Breaking News

Macam Macam Kebutuhan Manusia dan Alat Pemenuhannya

Questions and Answer Keys for Class 7 Social Sciences Curriculum 2013 Revised 2016 Kinds of Human Needs and Tools for Fulfillment Page 137 Chapter 3 (Human Activities in Meeting Needs) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Macam Macam Kebutuhan Manusia dan Alat Pemenuhannya Halaman 137 Bab 3 (Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Bentuk kelompok kecil dengan anggota antara 4-5 orang per kelompok!

2. Masing-masing anggota kelompok memiliki nomor sesuai urutan dari nomor 1 sampai dengan 4 atau 5.

3. Masing-masing anggota yang bernomor sama berkumpul dalam satu kelompok diskusi.

Materi diskusi: masing-masing kelompok nomor berdiskusi tentang:

  • Nomor 1: macam-macam kebutuhan menurut tingkatan dan subyeknya.
  • Nomor 2: macam-macam kebutuhan menurut waktu dan sifat.
  • Nomor 3: macam-macam alat pemenuhan kebutuhan menurut tujuan dan hubungannya dengan barang lain.
  • Nomor 4: macam-macam alat pemenuhan kebutuhan menurut wujud dan kelangkaannya.
  • Nomor 5: macam-macam alat pemenuhan kebutuhan menurut proses terjadinya.

5. Masing-masing kembali pada kelompok asal untuk kemudian berbagi informasi yang telah didapatkan.

6. Laporkan hasil diskusi dalam lembar kertas lain dan presentasikan hasil diskusi dihadapan kelompok lain untuk ditanggapi.

Nomor 1 : macam-macam kebutuhan menurut tingkatan dan subyeknya.

Macam-Macam Kebutuhan Menurut Tingkatan

Berdasarkan tingkat intensitas penggunaannya, kebutuhan digolongkan menjadi 3, yaitu kebutuhan primer, kebutuhan sekunder, dan kebutuhan tersier.

a. Kebutuhan Primer

Kebutuhan primer yaitu kebutuhan yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup manusia. Biasanya, kebutuhan primer juga disebut sebagai kebutuhan alamiah. Seperti yang kita ketahui, kebutuhan primer juga dikenal sebagai kebutuhan sandang, pangan, dan papan.Contoh :

  • Pakaian
  • Makanan
  • Minuman
  • Tempat tinggal

b. Kebutuhan Sekunder

Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang berfungsi untuk meningkatkan kenyamanan hidup manusia. Oleh sebab itu, kebutuhan sekunder sering juga disebut kebutuhan pelengkap.Contoh :

  • Meja
  • Kursi
  • Kipas angin
  • Setrika
  • Sepeda

c. Kebutuhan Tersier

Kebutuhan tersier yaitu kebutuhan yang dipenuhi setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kebutuhan tersier biasanya dimiliki oleh seseorang untuk meningkatkan status sosialnya. Oleh sebab itu, kebutuhan tersier disebut pula dengan kebutuhan mewah.Contoh :

  • Perhiasan
  • Mobil
  • Helikopter
  • Jet pribadi

Macam-Macam Kebutuhan Menurut Subjeknya

Menurut subjek yang membutuhkannya, kebutuhan digolongkan menjadi 2, yaitu kebutuhan individu dan kebutuhan umum.

a. Kebutuhan Individu

Kebutuhan individu yaitu kebutuhan yang dimiliki oleh masing-masing individu. Sifat dari kebutuhan ini adalah berbeda-beda bagi masing-masing orang.Contoh:

  • Petani membutuhkan cangkul untuk bekerja di sawah
  • Dokter memerlukan stetoskop untuk mendiagnosa pasien
  • Arsitek membutuhkan penggaris untuk membuat sketsa
  • Guru membutuhkan buku untuk mengajar
  • Nahkoda membutuhkan kompas untuk berlayar

b. Kebutuhan Umum

Kebutuhan umum yaitu kebutuhan yang dimiliki oleh semua individu secara umum. Sifat dari kebutuhan ini adalah sama bagi bagi masing-masing orang. Kebutuhan umum berhubungan dengan penggunaan alat pemuas kebutuhan yang diperlukan oleh banyak orang.Contoh :

  • Rumah sakit dibutuhkan oleh para pasien
  • Jembatan penyeberangan dibutuhkan oleh para pejalan kaki yang hendak menyeberang
  • Kereta api dibutuhkan oleh para penumpang yang hendak bepergian

Dari penggolongan kebutuhan menurut tingkatan intensitas dan juga waktu pemenuhan di atas, maka manusia dapat lebih mudah menyusun skala prioritas. Sehingga, manusia tidak hanya mampu membedakan mana yang tergolong kebutuhan dan keinginan, tapi juga urgensi dari suatu kebutuhan. Hal ini yang akan membantu manusia dalam mengendalikan tingkat konsumsi atas alat pemuas kebutuhan, agar terhindar dari perilaku konsumtif.

Nomor 2 : macam-macam kebutuhan menurut waktu dan sifat.

Kebutuhan Menurut Waktu Pemenuhannya

Kebutuhan menurut waktu pemenuhan dapat dikelompokkan menjadi 4 diantaranya:

1. Kebutuhan Sekarang dan Contoh

Pengertian kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang pada saat ini juga harus di penuhi atau didahulukan. contohnya adalah minum, makan dan kesehatan.

Kebutuhan sekarang berpengaruh terhadap kelangsungan hidup sesorang, karena barang yang diperlukan bersifat rutin dan sebagian besar adalah barang kebutuhan pokok.

Kebutuhan ini juga dianggap sebagai kebutuhan mendesak. Contohnya adalah seseorang membutuhkan payung saat hujan, dan minum obat saat sakit.

2. Kebutuhan Masa Depan dan Contoh

Pengertian kebutuhan masa depan adalah kebutuhan yang pemenuhannya sudah dipersiapkan sebelumnya jauh-jauh hari. Contohnya adalah pendidikan anak dan kebutuhan untuk memiliki rumah pribadi.

3. Kebutuhan Yang Tidak Tentu Waktunya dan Contoh

Kebutuhan yang waktunya tidak terduga kebutuhan ini sifatnya tiba-tiba atau insidentil kadang-kadang terjadi. Contohnya adalah bantuan kepada saudara yang sedang terkena musibah/kecelakaan.

4. Kebutuhan Sepanjang Waktu dan Contoh

Kebutuhan ini biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama apa saja. Contohnya belajar dan menuntut ilmu adalah kebutuhan pokok bagi manusia sepanjang hidupnya.

Kebutuhan Menurut Bentuk dan Sifatnya

Kebutuhan menurut bentuk dan sifatnya bisa dikelompokkan menjadi kebutuhan jasmani (badan) dan kebutuhan rohani (batin):

1. Kebutuhan Jasmani dan Contoh

Kebutuhan jasmani adalah kebutuhan yang diperlukan untuk keperluan jasmani seseorang.Kebutuhan ini contohnya adalah tempat berlindung, makanan sehat, olahraga, pakaian bersih dan lainnya.

2. Kebutuhan Rohani dan Contoh

Kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang sifatnya memperoleh kepuasan rohani.Kebutuhan ini tidak tampak secara nyata. Hanya orang yang bersangkutan yang merasakan secara langsung. Jika kebutuhan ini terpenuhi manusia merasa secara batiniah terpuaskan kebutuhannya dan ia akan merasa bangga, bahagia, senang dan juga perasaaan gembira. Contohnya ialah mendapatkan kasih sayang, hiburan, rekreasi, menjalankan ibadah, dan lain-lain.

Nomor 3: Macam-macam alat pemenuhan kebutuhan menurut tujuan dan hubungannya dengan barang lain.

Kegunaan alat pemuas kebutuhan dapat dijabarkan sebagai berikut.

  • Guna dasar. Guna dasar yaitu kegunaan yang mendasar dari suatu benda sebelum mengalami perubahan. Contohnya, pohon karet harus disadap dahulu untuk memperoleh getahnya.
  • Guna bentuk . Guna bentuk merupakan kegunaan suatu benda karena dilakukan perubahan bentuknya. Misalnya, kedelai sebelum diolah menjadi tempe dan tanah liat sebelum diolah menjadi batu bata.
  • Guna tempat. Guna tempat ialah bertambahnya kegunaan suatu benda karena terjadi perubahan tempat. Contohnya, garam di pantai akan bermanfaat jika dijual ke masyarakat untuk bumbu masakan.
  • Guna waktu. Guna waktu yaitu meningkatnya kegunaan suatu benda karena digunakan pada waktu yang berbeda. Misalnya, jas hujan akan lebih berguna jika dipakai pada saat hujan.
  • Guna pelayanan. Guna pelayanan adalah bertambahnya kegunaan barang atau jasa yang disebabkan karena adanya pelayanan dari suatu pihak. Contohnya, seseorang akan mendapatkan pelayanan yang lebih memuaskan ketika ia naik taksi daripada naik bus umum.
  • Guna milik. Guna milik adalah bertambahnya faedah suatu benda karena dimiliki oleh orang yang sesuai. Misalnya, jaring akan lebih berguna bila dimiliki oleh nelayan daripada dimiliki oleh guru.

Jenis kebutuhan manusia

Alat pemuas kebutuhan disebut juga benda pemenuh kebutuhan. Benda pemenuh kebutuhan dibagi menjadi dua yaitu:

  • Benda pemenuh kebutuhan yang berupa barang

Benda pemenuh kebutuhan yang berupa barang ialah semua jenis barang berwujud yang dapat dilihat secara kasat mata. Benda-benda tersebut memiliki tekstur sehingga dapat dirasakan keberadaannya. Misalnya, tempat tidur, kursi, makanan, minuman, kendaraan, dan lain sebagainya.

  • Benda pemenuh kebutuhan yang berupa jasa

Benda pemenuh kebutuhan yang berupa jasa ialah semua barang yang tidak berwujud dan tidak kasat mata tetapi dapat dirasakan manfaatnya. Contohnya, jasa servis sepeda motor, jasa laundry, jasa pengiriman barang, guru, dokter, dan lain-lain.

Macam kebutuhan menurut tujuan penggunaannya

Menurut tujuan penggunaannya, alat pemuas kebutuhan dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

  • Barang konsumsi

Barang konsumsi adalah barang yang siap digunakan. Artinya, barang tersebut dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia tanpa harus diproses terlebih dahulu. Contoh barang konsumsi antara lain pakaian, buah-buahan, sepeda motor, sepeda, selimut, dan lain sebagainya.

  • Barang produksi

Barang produksi adalah barang yang tidak dapat digunakan secara langsung dan harus melalui proses produksi terlebih dahulu. Barang produksi merupakan barang yang digunakan untuk menghasilkan barang lain dalam proses produksi.

Barang produksi juga biasa disebut dengan barang modal. Contoh barang produksi yaitu kapas untuk bahan baku kain, tepung beras untuk bahan baku aneka kue, karet untuk bahan baku ban, kayu untuk bahan baku mebel, dan lain-lain.

Macam kebutuhan menurut hubungannya dengan barang lain

Menurut hubungannya dengan barang lain, alat pemuas kebutuhan dibagi menjadi dua.

  • Barang komplementer

Komplementer artinya bersifat saling melengkapi. Barang komplementer adalah suatu barang akan dapat diambil manfaatnya jika digunakan bersamaan dengan barang yang lain. Jadi, fungsi dua barang tersebut sifatnya saling melengkapi saat digunakan.

Contoh barang komplementer adalah gas elpiji dan kompor gas, meja dan kursi, bolpoin dan kertas, kaos kaki dan sepatu, kemeja dan celana panjang, truk dan solar, bantal dan guling,motor bisa digunakan apabila sudah diisi bensin. Bensin disini sebagai barang komplementer yang fungsi melengkapi motor sebagai bahan bakar motor.

  • Barang substitusi

Substitusi artinya pengganti. Dalam istilah ekonomi, barang substitusi berarti barang yang fungsinya dapat menggantikan barang lain. Jadi, pada dasarnya kedua barang tersebut memiliki fungsi yang sama. Contoh barang ini antara lain, nasi bisa diganti fungsinya dengan singkong, dan gula merah bisa digantikan dengan gula putih.

Contoh barang substitusi antara lain:

  • AC dan kipas angin

AC dan kipas angin memiliki fungsi yang sama untuk menyejukkan ruangan. Jika tidak ada AC, maka kipas angin dapat digunakan. Hal ini juga berlaku sebaliknya.

  • Laptop dan komputer

Laptop dan komputer mempunyai fungsi yang sama yaitu sebagai barang elektronik yang dapat digunakan untuk menyimpan data atau mencetak dokumen. Jika komputer tidak ada, maka fungsinya dapat digantikan dengan laptop.

  • Sepatu dan sandal

Sepatu dan sandal sama-sama berfungsi sebagai alas kaki. Apabila sepatu tidak ada dapat digantikan dengan sandal.

  • Pertalite dan bensin

Pertalite dan bensin merupakan bahan bakar kendaraan bermotor. Fungsi kedua benda ini dapat menggantikan satu sama lain.

  • Piring dan mangkok

Piring dan mangkok merupakan wadah makanan. Jika piring tidak ada, maka dapat diganti dengan piring.

Nomor 4: macam-macam alat pemenuhan kebutuhan menurut wujud dan kelangkaannya.

a. Alat pemuas kebutuhan yang berupa barang ialah segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan manusia yang sifatnya berwujud dapat dilihat dan diraba.

b. Alat pemuas kebutuhan yang berupa jasa ialah segala sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan manusia yang sifatnya tidak berwujud tetapi fungsinya dapat dirasakan dan dinikmati. 

c. Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Wujudnya

  • Barang Konkrit
    Barang konkrit, yaitu alat pemuas kebutuhan manusia yang dapat dilihat, diraba maupun dirasakan. Contohnya seperti makanan, pakaian, rumah, mobil, tas, dan lain sebagainya.
  • Barang Abstrak
    Barang abstrak, yaitu alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak dapat dilihat maupun diraba namun bisa dirasakan. Contohnya seperti jasa supir taksi, jasa guru, jasa dokter, jasa petani, dan lain sebagainya.

d. Alat Pemenuhan Kebutuhan Menurut Kelangkaannya atau Cara Memperolehnya

Menurut kelangkaanya atau cara memperolehnya alat pemuas kebutuhan dibedakan atas barang ekonomis dan barang bebas.

  1. Barang Ekonomis

Barang ekonomis adalah semua barang yang keberadaanya terbatas sehingga untuk memperolehnya perlu pengorbanan baik materiil maupun fisik. Contoh barang ekonomis,antara lain sepatu dan air minum.

  1. Barang bebas

Barang bebas adalah barang yang jumlahnya banyak sehingga untuk memperolehnya tidak  perlu pengorbanan. Misalnya sinar matahari, udara dan air.

Nomor 5 : macam-macam alat pemenuhan kebutuhan menurut proses terjadinya.

Alat Pemuas Kebutuhan Manusia Menurut Proses Pembuatannya

  • Barang Mentah

Barang mentah merupakan barang baku yang belum melalui proses pengolahan.

Contohnya : Kapas, padi, rotan, tembakau, dan sebagainya.

  • Barang Setengah Jadi

Barang setengah jadi merupakan barang yang sudah melalui proses pengolahan tetapi  belum dapat digunakan karena prosesnya belum selesai.

Contohnya : Kopra dari kelapa untuk digunakan membuat minyak goreng, benang dari kapas untuk digunakn membuat kain, dan sebagainya.

  • Barang Jadi

Barang jadi merupakan barang yang sudah melalui proses pengolahan dan siap dipakai untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Contohnya : Pakaian, lemari, tas, televisi, dan sebagainya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Macam Macam Kebutuhan Manusia dan Alat Pemenuhannya Halaman 137 Bab 3 (Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Macam Macam Kebutuhan Manusia dan Alat Pemenuhannya Halaman 137 Bab 3 (Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!