Breaking News

Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia

Questions and Keys to Social Sciences Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Group Activity Background of Western Nations’ Arrival to Indonesia Page 196-197 Chapter 4 (Changes in Indonesian Society During the Colonial Period and the Growth of the National Spirit) ~ Assalamualikum Semuanya, Kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Kelompok Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia Halaman 196-197 Bab 4 (Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, Kita Langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3–4 orang.

2. Carilah referensi tentang latar belakang kedatangan bangsa Barat ke Indonesia menggunakan ensiklopedia, buku di perpustakan, atau internet.

3. Dengan menggunakan berbagai sumber, jawablah pertanyaan di bawah ini.

4. Daya tarik apa saja yang mendorong kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia?

5. Faktor pendorong apa saja yang menyebabkan bangsa-bangsa Barat datang ke Indonesia?

6. Tuliskan hasil diskusimu pada tabel berikut!

No. Daya Tarik Indonesia Faktor Pendorong
1. Kekayaan Alam Indonesia yang Melimpah

Indonesia dengan daerahnya yang luas memunyai kekayaan alam yang melimpah ruah. Salah satunya, bangsa Barat mengenal Indonesia dari komoditas perdagangan berupa rempah-rempah. Rempah-rempah digunakan untuk mengawetkan makanan, bumbu masakan, dan bahan obat-obatan. Perbedaan kondisi alam antara Indonesia dengan negara Barat, membuat bang Barat banyak yang mengincar rempah-rempah di Indonesia. Musim penghujan dan kemarau yang ada di Indonesia membuat Indonesia kaya akan rempah-rempah dibandingkan negara Barat.

Keinginan untuk Berdagang

Setiap pedagang pastilah ingin meraup keuntungan yang besar dari barang atau produk yang ia jual. Maka dari itu pedagang tersebut harus langsung mengambil dari produsen yang memproduksi barang hasil produksi. Begitu juga yang dilakukan oleh bangsa Barat. Mereka ingin meraup keuntungan yang besar yaitu dengan mendatangi langsung produsennya yaitu Indonesia. Bangsa Barat ingin menguasai pasar dunia yaitu dengan membeli hasil bumi Indonesia berupa rempah-rempah.

2. Sumberdaya Manusia yang Melimpah dan Belum Mendapatkan Pengaruh

Bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku yang tersebar di ribuan pulau di Indonesia membuat bangsa Barat datang di Indonesia. Selain itu bangsa Indonesia yang ketika itu dengan sepenuh tenaga mempertahankan tradisi cenderung belum mendapat pengaruh darimanapun. Hall tersebut yang dimanfaatkan bangsa Barat untuk kepentingan mereka dan menyebarkan pengaruh yang dibawa oleh bangsa Barat yang selanjutnya dengan 3G

Motivasi 3G (Gold, Glory, dan Gospel)

Penjelajahan samudera yang dilakukan bangsa Barat dimotivasi oleh semboyan 3G yaitu singkatan dari Gold, Glory, dan Gospel. Gold yang artinya adalah emas, memunyai makna bahwa bangsa barat harus mencari kekayaan untuk mencari kekayaan, khusunya untuk dibawa pulang ke negaranya. Glory yang berarti kejayaan, memunyai makna bahwa kejayaan bangsa Barat harus ditegakkan di daerah-daerah yang mereka singgahi. Gospel bermakna keinginan bangsa Barat untuk menyebarkan agama Nasrani.

3. Indonesia Menjadi Pusat Perdagangan

Pusat perdagangan dunia salah satunya adalah Indonesia. Penyebabnya Indonesia menjadi pusat perdagangan, salah satunya berhubungan dengan kekayaan alam Indonesia yaitu rempah-rempah. Rempah-rempah menjadi barang dagang yang menjajikan dan paling dicari oleh negara-negara di belahan dunia manapun. Selain itu, letak Indonesia yang menjadi jalur perdagangan dunia karena letaknya yang di kelilingi benua besar yaitu Asia dan Australia(Oceania).

Revolusi Industri

Apakah yang rimaksud revolusi industri? Revolusi industri adalah pergantian secara menyeluruh dalam cara memproduksi barang yang sebelumnya menggunakan tenaga manusia dan hewan, selanjutnya digantikan tenaga mesin. Revolusi industri yang mempermudah bangsa Barat dalam hal transportasi, kondisi politik, dan keamanan. Revolusi tersebut yang membukakan jalan untuk ke Indonesia karena bangsa Barat membutuhkan bahan baku yang lebih banyak, dan bahan baku yang dicari tersebut melimpah ruah di Indonesia.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Kelompok Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia Halaman 196-197 Bab 4 (Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Aktivitas Kelompok Latar Belakang Kedatangan Bangsa Barat ke Indonesia Halaman 196-197 Bab 4 (Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!