Breaking News

Kegiatan di bawah ini yang tidak termasuk strategi penyebaran dakwah Islam di Indonesia adalah

Questions and Answer Keys for Islamic Religious Education and Character Class 12 2013 Revision 2018 Curriculum Evaluation The activities below that are not included in the strategy for spreading Islamic da’wah in Indonesia are Page 209-211 Chapter 9 (The Grace of Islam for the Archipelago) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Evaluasi Kegiatan di bawah ini yang tidak termasuk strategi penyebaran dakwah Islam di Indonesia adalah Halaman 209-211 Bab 9 (Rahmat Islam bagi Nusantara) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Evaluasi

Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d, atau e yang dianggap jawaban yang paling tepat!

1. Menurut teori Mekah, Islam sudah masuk ke Indoesia pada abad ke-7, bukan abad 13, pernyatan di bawah ini merupakan buktinya, kecuali . . . .

A. adanya makam Syekh Mukaidin di Baros tertanda tahun 674

B. berita Marco Polo yang pernah singgah di Sumatra tahun 1292

C. peranan bangsa Arab dalam menyebarkan Islam sambil berdagang

D. berita Tiongkok tentang Raja Ta Cheh mengirim utusan ke Kalingga

E. ditemukannya makam Fatimah binti Maimun di Leran tertanda tahun 1082

Jawaban : A. adanya makam Syekh Mukaidin di Baros tertanda tahun 674

Pembahasan : Teori Mekah adalah salah satu teori yang mengemukakan kedatangan Islam pertama kali di Indonesia. Teori Mekah merupakan teori yang menyatakan Islam dipercaya tiba di Indonesia langsung dari Timur Tengah melalui jasa para pedagang Arab muslim sekitar abad ke-7 M.

Menurut teori Mekah, Islam sudah masuk ke Indoesia pada abad ke-7, bukan abad 13, pernyatan di bawah ini merupakan buktinya, kecuali adanya makam Syekh Mukaidin di Baros tertanda tahun 674 (a).

Pada abad ke-7 M, berdasarkan sebuah dokumen kuno asal Tiongkok ditemukan perkampungan Arab muslim di daerah pesisir Barat Pulau Sumatera itu bernama “Barus”.

Di Barus ini terdapat sebuah makam kuno di kompleks pemakaman Mahligai, yang di batu nisannya tertulis Syekh Rukunuddin wafat tahun 672 M.

Selain itu, juga ditemukannya makam Fatimah binti Maimun di Leran, Gresik, bertanda tahun 1082 atau abad ke-11 M.

2. Kegiatan di bawah ini yang tidak termasuk strategi penyebaran dakwah Islam di Indonesia adalah . . . .

A. pernikahan

B. ajaran tasawuf

C. akulturasi budaya

D. peperangan

E. perdagangan

Jawaban : D. peperangan

Pembahasan : Kegiatan dibawah ini yang tidak termasuk stategi penyebaran dakwah islam diindonesia adalah peperangan.

Peperangan adalah salah satu cara yang tidak dilakukan pada masa penyebaran islam di Indonesia. Ada beberapa hal yang menjadi strategi penyebaran islam di Indonesia, beberapa di antaranya adalah:

  • Perkawinan
  • Pengajaran tassawuf
  • Melakukan akulturasi budaya
  • Perdagangan

Adapun mengapa islam diterima baik di Indonesia disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

  • Penyebaran agama dilakukan dengan konsep akulturasi, damai dan tanpa kekerasan
  • Politik penyebaran islam identik dengan kedekatan dengan kekuasaan
  • Islam tidak kenal strata, kasta atau pelapisan sosial
  • Ritualnya dianggap sangat sederhana dan mudah
  • Masuk Islam cukup 2 kalimat syahadat
  • Agama Islam adalah agama yang bertumpu pada kedamaian
  • Aturan dalam Islam tidak memaksa kehendak dan cenderung fleksibel

3. Munculnya beberapa kerajaan Islam di Indonesia, menunjukkan bahwa Islam begitu mudah diterima oleh masyarakat melalui pendekatan akulturasi budaya. Berikut ini yang bukan termasuk akulturasi budaya adalah . . . .

A. ajaran Islam sangat lentur dan fleksibel memasuki tradisi lokal

B. ajaran Islam mempertimbangkan kondisi sosial masyarakat

C. ajaran Islam mewajibkan adanya integrasi ilmu sosial

D. pengaruh ajaran Islam sejalan dengan fitrah manusia

E. adat dapat dijadikan sebagai landasan agama

Jawaban : B. ajaran Islam mempertimbangkan kondisi sosial masyarakat

4. Syarif Hidayatullah adalah salah seorang wali yang berdakwah dan berkedudukan di . . . .

A. Gresik, Jawa Timur

B. Cirebon, Jawa Barat

C. Ngampel, Jawa Timur

D. Demak, Jawa Tengah

E. Kudus, Jawa Tengah

Jawaban : B. Cirebon, Jawa Barat

Pembahasan : Sunan Gunung Jati merupakan salah satu wali songo yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Sunan Gunung Jati atau lebih dikenal Syarif Hidayatullah berdakwah menyebarkan ajaran-ajaran Islam di daerah Cirebon, Jawa Barat. Di sana Sunan Gunung Jati mendirikan Kasultanan Banten dan menjadikan Cirebon sebagai pusat pengislaman.

5. Gerakan pembaharu Islam yang berfokus kepada pemberantasan syirik dan bid’ah adalah . . . .

A. Thawalib

B. Jam’iyat Khair

C. Al-Irsyad

D. Persatuan Ulama

E. Muhammadiyah

Jawaban : E. Muhammadiyah

Pembahasan : Gerakan pembaharu islam yang berfokus kepada pemberantasan syirik dan bid’ah adalah tajdid yang artinya adlah pembaharuan. Dan pelakunya adalah mujaddid. Hampir semua gerakan pembahuruan islam terjadi karena kerisauan mujaddid atas terjadinya penyelewengan dalam akidah, kemunduran umat dan situasi keterjajahan.

II. Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang singkat dan benar!

1. Menghargai jasa para pahlawan muslim yang telah mengorbankan segalanya demi tersebarnya syiar Islam merupakan . . . . (Salah satu wujud berterima kasih kepada pahlawan yang rela berjuang demi menyebarkan syariat islam di indonesia)

2. Memahami dan menganalisis sumber-sumber sejarah untuk mendapatkan informasi terkini dan valid mengenai sejarah Islam diperlukan . . . . (Sumber terpercaya, bisa lewat dalil naqli dan dalil aqli)

3. Sikap dan perilaku para dai pada masa permulaan masuknya Islam di Indonesia perlu dicontoh oleh para dai masa kini karena . . . . (Dalam berdakwah tidak menggunakan kekerasan, tapi penuh kelembutan dan toleransi tinggi)

4. Sebagai seorang muslim maka semua aktivitas dalam hidup (pernikahan, perdagangan, kesenian, dan lain-lain) harus dijadikan sebagai sarana dakwah, karena . . . . (Islam mengatur segala aspek kehidupan)

5. Menjadi dai yang mukhlis (ikhlas), tanpa mengukur jerih payah dalam berdakwah dengan penghasilan dalam kehidupan yang serba materi merupakan . . . . (Sesuatu yang terpuji karena Kelak Allah Lah yang membayar itu semua)

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan benar!

1. Mengapa terjadi perbedaan pendapat tentang sejarah awal masuknya agama Islam ke Nusantara (Indonesia)?

Memang sering terjadi perbedaan pendapat tentang sejarah awal masuknya agam islam ke Nusantara Indonesia hal ini dikarenakan karena adanya perbedaan cara pandang yang disebabkan perbedaan bukti-bukti atau alasan yang mereka kemukakan.

2. Apa yang kalian ketahui tentang perkampungan “Baros” di pesisir Sumatera dalam konteks sejarah masuknya agama Islam ke Indonesia?

Hal yang saya ketahui ketahui tentang perkampungan “Baros” di pesisir Sumatera dalam konteks sejarah masuknya agama Islam ke Indonesia adalah sebagai berikut:

Kampung Baros adalah kampung islam di daerah pesisir barat pulau sumatera yang juga disebut fansur. Kampung Baros jugadikenal sebagai daerah awal masuknya agama islam di nusantara sekitar abad ke 7 M.

Kampung Barus adalah kampung Islam di daerah pesisir Barat Pulau Sumatera yang juga disebut Fansur. Kampung kecil ini merupakan sebuah kampung kuno yang berada di antara kota Singkil dan Sibolga, sekitar 414 kilometer selatan Medan. Amat mungkin Barus merupakan kota tertua di Indonesia, mengingat dari seluruh kota di Nusantara hanya Barus yang namanya sudah disebut-sebut sejak awal Masehi oleh literatur-literatur Arab, India, Tamil, Yunani, Syiria, Armenia, China dan sebagainya. Berdasakan buku Nuchbatuddar karya Addimasqi, Barus juga dikenal sebagai daerah awal masuknya agama Islam di nusantara sekitar abad ke-7 M.

3. Secara global kita menyatakan bahwa agama Islam tersebar di Nusantara secara damai. Bagaimana kalian menjelaskan makna “damai” tersebut dalam kasus penaklukan bersenjata, pertempuran antar kerajaan Islam, atau bahkan perang saudara karena berebut kekuasaan, seperti yang terjadi di kerajaan Demak? Uraikan jawaban kalian dengan menganalisis latar belakang kasus-kasus tersebut!

Kita semua tau bahwa manusia tidak ada yang sempurna, bahkan sering melakukan kesalahan, dan hal yang menentang dengan agama, bahkan banyak juga orang dari agama lain yang melakukan kesalahan, bahkan juga tidak mengikuti ajaran agama mereka, seperti kristen, banyak dari mereka yang makan babi tapi dalam kitab mereka sudah dijelaskan bahwa mereka dilarang memakan babi, dan juga sebagian besar dari mereka tidak disunnat, padahal dalam kitab mereka, mereka dianjurkan disunnat. pada kasus ini, bisa dikatakan manusiawi, bahkan keluarga terhamonis pun bisa memiliki masalah yang membuat mereka saling bertentangan, atau mungkin mereka melakukan itu karena terdesak, dan tak ada cara lain untuk menegakkan keadilan, jadi kesimpulannya adalah manusia tak ada yang sempurna dan tak luput dari kesalahan.

Pada saat kasus penaklukan bersenjata, pertempuran antar kerajaan islamatau bahan perang saudara pada saat itu belum mengenal damai karena berebut wilayah dan kekuasaan. Namun muncul aliran tasawufdalam islam. Dalam aliran ini lah yang paling  didifusikan lewat pengalaman personal dalam mendekati Tuhan. Aliran inilah yang paling cepat mendorong perdamainan penduduk indonesia ke dalam  islam nusantara.

4. Agama Islam disebarkan melalui berbagai jalur/metode. Jalur apa yang menurut kalian paling cocok untuk digunakan dalam strategi dakwah dalam konteks abad digital seperti saat ini? Jelaskan alasan kalian!

Perdagangan atau lewat alat komunikasi seperti TV karena orang orang semakin banyak melakukan transaksi jual beli. Oleh karena itu, dalam meningkatkan sarana dakwah kita dapat membuat suatu inovasi yang unik, trend terutama di kalangan anak muda. Contohnya makanan, beredar makanan yang tidak halal dari pandangan islam dimana-mana. Maka sebaiknya kita membuat inovasi yang menarik agar diminati dan terutama halal dengan cabang yang sampai ke luar negeri karena disanalah makanan haram yang paling beredar. bisa juga jam penunjuk waktu salat.

5. Nilai keteladanan apa saja yang dapat kamu ambil dari para muballigh pada masa awal datangnya Islam di nusantara?

  • Mengutamakan perdamaian dan menghindarkan diri dari peperangan
  • Tidak menghilangkan budaya yang sudah berkembang,namun cukup menghapus ajaran yg menyimpang dan mengganti dengan ajaran yg sesuai syara’
  • Tetap menghormati apabila ditolak ajaran nya disuatu daerah
  • Dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Evaluasi Kegiatan di bawah ini yang tidak termasuk strategi penyebaran dakwah Islam di Indonesia adalah Halaman 209-211 Bab 9 (Rahmat Islam bagi Nusantara)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas 12 Kurikulum 2013 Revisi 2018 Evaluasi Kegiatan di bawah ini yang tidak termasuk strategi penyebaran dakwah Islam di Indonesia adalah Halaman 209-211 Bab 9 (Rahmat Islam bagi Nusantara). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!