π x 10−7 )

Dari rumus tersebut, dapat dilihat bahwa massa dan ukuran magnet tidak mempengaruhi kekuatan magnet. Sebaliknya, secara kasat mata, kita dapat menilai kekuatan magnet berdasarkan kemampuan magnet untuk melawan gaya berat suatu benda (menarik benda yang sedang diam).

Maka, untuk menilai kekuatan magnet yang benar adalah dengan menghitung jumlah klip yang diangkat logam magnet ; karena semakin banyak klip yang diangkat, semakin besar gaya berat yang dilawan, sehingga membuktikan semakin besar pula kekuatan magnet.

9. Peralatan berikut yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik adalah . . . .

A. kipas angin

B. jam tangan

C. lampu listrik

D. kompor listrik

Jawaban :

A. kipas angin

Pembahasan :

Dari semua pilihan, hanya kipas angin yang memanfaatkan motor listrik untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak.

Peralatan berikut yang memanfaatkan prinsip elektromagnetik adalah kipas angin. Pilihan A.

10. Perhatikan gambar berikut ini!

Arah gerak jarum galvanometer dipengaruhi oleh . . . .

A. jumlah lilitan

B. besar medan magnet

C. kecepatan gerak magnet

D. kutub magnet yang dimasukkan

Jawaban :

D. kutub magnet yang dimasukkan

Pembahasan :

Arah gerak jarum galvanometer dipengaruhi oleh B. Kutub magnet yang di masukkan

Alasannya : sebab pada ujung kumparan terdapat arus listrik. Karena didekatkan dengan kutub magnet, kumparan akan mengalami beda potensial yang diistilahkan dengan gaya gerak listrik induksi elektromagnetik

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Magnet berikut ini yang bekerja dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah Halaman 45-47 Bab 6 (Kemagnetan dan Pemanfaatannya)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Uji Kompetensi Magnet berikut ini yang bekerja dengan memanfaatkan medan magnet bumi adalah Halaman 45-47 Bab 6 (Kemagnetan dan Pemanfaatannya). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

Informasi Lengkap Seputar Pelaksanaan UTBK-SNBT 2023 (Jadwal, Info Pendaftaran, dan Persyaratan SNBT 2023)

Informasi lengkap seputar pelaksanaan UTBK-SNBT 2023 Informasi lengkap seputar pelaksanaan UTBK-SNBT 2023, mulai dari jadwal, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!