Breaking News

Kegiatan 9.7 Bacalah cerpen di bawah ini dengan baik Catatlah hal-hal menarik dari cerpen di bawah ini

Questions and Answer Key Indonesian Class 8 Revised Curriculum 2013 2017 Activity 9.7 Read the short story below is well Note the interesting features of the short story below 250 page Chapter 9 (Develop Craze Reading) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 9.7 Bacalah cerpen di bawah ini dengan baik Catatlah hal-hal menarik dari cerpen di bawah ini Halaman 250 Bab 9 (Kembangkan Kegemaran Membaca) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 9.7

Bacalah cerpen di bawah ini dengan baik!

Catatlah hal-hal menarik dari cerpen di bawah ini, yakni berkenaan dengan unsur-unsur di bawah ini. Kerjakan bersama kelompokmu!

Untuk referensi, digunakan cerpen pada link berikut ini :
https://l4mb4ng.wordpress.com/tag/hukuman-manis-buat-arya/

Secara garis besar, cerpen ini menceritakan mengenai kisah seorang anak bernama Arya yang melakukan ketidakjujuran, yaitu mengambil soal ulangan matematika yang dibuat oleh ibunya yang tidak lain adalah gurunya di sekolah. Ketidakjujuran ini membuat Arya mendapat nilai bagus saat ulangan, namun ia merasa resah karena melakukan kecurangan. Terlebih lagi, ia mendapat perlakuan yang sangat baik dari orangtuanya setelah mendapat nilai bagus. Perlakuan yang baik ini menjadi ‘hukuman’ yang manis, karena secara tidak langsung telah membuat Arya menjadi semakin merasa bersalah. 

Unsur Cerita Daya Tarik
a. Tema Tema merupakan gagasan pokok yang mendasari keseluruhan isi cerita. Dalam cerpen Hukuman Manis buat Arya, tema yang dipakai adalah kejujuran seorang anak dan kasih orangtua kepada anak meskipun tahu anaknya telah melakukan kesalahan.
b. Alur Alur yang digunakan dalam cerpen ini adalah alur maju.

Adapun rangkaian peristiwa yang terdapat pada cerpen ini antara lain :

  • Arya dan Dani akan menghadapi ulangan matematika.
  • Dani menantang Arya untuk mengambil soal ulangan matematika dari ibunya.
  • Arya berhasil mengambil soal ulangan tersebut.
  • Keesokan harinya, Arya dan Dani berhasil mengerjakan ulangan matematika.
  • Arya mendapat hadiah chicken pie karena mendapat nilai matematika paling tinggi di kelas.
  • Arya merasa resah karena mendapat perlakuan baik setelah melakukan kecurangan.
  • Arya mengaku pada orangtuanya bahwa ia telah mencuri soal ulangan matematika.
  • Ibu menasihati Arya dengan bijaksana.
c. Penokohan Beberapa tokoh yang ada dalam cerpen ini beserta penokohan atau watak tokoh tersebut adalah :

  • Arya: jujur dan bertanggung jawab

Arya digambarkan sebagai tokoh yang jujur karena ia tidak terbiasa melakukan kecurangan. Ia merasa resah setelah melakukan kecurangan. Watak tanggung jawab tergambar dari keberaniannya untuk mengaku kepada orangtuanya atas kecurangan yang ia lakukan.

  • Dani : licik, senang menantang dan memanfaatkan teman

Watak licik tergambar dari tokoh Dani karena ia yang memiliki ide untuk mencuri soal ulangan matematika. Ia menantang dan mengejek Arya pengecut apabila Arya tidak berani mencuri soal ulangan. Dani memanfaatkan Arya yang anak seorang guru untuk kepentingan ia sendiri.

  • Ibu : bijaksana, pemaaf

Ibu digambarkan sebagai tokoh yang pemaaf karena mau memaafkan anaknya yang telah melakukan kecurangan.Selain itu, ibu digambarkan sebagai tokoh yang bijaksana karena ia tidak langsung memarahi Arya meskipun ia tahu anaknya melakukan kecurangan. Ia memilih untuk memperlakukan Arya secara manis sehingga Arya belajar untuk mengakui kesalahannya sendiri.

  • Ayah : baik hati dan bijaksana

Sifat ayah yang baik hati dan bijaksana tergambar dari caranya menyikapi permasalahan yang terjadi antara ibu dan anak. Ayah menghormati keputusan ibu yang menghukum anaknya dengan cara yang manis. Setelah mengetahui permasalahannya, ayah juga tidak serta merta memarahi anaknya karena mengetahui anaknya sudah belajar dari kesalahannya.

  • Astri : sayang pada kakaknyaAstri merupakan seorang adik yang sayang pada kakaknya, tergambar dari keinginannya untuk memberikan hadiah bagi sang kakak setelah mendengar kakaknya mendapat nilai tertinggi di ulangan matematika.
d. Setting Setting atau latar yang digambarkan dalam cerpen ini adalah sebagai berikut:

  • Setting waktu

Setting waktu pada awal cerita adalah sore hari. Setting ini digambarkan pada kalimat: “Sore itu tidak ada seorang pun di rumah kecuali Arya.”Setting kedua adalah pagi hari, ini tergambar pada kalimat berikut: “Keesokan harinya, ulangan matematika berlangsung sesuai jadwal.”Setting ketiga adalah malam hari. Ini tergambar pada kalimat: “Saat makan malam tiba, dengan bangga ibu menceritakan kehebatan anaknya.”

  • Setting tempat

Terdapat dua setting tempat dalam cerpen ini. Setting tempat yang pertama adalah di rumah. Setting tempat di rumah diungkapkan dalam kalimat: “Arya berdiri di ruang makan. Sebentar-bentar dia mengintip ke ruang kerja ayahnya.” Sedangkan setting yang kedua adalah di ruang kelas, diungkapkan pada kalimat berikut: “Keesokan harinya, ulangan matematika berlangsung sesuai jadwal.”

  • Setting suasana

Suasana yang digambarkan dalam cerpen ini adalah suasana gelisah. Hal ini diungkapkan dalam kalimat berikut: “Arya mulai gelisah. Ia ingin sekali masuk ke ruangan itu.”

e. Gaya Bahasa Gaya bahasa pada cerpen dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu gaya bahasa retorika dan kiasan. Gaya bahasa retorika adalah gaya bahasa yang menyampaikan secara langsung makna dari kalimat, sedangkan gaya bahasa kiasan menyampaikan makna kalimat secara tidak langsung. Gaya bahasa dalam cerpen ini adalah gaya bahasa retorika karena tidak menggunakan kiasan apapun.

3. Secara bergiliran, laporkanlah hasilnya di depan kelompok lainnya untuk mereka nilai dengan menggunakan rubrik seperti berikut!

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 9.7 Bacalah cerpen di bawah ini dengan baik Catatlah hal-hal menarik dari cerpen di bawah ini Halaman 250 Bab 9 (Kembangkan Kegemaran Membaca)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 9.7 Bacalah cerpen di bawah ini dengan baik Catatlah hal-hal menarik dari cerpen di bawah ini Halaman 250 Bab 9 (Kembangkan Kegemaran Membaca). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua kota tersebut adalah 120 km. Jika Kota B dan Kota C pada peta yang sama berjarak 4 cm, maka tentukan jarak sebenarnya Kota B dan Kota C!

[Kunci Jawaban] Kota A dan kota B pada peta berjarak 6 cm. Jarak sebenarnya kedua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!