Langkah Strategis Untuk Belajar UTBK

  • 7 min read
  • Sep 16, 2021

Langkah Strategis Untuk Belajar UTBK

  1. Coba kerjain soal UTBK tahun lalu

Kenapa langkah pertama langsung ngerjain soal? Simply for testing the waters! Maksudnya supaya lo tau dulu tingkat kesulitan soal-soal UTBK itu kayak gimana dan lo juga jadi bisa kira-kira udah sejauh mana kesiapan (atau ketidaksiapan) lo sampai dengan saat ini.

Terus, gimana cara dapetin soal UTBK tahun lalu? Well, di zenius.net kita udah sedian kumpulan soal UTBK atau SBMPTN dari tahun-tahun lalu buat Tes Potensi Skolastik (TPS). Di UTBK 2021, peserta yang mendaftar di jurusan Soshum mengerjakan TPS dan TKA Soshum. Untuk yang ambil saintek akan bertemu TPS dan TKA Saintek. Sedangkan untuk yang jurusan campuran akan bertemu TPS serta TKA Soshum dan Saintek.

Saat ini, panitia belum mengumumkan mekanisme teknis UTBK 2022. Jadi kita pakai peraturan dan mekanisme teknis UTBK 2021 dulu ya. Kalau peraturan ini ga berubah, berarti kalian juga akan mengikuti peraturan serupa di UTBK 2022.

Maksudnya bagaimana? Misalkan nih lo anak IPS dan pas daftar UTBK dan SBMPTN 2022 lo ambil teknik lingkungan dan pertanian. Karena semua pilihan jurusan lo ada di rumpun saintek, lo akan hanya akan mengikuti ujian saintek saja. Berbeda halnya kalau lo daftarnya di jurusan teknik lingkungan sama ilmu hukum, kalau keadaannya gitu lo akan ketemu sama ujian campuran.

Materi Ujian TPS UTBK 2021

Sebenarnya gak ada perubahan sih soal materi ujiannya sama UTBK 2020, buat yang udah belajar dari awal, harusnya lo udah akrab sama materi-materi berikut ini:

  • Penalaran umum
  • Pengetahuan kuantitatif
  • Pengetahuan dan Pemahaman Umum
  • Pemahaman Bacaan dan Menulis

Materi Ujian TKA Soshum UTBK 2021

  • Geografi
  • Sejarah
  • Ekonomi
  • Sosiologi

Materi Ujian TKA Saintek UTBK 2021

  • Matematika
  • Fisika
  • Kimia
  • Biologi

Untuk peserta TPS dan TKA Soshum/Saintek, ada alokasi waktu sebanyak 195 menit sedangkan untuk yang mengikuti ujian TPS dan TKA Campuran, waktu yang dialokasikan adalah sebanyak 285 menit.

Soal-soal yang ada di bawah ini bisa lo download secara GRATIS ya di tautan ini. Gua saranin lo cobain aja ngerjain masing-masing 1 paket (satu tahun) soal UTBK, misalnya kumpulan soal TPS UTBK tahun 2012 atau TPS UTBK tahun 2013. Setelah selesai ngerjain tiap latihan soal, bakal ada pembahasan untuk masing-masing soal.

  1. Evaluasi kesiapan

Setelah lo coba ngerjain satu set kumpulan soal TPS UTBK, pastinya lo udah bisa kebayang kira-kira soal semacam apa sih yang akan lo hadapi. Gua harap sih, di tahap ini lo bisa langsung kepikiran :

“Ternyata tingkat kesulitan soal-soal TPS UTBK tuh sesusah ini yah, gua bener-bener gak nyangka. Untung gua tau duluan dari sekarang”

atau mungkin

“Ternyata tingkat kesulitan soal-soal TPS UTBK segini doank?? Yaelah gua kira sesusah apaan. Kayak gini sih gua yakin tembus masuk universitas mana pun!”

Nah, buat lo yang udah kepedean duluan, ati-ati aja yah.. soalnya sering banget siswa udah kepedean duluan, terus ternyata setelah dibahas jawaban yang bener baru deh lo nyadar kalo soal UTBK itu buanyak banget jebakannya. That’s why gua rancang langkah berikutnya yang musti lo ambil di step 2 ini adalah evaluasi jawaban dari testing the water yang udah lo lakukan di step 1.

  1. Elaborasi bahan materi review

Setelah lo udah nyobain ngerjain TPS UTBK tahun lalu dan evaluasi kesiapan/ketidaksiapan lo, langkah selanjutnya adalah mengelaborasi seluruh bahan materi yang perlu lo pelajari. Artinya, lo coba kupas tuntas sebenernya bahan materi TPS  itu sebanyak apa sih? Apa betul bahan materi TPS itu pada dasarnya ada pola gambar dan seluruh materi yang biasa muncul di TPS? Buset banyak donk! Atau jangan-jangan ada beberapa bahan yang dikurangi?

Naah.. buat lo yang udah biasa akses dan belajar pake zenius, lo beruntung buanget karena kita disini udah memuat seluruh materi yang bener-bener perlu lo pelajari buat bener-bener fokus tembus SBMPTN. Lo bisa coba pahamin materi TPS UTBK di link ini.

Okeei.. sekarang coba deh lo intip dari link yang gua kasih di atas. Lo dalemin bener-bener deh semua konsep dan dasar teori setiap materi. Eh tapi jangan dikira karena cuma beberapa link video doang jadi kesannya cuman dikit yaah, video turunan dari link yang gua kasih di atas tuh buanyak bangeett Dude! Kalo lo mau, coba kupas satu per satu link video materi yang gua share di atas, bisa-bisa lo ngabisin video sebanyak itu bisa sampe berbulan-bulan lhoo ! Hehehe..

  1. Buat jadwal review materi

Langkah berikutnya setelah lo ngejabarin semua bahan materi yang perlu lo ubek-ubek adalah : BUAT JADWAL BELAJAR !

“Tapi Kak, gua kalo belajar dijadwal-jadwal gitu malah gak belajar.”

Yaaa.. gua ngerti sih mungkin emang ada sebagian dari lo yang nggak suka dijadwal-jadwal. TAPI, gua cuma mau ingetin aja nih, kalo tujuan dari dibikin jadwal sebenernya bukan berarti lo harus nurut terus ikutin jadwal itu. Lha terus apa donk?

Maksud gua, jadwal punya banyak fungsi yang jauh lebih krusial dibandingkan cuma bikin lo sekedar patuh sama jadwal.

Supaya lo punya pemetaan waktu sampai hari-H. Artinya, lo punya gambaran setiap hari, seberapa banyak lagi waktu yang tersisa buat lo mempersiapkan diri sebelum hari pertempuran nanti.

Supaya lo punya patokan dalam mengalokasikan seluruh bahan yang perlu lo review dan banyaknya latihan soal yang perlu lo geber sampe lo bener-bener siap dan manteb untuk menghadapi variasi soal macam apapun.

Sebagai “alarm” buat lo buat terus keep up sama target belajar lo. Maksudnya gini, kalo misalnya lo bikin target “menguasai sepenuhnya bab integral dan turunan” sebelum tanggal 27 Oktober.. dan untuk mencapai itu lo udah alokasiin waktu buat nyicil dari tanggal 12–20. Eh tapi ternyata lo gak disiplin dan gak sempet nyentuh sampe tanggal 20. Seenggaknya dengan ada jadwal, lo punya “alarm” buat ingetin lo kalo lo masih punya “utang” belajar yang harus lo lunasi. Dengan begitu lo bisa nyadar dan langsung tancap gas dalam buat tetep ngejar target lo apapun caranya dalam waktu 5 hari yang tersisa.

Jadi, yang mau gua tekanin di sini adalah, lo nggak perlu bener-bener strict sama jadwal lo. Gua pahamlah ada saatnya lo jenuh ato pengen ngerjain aktivitas lain. Tapi, dengan adanya jadwal belajar, lo akan bisa terus diingatkan supaya bisa terus konsisten dan disiplin dengan target mingguan/bulanan yang udah lo buat.

Lagian, di zaman sekarang nih yaa.. teknologi tuh udah makin praktis aja buat menunjang kedisiplinan lo. Buat lo yang punya smartphone. Lo bisa bikin jadwal belajar dan bisa disinkronisasi dengan seluruh devices lo seperti PC, laptop, maupun tablet. Ada buanyak banget aplikasi gratisan buat scheduling dan managing time di smartphone atau tablet. Lo tinggal pilih aja mana yang paling cocok buat lo.

  1. Review materi

Oke, akhirnya kita masuk ke bagian yang paling penting dari seluruh step yang udah dijalanin, for short intinya di tahap ini adalah melakukan jadwal yang udah lo buat yaitu : BELAJAR… BELAJAR dan BELAJAR !!

Eit, tapi tunggu dulu nih.. Lo jangan mikir tahap ini sesimple “ya udah terus aja belajar dan kejar seluruh materi yang perlu lo kuasai.” Gak segampang itu, Dude! Lha terus harus gimana lagi?

Gini, ada dua kesalahan umum dalam belajar UTBK

Belum apa-apa lo udah langsung latihan soal campuran. Kesalahan ini luar biasa fatal.. Kesannya aja lo udah belajar dengan banyak latihan soal, padahal sebenernya lo nggak punya basic fundamental skills yang mateng!  Analoginya nih, lo nggak bisa jadi pemain bola yang jago dengan cara lo sering maen bola. Kok bisa gitu? Nih yaa.. kalo lo mau jadi pemain bola yang jago, pertama lo harus tau gimana cara nendang dengan bener, gimana caranya liat situasi di lapangan, gimana caranya nahan operan dari bola datar sampe bola umpan lambung, dsb.. Naaah, sama halnya juga dengan belajar buat UTBK! Supaya lo bisa mantep ngerjain semua variasi soal yang mungkin keluar, lo harus dalemin setiap materi/topik dengan bener-bener mendalam !

Lo keasikan belajar buat dalemin materi/konsep teori tapi nggak cukup banyak latihan soal. Nah, ini kebalikannya dari kesalahan pertama. Maksudnya, lo jangan sampe cuma keasikan nontonin video teori di zenius.net tapi nggak banyak latihan soal tentang materi/topik yang lagi lo dalemin. Ibaratnya nih ya, lo keseringan nonton video tutorial tendangan bebas ala David Beckham atau Andrea Pirlo di youtube tapi jarang latihan buat praktekin apa yang udah lo pelajari di lapangan.

Nah, jadi gimana donk caranya belajar dengan bener?

Cara yang bener adalah dengan DELIBERATE PRACTICE! Apaan tuh? Buat lo yang belum tau, pastiin dolo lo baca artikel zenius sebelumnya tentang deliberate practice! Intinya sih gini, kuncinya lo jangan try out soal campuran dulu, tapi justru dalemin materi secara mendalam untuk setiap topik yang jadi titik kelemahan lo dan terus digali dengan banyak latihan variasi soal tentang materi/topik tersebut.

Untungnya nih, desain urutan video yang ada di zenius.net sebagian besar udah dirancang buat deliberate practice. Artinya dengan lo ngikutin nonton video materi di zenius.net, tanpa sadar lo udah ngikutin deliberate practice

PENGGAMBARAN PROSES DELIBERATE PRACTICE FOR SHORT

perkenalan konsep => latihan soal => review teori lebih detail => latihan soal lagi => review teori yang lebih mendalam => latihan dengan variasi soal yang lebih sulit, dst…

  1. Try Out UTBK

Nah, di tahap ini.. gua asumsikan lo udah melakukan jurus ‘deliberate practice‘ dengan mereview seluruh materi bahan yang perlu lo kuasai dan juga kenyang makan banyak latihan variasi soal. Pada tahap ini, baru deh lo boleh coba latihan soal campuran atau singkatnya try out UTBK !

Lo bisa ikutan tryout di Zenius App buat matengin persiapan UTBK lo. Tryoutnya ada banyak dan lo bahkan bisa milih waktu pengerjaannya karena emang fleksibel. Tryout dari Zenius dibikin semirip mungkin sama kondisi UTBK aslinya. Salah satunya dalam hal durasi pengerjaannya. Selain itu, coba usahain supaya lo buat kondisinya semirip mungkin dengan situasi pada saat nanti lo ngerjain test UTBK. Misalnya dengan cara lo buat kondisi ruangan sehening mungkin jauh dari gangguan, dsb.

Dengan lo setting kondisi try out lo seperti simulasi ngerjain UTBK beneran, lo jadi melatih mental lo juga buat lebih familiar/terbiasa dalam kondisi ujian dengan batas waktu yang mepet. Lo bisa baca soal tryout Zenius di artikel yang link-nya gue taruh di bawah ini.

  1. Evaluasi kelemahan

Nah setelah lo try out ulang, baru lo evaluasi lagi deh hasilnya. Kalo lo coba try out di Zenius App, lo tinggal nonton video pembahasan soalnya. Abis lo tonton seluruh video pembahasannya, clo perlu cermati juga berapa jumalh jawaban benar yang lo dapet.

Dari situ, lo bisa coba identifikasi sekali lagi dimana titik kelemahan lo yang bikin skor lo jatuh. Dengan lo mengetahui di mana kelemahan lo, dari situ lo coba balik lagi deh ke step 5 dengan review kembali materi tersebut dan latihan variasi soal terus-terusan sampai lo membuat kelemahan lo jadi insignifikan.

Kalau lo ikutan tryout dari Zenius, lo bakal nemuin fitur persentil. Fitur ini bisa banget bantuin lo buat nentuin di mana peringkat lo dibandingin sama peserta tryout yang lain. Jadi nih taruhlah kata ada 1000 orang ikutan tryout Zenius. Nah hasil tryout 1000 orang tadi bakal diurutin jadi 100 urutan. Kalau lo dapat angka persentil 70, berarti lo udah ngunggulin 70 persen peserta lain dalam tryout tersebut.

Jika masih kekurangan soal silahkan kunjungi Link Ini untuk mendownload soal-soal lainnya :

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!