Kesalahan-Kesalahan dalam Mempersiapkan UTBK SBMPTN 2022

  • 4 min read
  • Sep 16, 2021

Kesalahan-Kesalahan dalam Mempersiapkan UTBK SBMPTN 2022

Mungkin ini lebih beberapa hal umum yang bikin persiapanmu jadi kurang dan blank saat ujian.

1. Terlena dengan menunggu pengumuman SNMPTN siapa tau lolos. Baru mulai belajar dan persiapin semuanya setelah tau kalau gak lolos.

2. Banyak terganggu terutama media sosial.

3. Gak ada target harian/mingguan harus belajar apa dan ngerjain soal berapa.

4. Kebanyakan up progress belajar di sosmed, esensi belajar UTBK jadi hilang dan malah fokus mikirin “besok up progres belajar apa ya enaknya?”. Mungkin yang diem aja bisa lebih banyak progresnya

5. Masih bimbang mau lintas jurusan atau nggak. Mending dari awal tentuin dulu. Karena kalau gak segera ditentuin, bakal susah manajemen belajarnya. Apalagi linjur yg harus belajar materi-materi baru.

6. Kebanyakan nyari tips-tips belajar ke orang lain, padahal yang tau bagaimana supaya cepet paham dalam belajar ya dirimu sendiri. Setiap orang unik dalam mempelajari sesuatu kok.

7. Kebanyakan ikut TO, tapi gak direview pembahasannya. Mending gak ikut TO, tapi bisa ngabisin 1000 soal seminggu.

8. Kebanyakan buat rangkuman aestetis, akhir2 malah gak dibaca. Sering2 latihan soal.

Kerjain soal -> cari pembahasannya -> kalau hal baru, tambahkan di catatanmu

9. Kebanyakan mikir “Mulai dari mana ya”, jadinya malah gak mulai-mulai.

Kayak pertamina aja, ” dimulai dari 0 ya mas” hehe.

10. Banyak begadang, lupa tidur malam, dan gak makan tepat waktu.

Pagi-pagi badan lelah semua, urusan bantu pekerjaan rumah jadi kerasa males dan jadinya merasa lu paling sibuk sendiri.

“Atur waktumu”, tubuh dan otakmu juga perlu istirahat.

11. Menyamakan SBMPTN dengan UN

Tentunya cara belajar untuk SBMPTN dan UN tidak dapat dibilang sama, sebab kedua ujian ini diadakan untuk tujuan yang berbeda. SBMPTN merupakan tes untuk menyeleksi calon mahasiswa yang akan menempuh pendidikan di universitas. Sementara itu, UN merupakan bentuk evaluasi terhadap hasil belajar siswa selama tiga tahun bersekolah di SMA. Saat UN, kamu tidak berkompetisi dengan siswa lainnya, berbeda dengan SBMPTN. Tes SBMPTN juga mengukur pola berpikir kamu dan bagaimana kamu menganalisa masalah. Maka dari itu, usaha belajar kamu harus lebih besar dan pola materi yang kamu kuasai haruslah sesuai dengan materi SBMPTN.

12. Salah menggunakan strategi belajar

Ya, strategi belajar merupakan hal yang krusial apabila kamu ingin menjadi mahasiswa di PTN favoritmu. Kesalahan yang biasa dilakukan beragam, mulai dari tidak mengerti dengan baik aturan SBMPTN atau kelompok ujian yang harus tempuh, hingga tidak membuat jadwal belajar yang jelas. Ada pula siswa yang hanya mengandalkan seluruh soal-soal SBMPTN yang lalu dan melahapnya tanpa benar-benar mempelajari materi pelajarannya.

13. Kurang cermat memilih jurusan dan kampus

Tentunya, semua siswa berharap agar tidak salah memilih program studi. Namun, tidak jarang alasan memilih prodi tersebut kurang rasional atau jelas. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa siswa memilih prodi dengan beragam alasan yang berbeda. Apapun alasannya, pastikan bahwa kamu memahami dengan jelas program studi yang kamu pilih tersebut. Banyak-banyaklah mencari informasi tentang prodi incaran. Jangan ragu untuk bertanya kepada orang yang memahami program studi yang menjadi minatmu.

Pilihan prodi kedua dan ketiga juga harus disertai alasan yang matang. Anggap saja keduanya sebagai kesempatan ekstra kamu untuk masuk PTN. Tidak menutup kemungkinan kamu diterima di program studi alternatif tersebut, asalkan kamu memperhitungkan peluang tersebut dengan baik dan rasional.

14. Tidak memperhitungkan passing grade

Kalau kamu tidak mengetahui jumlah peminat dan passing grade tiap-tiap program studi pilihanmu, kamu tidak bisa memperkirakan peluangmu diterima di PTN yang diinginkan. Informasi tentang program studi yang kamu inginkan sebenarnya bisa diakses melalui situs resmi SBMPTN. Dengan begitu, semisal kamu mengikuti tryout atau mengerjakan soal-soal SBMPTN tahun lalu, kamu bisa mengestimasikan seberapa besar kesempatan kamu untuk diterima di PTN incaran.

15. Salah mengisi lembar identitas diri

Ya, hal sederhana seperti mengisi identitas diri masih menjadi salah satu penyebab siswa tidak lulus SBMPTN. Pastikan kamu mengisi identitas diri yang benar sejak kamu mendaftar. Identitas formulir pendaftaran juga harus sama persis dengan identitas di lembar tes ujian. Jangan lupa juga untuk memeriksanya kembali sebelum meninggalkan ruangan.

16. Tidak Memahami Sistem dan Materi dengan Baik Pola Belajar Salah

Agar persiapan menjelang UTBK menjadi efektif dan efisien, tentu kita harus memiliki pola belajar yang tepat. Mulailah dengan mengukur kemampuan diri dan buat list untuk materi-materi yang masih belum kamu kuasai. Terlebih, tinggalkan budaya belajar “hafalan”, karena akibatnya bisa fatal jika kamu mendadak blank saat ujian nanti. Cobalah bangun budaya belajar dengan sistem “paham konsep” dan bukan sekadar hafalan.

17. Tidak Disiplin

Motivasi seringkali ada, rencana juga sudah ada, tapi action? belum juga jalan. Itu kesalahan fatal banget lho! Memang, untuk bisa berhasil, butuh kedisiplinan, konsistensi, dan kemauan yang kuat, jangan cepat merasa puas dan asah terus kemampuanmu. Buat jadwal belajar yang tepat, dan sesuaikan aktivitas antara belajar dan kegiatan lainnya, pastikan tidak membuang waktumu untuk hal-hal yang kurang bermanfaat dan perbanyak porsi waktu untuk belajar.

Ibaratnya, sebelum bertempur tentu kita harus memahami bagaimana medan perang itu sendiri. Oleh karena itu, tidak memahami sistem dan materi dengan baik bisa menjadi kesalahan fatal yang membuat kamu gagal SBMPTN. Penting sekali untuk menggali lebih dalam mengenai materi dan sistem ujian yang akan diterapkan nanti. Pahami pola soal dari tahun-tahun sebelumnya, cari tahu durasi ujian, sistem penilaian, serta jangan sungkan bertanya pada kakak kelas mengenai pengalamannya saat UTBK tahun lalu, hal tersebut bisa membantu kamu menyusun strategi terbaik agar berhasil lulus pada SBMPTN nanti.

18. Tidak Membaca Peluang

Selain dalam belajar, saat memilih jurusan dan perguruan tinggi negeri, kamu perlu pintar membaca peluang. Cobalah mencari informasi mengenai nilai rata-rata siswa yang lulus UTBK di jurusan dan perguruan tinggi negeri tujuanmu. Hal tersebut memang tidak bisa menjadi patokan, namun setidaknya bisa menjadi target nilai minimalmu saat menjalankan ujian nanti. Pilihlah jurusan dan perguruan tinggi yang sesuai dengan kemampuanmu agar peluang lulus bisa lebih besar.

19. Jarang Try Out

Jangan anggap sepele Try Out, karena ternyata Try Out justru menjadi kunci keberhasilan SBMPTN lho! Bagaimana tidak? dengan Try Out, kita bisa menemui beragam variasi soal, mengerjakan soal dengan sistem yang hampir sama dengan UTBK sesungguhnya, terlebih kamu juga bisa semakin tahu sejauh mana kemampuanmu saat ini dari hasil Try Out tersebut. Rajin melakukan Try Out secara tidak langsung akan membuatmu terpacu untuk lebih giat meningkatkan kemampuan.

Jika masih kekurangan soal silahkan kunjungi Link Ini untuk mendownload soal-soal lainnya :

Post Terkait :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!