Breaking News

Kegiatan 9.8 Secara berdiskusi, buktikanlah bahwa frasa di bawah ini bersifat ajektif

Questions and Answer Keys in Indonesian Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 9.8 In a discussion, prove that the phrases below are adjective Page 254 Chapter 9 (Develop a Passion for Reading) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 9.8 Secara berdiskusi, buktikanlah bahwa frasa di bawah ini bersifat ajektif Halaman 254 Bab 9 (Kembangkan Kegemaran Membaca) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 9.8

A. Secara berdiskusi, buktikanlah bahwa frasa di bawah ini bersifat ajektif!

1. Sunyi senyap

Frasa ini dapat diartikan sebagai keadaan yang hampir tidak ada suara sama sekali. 

Contoh : Kemarin malam, suasananya begitu sunyi senyap.

Dari contoh ini, kita bisa membuktifkan bahwa frasa ini bersifat ajektif karena menjelaskan sifat dari suasana malam, yang hampir tidak ada suara.

2. Halus sekali

Frase ‘halus sekali’ merujuk ke sifat permukaan suatu benda yang sangat halus, hampir seperti tepung. Karena menerangkan sifat, maka frase ini bersifat ajektif.

3. Begitu kusam

Frase ‘begitu kusam’ merujuk pada sifat subyek yang sangat kotor, hampir tidak terlihat tampilan aslinya. Karena menjelaskan sifat subyek, kata ini bersifat ajektif.

4. Tidak halus

Frase ini juga bisa diartikan sebagai ‘kasar’. Karena kasar sendiri merupakan kata sifat, frase ini bisa langsung digolongkan sebagai frase ajektif.

5. Sangat pandai

Frase ini merujuk ke tingkat perbandingan pada kata ‘pandai’. Karena kata pandai sendiri merupakan kata sifat, frase ini bersifat ajektif

6. Tidak lama

Frase ini bisa diartikan sebagai ‘sebentar’. Karena kata ‘sebentar’ merupakan kata sifat, frase ‘tidak lama’ juga bersifat ajektif.

7. Mudah sekali

Frase ‘mudah sekali’ dibentuk dari kata ‘mudah’ dan kata ‘sekali’ atau ‘sangat’ yang merujuk ke tingkat perbandingan. Karena kata ‘mudah’ termasuk dalam kata sifat, maka frase ini tergolong bersifat ajektif.

8. Putih bersih

Frase ‘putih bersih’ sebenarnya menjelaskan kondisi yang sangat bersih, tak ada noda sama sekali sehingga seolah-olah terlihat putih. Kata ‘putih’ dipilih karena masyarakat kita biasanya mengidentikkan warna putih sebagai warna yang bersih atau suci. Karena ‘bersih’ tergolong kata sifat, maka frase ini bersifat ajektfi.

9. Hitam legam

Frase ini meruju kepada warna suatu benda yang saking hitamnya, benda tersebut hampir tidak terlihat di kala malam. Karena pada intinya frase ini berpusat di kata ‘hitam’ yang merupakan kata sifat, maka frase ini bersifat ajektif

10. panjang lebar

Yang dimaksud dengan frasa ‘panjang lebar’ bukanlah luas seperti pada perhitungan matematika, tapi ‘merinci’ atau ‘mendetil’. Kata ‘panjang’ dan ‘lebar’ dipilih karena keduanya merupakan unsur dari kebanyakan bangun ruang yang umum kita lihat seperti persegi panjang dan persegi empat. Dengan menggabungkan keduanya, seolah-olah kita sudah menjelaskan semua aspek komponen suatu benda. Karena kata ini memiliki arti ‘mendetil’ yang berupakan kata sifat, maka frase ini bersifat ajektif.

B. Tunjukkanlah frasa ajektif dalam paragraf berikut!

1. Acara lain yang sangat menarik adalah acara “Dari Desa ke Desa. Dalam acara ini bisa menyaksikan wajah desa yang hijau, tenang, dan jauh dari hirup pikuk. Perilaku orang-orang desa yang polos murni sepatutnya dicontoh oleh orang-orang kota. Kecantikan alam desa selalu menggugah rasa, ingin kita mengunjunginya. Sekaligus kita pun sangat bangga, betapa beragamnya tanah air tercinta ini. Memang benar acara ini semakin menebalkan rasa cinta dan bangga akan negeri sendiri.

  • Sangat menarik
  • Yang hijau
  • Yang tenang
  • Yang jauh
  • Yang polos murni
  • Sangat bangga

2. Mereka tetap mempertahankan warna album yang berlirik puitis. Album yang digarap sejak Februari itu memang berbeda dengan album Padi sebelumnya yang penuh dinamika. Lagu “Seandainya Bisa Memilih” dan “Semua Tak Sama,” misalnya, sangat membantu kemampuan vokal Fadly dalam menyesuaikan tempo musik yang berubah-ubah. Nuansa harpa dari Maya Hassan begitu memukau dan harmonis. Begitu pun dengan paduan suara Ingimto Trisakti Choir, turut memperkaya kesan orkestra musik mereka.

  • Penuh dinamika
  • Sangat membantu
  • Begitu memukau
  • Begitu harmonis

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 9.8 Secara berdiskusi, buktikanlah bahwa frasa di bawah ini bersifat ajektif Halaman 254 Bab 9 (Kembangkan Kegemaran Membaca)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 9.8 Secara berdiskusi, buktikanlah bahwa frasa di bawah ini bersifat ajektif Halaman 254 Bab 9 (Kembangkan Kegemaran Membaca). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh 1 gram karbohidrat. Namun, karbohidrat dijadikan sebagai sumber energi utama. Bagaimana analisis kamu mengenai hal tersebut? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Sebagaimana diketahui energi yang dihasilkan untuk satu gram lemak lebih besar dibandingkan dengan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!