Breaking News

Kegiatan Bereksplorasi Untuk melengkapi keterampilan mengenai sel, jaringan, dan organ, kamu diminta untuk melakukan eksplorasi terhadap ketiga hal tersebut

Questions and Answer Key Natural Sciences Grade 7 curriculum in 2013 Revised 2016 Exploring Event To complement the skills of the cells, tissues, and organs, you are asked to conduct exploration on these three pages 16-17 Section 1 (System of Life Organization) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kegiatan Bereksplorasi Untuk melengkapi keterampilan mengenai sel, jaringan, dan organ, kamu diminta untuk melakukan eksplorasi terhadap ketiga hal tersebut Halaman 16-17 Bab 1 (Sistem Organisasi Kehidupan) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Ayo Lakukan

Kegiatan Bereksplorasi

Untuk melengkapi keterampilan mengenai sel, jaringan, dan organ, kamu diminta untuk melakukan eksplorasi terhadap ketiga hal tersebut. Eksplorasi dilakukan dengan menelusuri gambar dan mengidentifkasi penjelasan pada gambar.

Lakukan langkah-langkah berikut

  1. Perhatikan Gambar 1.8 di atas.
  2. Sebutkan organ pada bagian tumbuhan yang ditunjuk.
  3. Identifikasilah letak organ tersebut beserta fungsinya.
  4. Catatlah hasil pengamatanmu pada buku tugasmu.
  5. Carilah informasi melalui buku, majalah, koran, internet, atau sumber yang lain.
  6. Tulislah kesimpulan dari hasil pengamatan kegiatan ini pada buku tugasmu.
  7. Laporkan hasil kegiatanmu kepada gurumu dan mintalah pendapatnya.

Berikut ini bagian-bagian dan fungsinya dari tumbuhan yang ditunjuk pada Gambar 1.8:

  1. Tunas Apikal (Ujung Batang)

Tunas apikal adalah tunas yang tumbuh di pucuk (puncak) batang. Tunas apikal akan membentuk jaringan baru seperti akar, cabang dan daun.

  1. Nodus (Ruas Batang)

Nodus merupakan ruas batang tempat bertumbuhnya daun. Fungsi nodus adalah sebagai tempat melekatnya daun dan berfungsi untuk mempercepat impuls saraf tumbuhan.

  1. Tangkai Daun

Daun merupakan organ tumbuhan yang memiliki fungsi utama untuk membuat makanan melalui proses fotosintesis. Selain itu, fungsi daun yaitu sebagai tempat pengeluaran air dengan cara penguapan dan respirasi.

  1. Internodus (ruas antar batang)

Internodus adalah daerah diantara dua nodus di batang. Fungsinya menghubungkan nodus dengan nodus lainnya.

  1. Kuncup Bunga

Bunga merupakan alat reproduksi tumbuhan.

Berikut ini merupakan bagian-bagian bunga yaitu:

  • Kelopak bunga. Pada umumnya berwarna hijau. Fungsinya sebagai pembungkus dan melindungi kuncup bunga sebelum mekar.
  • Mahkota bunga. Umumnya Memiliki warna yang cerah dan menarik. Fungsi mahkota bunga yaitu untuk menarik serangga untuk datang dan menyerbuki bunga. Pada bunga dikotil biasanya terdapat mahkota bunga berjumlah 4, 5, atau kelipatannya. Adapun pada tumbuhan monokotil berjumlah 3 atau kelipatannya.
  • Benang sari merupakan alat kelamin jantan pada tumbuhan. Apabila serbuk sari masuk ke putik, maka akan terjadi pembuahan.
  • Putik merupakan alat kelamin betina pada tumbuhan.
  1. Buah

Buah merupakan hasil dari perubahan yang terjadi pada bunga karena adanya proses pembuahan gamet jantan dan betina. Manfaat buah yaitu melindungi bakal tumbuhan baru. Hal ini karena di dalam buah terdapat biji yang merupakan bakal tumbuhan baru. Daging dan kulit buah akan melindungi biji dari pengaruh buruk yang berasal dari luar.

  1. Akar

Akar adalah bagian tumbuhan yang berada di dalam tanah dan berbentuk meruncing sehingga lebih mudah menembus tanah. Akar berasal dari akar lembaga atau radikula yang terdapat pada biji tumbuhan.

Fungsi akar antara lain:

  • Memperkuat tubuh tumbuhan pada tanah.
  • Menyimpan cadangan makanan dalam bentuk umbi akar seperti pada wortel.
  • Menyerap air dan garam-garam mineral terlarut yang dibantu oleh raambut akar.
  • Sebagai alat pernapasan seperti pada beringin dan bakau.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kegiatan Bereksplorasi Untuk melengkapi keterampilan mengenai sel, jaringan, dan organ, kamu diminta untuk melakukan eksplorasi terhadap ketiga hal tersebut Halaman 16-17 Bab 1 (Sistem Organisasi Kehidupan)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 7 Kurikulum 2013 Revisi 2016 Kegiatan Bereksplorasi Untuk melengkapi keterampilan mengenai sel, jaringan, dan organ, kamu diminta untuk melakukan eksplorasi terhadap ketiga hal tersebut Halaman 16-17 Bab 1 (Sistem Organisasi Kehidupan). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah 2, rasionya menjadi 7 : 9. Tentukan hasil kali kedua bilangan itu!

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!