Breaking News

Kunjungilah perpustakaan sekolahmu. Bacalah lima buah buku yang masing- masing berupa fiksi dan non fiksi.

Questions and Answer Keys in Indonesian Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Individual Assignments Read five books, each in the form of fiction and non-fiction. Page 236 Chapter 9 (Develop a Passion for Reading) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Individu Bacalah lima buah buku yang masing- masing berupa fiksi dan non fiksi Halaman 236 Bab 9 (Kembangkan Kegemaran Membaca) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Tugas Individu

Kunjungilah perpustakaan sekolahmu. Bacalah lima buah buku yang masing- masing berupa fiksi dan non fiksi. Catalah identitas buku itu yang meliputi judul, penulis/pengarang, penerbit, jumlah halaman. Jelaskan pula isi buku itu secara ringkas!

Buku Fiksi

Buku Fiksi
Judul Pengarang Penerbit Jumlah Halaman Isi Buku
Raja yang Terpenjara Khalil Gibran Yayasan Bentang Budaya 165 + vi Novel Raja yang Terpenjara menceritakan tentang keluh kesah raja yang tidak memiliki kekuasaan untuk melakukan apa pun. Ia tidak dapat mengambil keputusan ketika melihatnya rakyat berkeluh kesah.
Hanoman: Akhir Bisu Sebuah Perang Besar Pitoyo Amrih DIVA Press 472 Novel Hanoman: Akhir Bisu Sebuah Perang Besar mengisahkan perjalanan hidup Hanoman dari lahir hingga meninggal menjadi arca batu. Perang antara Jenggala dan Panjalu menjadi akhir dari hidupnya yang penuh penyesalan karena apa yang ia anggap benar ternyata hanyalah untuk memenangkan kepuasaan salah satu pihak saja.
Rindu Tere Liye Republika Penerbit 544 + ii Novel Rindu berlatar waktu tahun 1939 yang bercerita tentang Daeng Andipati dan  istri dan kedua anaknya, Elsa dan Ana, yang menyelesaikan kuliahnya di Belanda. Ada lima kisah pada novel ini, yaitu tentang kebencian kepada orang yang seharusnya disayangi, tentang kehilangan cinta, dan tentang kemunafikan.
Cinta Brontosaurus Raditya Dika Gagas Media 160 halaman Kisah cinta tokoh Dika.
Dear Nathan Erisca Febrianti Best Media 528 halaman Kisah romansa Nathan dan Salma ketika SMA.
Laskar Pelangi Andrea Hinata Bandung Pustaka 529 halaman Perjalanan hidup dan kisah romansa tokoh Ikal dalam mengejar Pendidikan.
Sang Pemimpi Andrea Hinata Bandung Pustaka 248 halaman Buku ini menyajikan kisah perjuangan hidup tokoh utama untuk memperoleh pendidikan yang berkualitas.
Suart Kecil Untuk Tuhan Agnes Davonner Inandra Published 232 halaman Perjuangan hidup seorang gadis yang melawan kanker yang dideritanya.
Ayah Andrea Hinata Bintang Pustaka, Yogyakarta. 412 halaman Setelah lama tak merilis karya barunya, pada tahun 2015 Andrea Hirata muncul dengan merilis novel barunya yang berjudul Ayah. Novel Ayah ini masih trilogi dari novel sebelumnya, yaitu Laskar Pelangi.

Latar utama dalam ceritanya masih di Belitong. Kisahnya tentang 4 orang sahabat yang bernama Sabari, Ukun, Tamat, dan Toharun. Keempat sahabat itu bersekolah di sekolah yang sama. Penulis, Andrea Hirata mengangkat kisah dengan menceritakan kehidupan sehari-sehari mereka dan masing-masing latar belakang keluarganya.

Sifat tokoh mirip seperti di novel Laskar Pelangi, masing-masing dari mereka memiliki karakter yang unik. Tak bisa dipungkiri jika mereka naif dan polos, namun terkadang mereka juga cerdas.

Sabari, diceritakan merasa jatuh cinta pada gadis yang bernama Lena sejak SMP. Sabari tak putus asa, walaupun pada nyatanya gadis itu tak peduli dengannya. Ia sering kali menulis puisi dan memajangnya di majalah dinding sekolah. Beberapa kali Lena juga membalas via mading.

Singkat waktu, ketika Sabari sudah dewasa, Lena tetap tak bisa dilupakan olehnya. Pada suatu hari, ia mendapatkan kabar bahwa Lena hamil di luar nikah. Saat itu memang Sabari bekerja di pabrik batako miliki ayah Lena, Markoni.

Pada akhirnya Sabari rela menikah dengan Lena, demi menyelamatkan nama baik Markoni yang memang kurang akur dengan anaknya.

Anak yang lahir dari rahim Lena diberikan nama Zorro oleh Sabari, karena saat si kecil itu tidak mau melepas boneka Zorro saat diberikan. Sabari ingin terus memeluk anaknya, ia memang sangat menyayangi anaknya. Sabari selalu membayangkan rencana yang akan dilakukan kelak jika anaknya sudah besar, hingga setiap malam ia susah tidur lantaran memikirkan hal itu.

Sabari ikhlas saat Lena yang tak mau tinggal bersama ia dan Zorro. Beberapa tahun kemudian Lena menggugat cerai, dan menikah lagi hingga tiga kali. Dan pada akhirnya Zorro diambil oleh Lena. Sejak itu Sabari berpenampilan dan bertingkah laku seperti orang gila.

Kelebihan

Pembaca tidak akan merasa capek saat membaca, karena ceritanya terbagi dalam bab-bab pendek. Terdapat beberapa informasi di halaman akhir mengenai penerbitan buku Andrea yang akan sudah ada. Kisahnya dominan pada aspek cinta dan persahabatan.

Gaya bahasanya juga kompleks, khas tulisan ala Andrea yang lugas, sehingga mudah dipahami para pembaca dari semua kalangan.

Kekurangan

Ada beberapa cerita yang sumbang, isinya yang tidak terlalu penting dan keluar dari tema utama.

Rindu Darwis Tere Liye Republika 544 halaman Rindu, karya sastra dari penulis besar, Darwis Tere Liye. Novel Rindu ini diterbitkan pada tahun 2014. Di dalamnya menceritakan tentang perjalanan panjang sebuah kerinduan. Perjalanan kerinduan yang banyak menimbun beban di hati. Mulai dari bagaimana ia menempuh perjalanan dengan dosa yang tak terhitung di masa lalu.

Kemudian seseorang yang menempuh perjalanannya dengan penuh kebencian. Sebuah perjalanan yang disebabkan karena dia yang kehilangan cintanya.

Latar waktu pada novel menceritakan pada masa pemerintah Hindia Belanda, yaitu saat Belanda masih menjajah Indonesia. Pada kala itu, pemerintah Hindia Belanda memberikan fasilitas perjalanan untuk menunaikan ibadah haji bagi rakyat pribumi yang memiliki uang cukup.

Perjalanan saat itu dilakukan melalui jalur laut, dengan menggunakan kapal besar yang merupakan perkembangan teknologi transportasi canggih modern pada kala itu. Salah satu kapal yang beroperasi dan digunakan untuk menempuh perjalanan haji adalah kapal Blitar Holland. Di kapal itu lah semau kisah terukir. Di kapal besar itu terjadilah sebuah interaksi seorang penumpang dengan yang lainnya.

Diceritakan tentang keluarga Daeng Adipati yang termasuk orang tua, pembantu rumah tangga, dan dua anak yang ikut perjalanan haji, yaitu Anna dan Elisa. Mereka menikmati perjalanan yang memakan banyak waktu ini dengan senang gembira. Seolah mereka tak pernah mengerti apa yang tersembunyi dalam hati ayah mereka, Daeng.

Ada lagi tokoh yang bernama Ambo Uleng, ia adalah seorang pelaut. Hampir seumur hidupnya dihabiskan di atas laut. Ambo Uleng memiliki sifat turunan dari ayahnya, yang merupakan seorang pelaut juga. Ambo Uleng menaiki kapal Blitar Holland tidak memiliki tujuan apapun. Ia hanya ingin pergi sejauh mungkin dari tanah Makassar, tempat terukir kisah pilunya.

Selain itu, ada seorang berketurunan Cina. Sepanjang perjalanan haji, beliau sering mengajari anak-anak ngaji di mushola kapal. Anak-anak sering memanggilnya Bunda Upe. Beliau ini ternyata sedang memendam masa lampaunya sebelum memeluk agama Islam. Tiap malam beliau selalu menangisi dosa-dosanya dahulu.

Diceritakan pula seorang ulama tersohor dari Makassar yang ikut dalam perjalanan haji, yaitu Gurutta Ahmad Karaeng. Di kapal, beliau selalu melaksanakan salat berjama’ah dengan penumpang lainnya. Dan pada saat itu beliau segera meminta izin kepada kapten untuk mengadakan pengajian di kapal.

Di satu sisi beliau adalah sosok orang yang selalu memberikan jawaban terbaik setiap ada pernyataan dari orang-orang. Namun di sisi lain, beliau sendiri telah memendam lama suatu pertanyaan yang memang tak ada seorang pun yang mampu menjawab.

Kelebihan

Darwis Tere Liye menyajikan cerita dalam bukunya dengan begitu menarik dan mengalir untuk dibaca. Menggambarkan nuansa latar yang berbeda, yaitu di atas kapal uap besar yang seolah-olah itu sebuah kampung.

Kekurangan

Secara keseluruhan sudah bagus. Mungkin hanya fisiknya saja, yaitu sampul novel yang kurang begitu menarik untuk menggambarkan isinya.

Buku Non Fiksi

Buku Non Fiksi
Judul Pengarang Penerbit Jumlah Halaman Isi Buku
Alam Berkembang Jadi Guru: Adat dan Kebudayaan Minangkabau A.A. Navis PT Grafiti Pers 298 +XXVI Buku ini merupakan karya ilmiah tentang adat dan kebudayaan Minangkabau. Di dalam buku ini terdapat sejarah, tambo, kesusastraan, permainan rakyat, dan hal-hal yang berhubungan dengan adat dan kebudayaan Minangkabau.
Sepatu Dahlan Krisna Pabichara Naura Books 369 halaman Kisah perjalanan hidup Dahlan Iskan
God, Do You Speak English? Jeff Kristianto, Nina Silvia, dan Rini Hanifa. Rene Books 348 halaman Buku ini menyajikan kisah pertualangan penulis ke tempat-tempat yang disinggahnya.
Memahami Film Himawan Pratists Homerian Pustaka 233 halaman Buku ini menyajikan cara praktis memahami isi sebuah film.
Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi H. Abdurahmat Fathoni Rineka Cipta Buku ini menyajikan metode yang dapat digunakan dalam penyusunan penelitian dan skripsi. 
Tips dan trik Jago Main Rubik Wicaksono Hadi Gradien Mediatama 184 halaman Buku ini menyajikan cara mudah bermain rubik.
Ilmu Pengetahuan Sosial Drs. Suwarto W.A, M.Pd dan Drs. Agus Sumali, M.M Yudistira i-vi + 84 Hak dan kewajiban yang sama konon dibawa oleh setiap insan sejak ia terlahir ke dunia ini. Kemudian insan ini mengalami diferensiasi yang sangat menakjubkan. Kesempatan dalam bermasyarakat di kotak-kotakan ke dalam kelas sosial, status, dan asal-usul.

Manusia memang dilahirkan sama, akan tetapi masyarakat kemudian membeda-bedakannya sendiri. Filosof Prancis J.J Rousseau berpendapat bahwa “Kesialan terbesar manusia adalah kebudayaan dan khususnya pendidikan.”

Dua perkara inilah yang kemudian membuat manusia menjadi membeda-bedakan menurut kependudukan sosialnya, besarnya pendapatan, jenis kelamin, agama, warna kulit, ataupun tingkat kepandaian.

Sedangkan kalau segala tanda pangkat di copot, akte kelahiran di tiadakan, kartu penduduk di hilangkan, dan gelar akademik dibuang, serta tidak ada lagi perbedaan sosial di dalam masyarakat.

Buku ini menceritakan tentang struktur sosial, penyebab konflik sosial, dan mobilitas sosial, kelompok sosial di dalam masyarakat multikultural serta kesamaan dan keragaman budaya yang dimiliki.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Kelebihan : Tata bahasa buku ini mudah dipahami, materi yang terdapat didalamnya juga cukup lengkap dan sangat bagus, serta buku ini dilengkapi dengan soal-soal evaluasi yang dapat membuat kita berpikir lebih luas lagi.

Kekurangan : Buku ini mempunyai sedikit kekurangan yaitu kruang adanya contoh-contoh masalah atau kasus dalam beberapa point tertentu.

Buku ini sangatlah bermanfaat untuk para pembaca. Tidak hanya untuk pelajar, namun juga bisa untuk umum. Buku ini sangat mudah untuk mudah dipahami, apalagi untuk pelajar. Buku ini mencakup semua tentang keadaan yang ada di dalam masyarakat.

Satwa Terancam Bahaya Jen Green Pakar Raya 32 Halaman Banyak diantara kita yang sangat menyukai hewan liar. Akan tetapi, sekarang banyak hewan liar yang terancam punah. Bahkan beberapa diantaranya mungkin sudah punah.

Di dalam buku karangan Jen Green ini banyak sekali pengetahuan yang akan mengajak kita untuk lebih mengenal dan mengetahui penyebab satwa menjadi langka dan bagaimana cara menyelamatkannya dari kepunahan.

Hewan dan tumbuhan punah merupakan hewan dan tumbuhan yang telah mati secara keseluruhan. Hewan yang sangat langka adalah hewan yang terancam kepunahan atau populasinya akan musnah.

Pada zaman dahulu, sudah banyak spesies yang telah punah. Hal ini dikarenakan hewan tersebut tidak dapat menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan.

Pada zaman sekarang ini sedang terjadi pemanasan global yang merupakan perubahan suhu bumi dengan cepat.

Banyak sekali penyebab hewan menjadi langka bahkan punah. Pencemaran, penebangan liar, perburuan secara besar-besaran, penangkapan ikan yang berlebihan, hujan asam, itu semua dapat menyebabkan satwa menjadi langka.

Untungnya masih ada kelompok atau komunitas pecinta alam yang bersedia menyelamatkan satwa langka. Seharusnya tidak hanya pecinta alam saja yang membantu menjaga melestarikan satwa langka.

Akan tetapi masyarakat juga harus bertindak, salah satunya dengan mematuhi UU yang berlaku tentang perlindungan satwa langka.

Kelebihan dan Kekurangan Buku

Kelebihan : Jika dari tata bahasa, buku ini mampu membantu siswa dengan kemampuan baca yang berbeda dan dapat menikmati buku yang sama. Baik itu secara materi di kelas maupun bacaan kelompok sendiri.

Kekurangan : Masih terdapat beberapa istilah asing yang tidak ada penjelasannya. Sehingga masih menimbulkan tanda tanya untuk para pembacanya.

Saya rasa buku ini memang perlu untuk dibaca oleh siapapun. Baik pelajar maupun masyarakat umum. Karena setelah membaca buku ini, kita dapat mengetahui betapa malangnya satwa-satwa yang terancam punah. Bahkan mayoritas penyebabnya terjadi kepunahan itu karena ulah manusia yang tidak bertanggung jawab.

Cewek Smart Ria Fariana Gema Insani 200 halaman Buku memang dirancang untuk membantu remaja perempuan agar dapat menyikapi permasalahan yang terjadi disekitar kita. Buku ini juga mengupas bagaimana menjadi seorang perempuan yang cerdas dan mempunyai kepribadian yang baik sesuai syariat Agama Islam. Perempuan yang cerdas sesuai syariat adalah seseorang yang dapat menggunakan kecerdasannya untuk menambah keimanannya. Perempuan cerdas itu tidak diukur dari seberapa tinggi nilai raportnya. Tetapi bagaimana caranya ia mampu menyelesaikan suatu permasalahan dalam hidupnya dengan tolak ukur tertentu yang penuh tanggungjawab.

Secara umum, buku ini berisi dasar-dasar menjadi seorang perempuan yang sholeha. Bagaimana sih menjadi perempuan yang cerdas sesuai syariat? Apa perlu perempuan itu harus centil? Kita enggak perlu yang namanya pacaran. Semuanya bermuara pada sejumlah nasehat sederhana dan praktis yang dapat membantu untuk menyikapi suatu permasalahan. Buku ini mampu memabantu menyadarkan remaja perempuan untuk bersikap sesuai syariat Agama Islam.  Dengan membaca buku ini, kamu dapat merenungkan mana yang seharusnya dilakukan dan yang tidak dilakukan. Di buku ini terdapat banyak kata-kata bijak seperti “Islam mendorong perempuan untuk cerdas agar ia tidak muda di bodohi oleh siapapun”.

Kelebihan Buku

Dapat menuntun remaja perempuan zaman sekarang untuk hijrah ke jalan yang benar sesuai syariat Agama Islam. Bahasa buku ini mudah sekali untuk dipahami, karena bahasanya merupakan bahasa yang populer dan gaul. Cover buku ini juga sangat menarik dengan kartun yang lucu dan penuh warna yang menambah nuansa keistimewaan buku ini.

Kekurangan Buku

Buku ini sangat sedikit penjualannya dan gambar ilustrasi yang terdapat dalam buku ini masih bewarna hitam putih.

Pengantar Filsafat Pendidikan Drs. Uyoh Sadulloh, M.pd Alfabeta, CV 183 halaman Pendidikan merupakan kegiatan yang hanya dilakukan manusia yang mencakup semua pengalaman serta pemikiran manusia tentang makna dari pendidikan. Pendidikan sebagai suatu praktek dalam kehidupan, sama halnya dengan kegiatan-kegiatan lain. Seperti kegiatan ekonomi, agama, hukum, dan lain-lain. Selain itu, kita sebagai manusia juga dapat mempelajari pendidikan secara akademik. Baik itu secara empirik yang bersumber dari pengalaman seseorang, maupun dengan jalan perenungan-perenungan. Yang pertama kita sebut sebagai praktek pendidikan, sedangkan yang kedua disebut sebagai teori pendidikan.

Kelebihan Buku

Buku ini mampu memberikan informasi tentang sumber nilai dan bagaimana manusia dapat memperoleh nilai tersebut karena pendidikan pada dasarnya tidak dapat dipisahkan dengan nilai.

Kekurangan Buku

Buku ini kurang memberikan pemahaman bagi pembaca khususnya bagi pemula sehingga pesan yang mau diutarakan oleh pengarang tidak tersampaikan pada pembaca.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Individu Bacalah lima buah buku yang masing- masing berupa fiksi dan non fiksi Halaman 236 Bab 9 (Kembangkan Kegemaran Membaca)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Tugas Individu Bacalah lima buah buku yang masing- masing berupa fiksi dan non fiksi Halaman 236 Bab 9 (Kembangkan Kegemaran Membaca). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!