Breaking News

Kelompokanlah negara-negara Asia dengan persentase penduduk perkotaannya lebih 50 persen dan kurang 50 persen

Questions and Key Social Sciences Answers Class 9 Curriculum 2013 2018 Revision Group Activity Group Asian countries with an urban population percentage of more than 50 percent and less 50 percent Page 81 Chapter 1 (Interaction between Asian Countries and Other Countries) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi Bersama laguasyik.com. Pada Kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Kelompokanlah negara-negara Asia dengan persentase penduduk perkotaannya lebih 50 persen dan kurang 50 persen Halaman 81 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya) Kepada Para Siswa/Siswi Yang melihat Artikel Ini. Yuk, kita langsung saja ke Soal dan Jawabannya. ~

Aktivitas Kelompok

Perhatikanlah peta perkotaan di Asia. Selanjutnya lakukanlah aktivitas berikut ini.

1. Kelompokanlah negara-negara yang persentase penduduk perkotaannya kurang dari 50 persen dan lebih dari 50 persen. Tulislah hasilnya pada tabel berikut ini.

Kepadatan penduduk adalah sebuah kegiatan untuk melakukan perbandingan terhadap jumlah penduduk yang ada pada suatu daerah dengan luas wilayah pada daerah tersebut. Kemudian kepadatan penduduk itu sendiri kemudian menunjukkan sebuah jumlah dari rata-rata penduduk yang dimana dilihat dari kilometer perseginya. Kemudian, kepadatan penduduk itu sendiri biasanya dipengaruhi oleh berbagaimacam hal seperti halnya adalah fisiograif, kemanan, kebudayaan, biologis dan serta psikologis. Selain itu ada pula berbagai macam kaitannya dengan peningkatan dari jumlah penduduk yang dimana kemudian hal itu menjadi lebih dikenal denga pertumbuhan penduduk, yaitu :

  • Terdapat pertumbuhan penduduk alami yang dimana pertumbuhan penduduk tersebut berasal dari hitungan selisih dari jumlah angka kelahiran pada suatu tempat dengan jumlah kematian yang ada.
  • Terdapat pertumbuhan penduduk migrasi yang dimana kemudian diperoleh beradasarkan dari hitungna selisih dari jumlah migrasi masuk dan jumlah migrasi keluar.
  • Pertumbuhan penduduk total yang dimana selisih jumlah kelahiran dengan jumlah kematidan dan ditambahkan dengan selisih jumlah imigrasi dengan jumlah emigrasi.
Negara dengan Penduduk Kota Kurang dari 50 Persen Negara dengan Penduduk Kota Lebih dari 50 Persen
India Singapura
Thailand Jepang
Myanmar Korea Selatan
Vietnam Brunei Darussalam
Mongolia Arab Saudi
Laos Uni Emirat Arab
Nepal China
Bangladesh Malaysia

2. Carilah informasi tentang kondisi ekonomi, sosial, politik dan pendidikan salah satu negara yang masuk kelompok negara dengan penduduk kota kurang dari 50 persen dan lebih dari 50 persen.

Negara dengan jumlah penduduk kota kurang dari 50 persen :

A. Vietnam

  • Ekonomi

Vietnam merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang beribukota di Hanoi. Vietnam adalah negara yang baru bangkit dari keterpurukan ekonomi karena perang saudara. Saat ini Vietnam sudah mulai membangun negaranya dengan tahap pembangunan setiap lima tahun. Bidang pertanian masih menjadi sektor utama dalam perekonomian didukung dengan industri yang mulai berkembang cepat. Pendapatan nasional Vietnam mencapai 547 Miliar Dolar Amerika dengan pendapatan per kapita mencapai US$ 2.233 per tahun pada tahun 2015. Pendapatan per kapita itu merupakan rangking ke 131 dunia. Vietnam termasuk negara berkembang dengan angka kemiskinan yang masih tinggi, tetapi dengan keterbukaan ekonomi telah mampu mengurangi kemiskinan secara signifikan.

  • Sosial

Jumlah penduduk Vietnam mencapai 90 juta pada tahun 2012. Suku terbesar adalah etnis Viet atau Kinh, selanjutnya ada etnis Muong yang tinggal di daerah pegunungan dan etnis Hoa dan Khmer yang banyak bertempat tinggal di daerah dataran rendah. Bahasa yang digunakan oleh warga adalah bahasa Vietnam yang berperan sebagai Bahasa Ibu dan dituturkan oleh 86 % warga Vietnam. Berdasarkan sensus penduduk 1999 menunjukkan bahwa 80% penduduk Vietnam tidak beragama atau menganut agama lokal. Selebihnya beragama Budha, Katolik, Protestan, Hindu dan Islam.

  • Politik

Vietnam menganut sistem pemerintahan satu partai dengan presiden sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Majelis Nasional Vietnam merupakan lembaga legislatif dengan anggota dewan sebanyak 498 orang. Tugas utama dari Majelis Nasional Vietnam yaitu membuat undang-undang negara dan kedudukannya lebih tinggi daripada eksekutif & yudikatif.

  • Pendidikan

Pendidikan di Vietnam sudah dibangun  dengan baik, hal ini terbukti dengan mampunya Vietnam menjadi urutan ke 12 negara terbaik di dunia dalam kemampuan menguasai pelajaran Ilmu pengetahuan, Matematika dan membaca. Hal ini tak terlepas dari kerja keras pemerintah dalam memberikan pembangunan pendidikan  21% APBN untuk pendidikan. Tetapi masih ada 17% anak usia sekolah yang masih belum sekolah. Hal ini masih menjadi tantangan bagi pemerintah untuk mengatasinya.

Negara dengan jumlah penduduk kota lebih dari 50 persen :

B. Jepang

  • Ekonomi

Jepang menjadi negara yang ekonominya nomor 2 terbesar di dunia. Sampai saat ini pendapatan nasional mencapai 4,5 triliun dollar Amerika dengan pendapatan perkapita mencapai 38.731 dolar Amerika per tahun. Jepang menghasilkan produk-produk industri berteknologi tinggi dan juga maju dalam industri jasa dan perbankan yang menjadikan Jepang menjadi negara maju dengan tingkat kesejahteraan rakyat yang tinggi.

  • Sosial

Masyarakat cenderung homogen dengan satu suku dominan yaitu suku Yamato dan sedikit suku minoritas yaitu suku Ainu dan suku Ryukyu. Angka harapan hidup di Jepang sangat tinggi yaitu 81,25 tahun, hal ini dikarenakan bagusnya mutu layanan kesehatan dan tingkat kesejahteraan rakyat yang tinggi. Angka kemiskinan dan pengangguran juga sangat kecil. Tetapi saat ini Jepang menghadapi masalah penduduknya yang semakin menua karena laju pertumbuhan penduduk yang rendah dengan angka kelahiran yang rendah. Bahkan jumlah penduduk Jepang cenderung menurun.

  • Politik

Jepang merupakan negara monarki konstitusional dengan Kaisar sebagai kepala negara dan perdana menteri sebagai kepala pemerintahan. Parlemen di Jepang terdiri atas dua lembaga yaitu Majelis Tinggi dan Majelis Rendah. Majelis Tinggi dipilih setiap 6 tahun sekali sebanyak 242 orang dan Majelis Rendah setiap 4 tahun sekali dengan jumlah anggota 480 orang. Perdana Menteri dipilih oleh Parlemen, karena sering terjadi perbedaan antar anggota parlemen menjadikan sering terjadi pergantian  perdana menteri dalam waktu yang singkat. Tetapi pergantian perdana menteri tidak mempengaruhi stabilitas nasional karena adanya Kaisar sebagai kepala negara.

  • Pendidikan

Jepang mewajibkan setiap warganya untuk menempuh sekolah selama 9 tahun. Angka melek huruf mencapai 99%. Hampir 76% penduduk melanjutkan ke perguruan tinggi. Universitas-universitas di Jepang merupakan yang terbaik di dunia yang menghasilkan sarjana-sarjana terbaik dunia yang ikut membantu perekonomian Jepang menjadi negara maju. Dari segi keterampilan dan pengetahuan, Jepang merupakan negara terbaik nomor 6 terbaik di dunia.

3. Kondisi ekonomi yang dimaksud pada poin 2 adalah pendapatan per kapita, kondisi sosial menyangkut angka kemiskinan, kondisi politik menyangkut stabilitas politik, dan kondisi pendidikan menyangkut tingkat pendidikan penduduk.

Pendapatan perkapita, kondisi sosial menyangkut angka kemiskinan, kondisi politik menyangkut stabilitas politik, dan kondisi pendidikan menyangkut tingkat pendidikan penduduk negara vietnam dan jepang yaitu :

A. Vietnam

  • Pendapatan perkapita 2,587.000 USD pada 2018
  • Angka kemiskinan sebesar 11,3%
  • Stabilitas politik cukup terjaga dengan sistem partai tunggal.
  • Tingkat pendidikan cukup tinggi, kemampuan membaca penduduknya mencapai 94%

B. Jepang

  • Pendapatan perkapita 39,313.457 USD pada 2018.
  • Angka kemiskinan mencapai 16%
  • Stabilitas politik cukup stabil
  • Tingkat pendidikan sangat tinggi

4. Diskusikan hasilnya melalui diskusi kelompok

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Kelompokanlah negara-negara Asia dengan persentase penduduk perkotaannya lebih 50 persen dan kurang 50 persen Halaman 81 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya)”, Dan Terima Kasih Sudah Berkunjung Blog Yang Sederhana. Semoga Kunci Jawaban Ini Bisa Membantu Kalian Yang Belum Menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 9 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Aktivitas Kelompok Kelompokanlah negara-negara Asia dengan persentase penduduk perkotaannya lebih 50 persen dan kurang 50 persen Halaman 81 Bab 1 (Interaksi Antar Negara Asia dan Negara Lainnya). Jika ada Kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun Salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika Ada Pertanyaan Dan Ada Saran Untuk kelebihan dan kekurangan Selain Ini Bisa Komen Di Kolom Komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah 2, rasionya menjadi 7 : 9. Tentukan hasil kali kedua bilangan itu!

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!