Breaking News

Kegiatan 7.8 Buatlah teks persuasif dengan langkah-langkah sebagai berikut

Questions and Answer Key Indonesian Class 8 Revised Curriculum 2013 2017 Activity 7.8 Create persuasive text with the following steps Page 196 Chapter 7 (Speak Persuasive) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 7.8 Buatlah teks persuasif dengan langkah-langkah sebagai berikut Halaman 196 Bab 7 (Berbahasa Persuasif) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 7.8

A. Buatlah teks persuasif dengan langkah-langkah sebagai berikut!

1. Menentukan tema atau bujukan utamanya.

2. Mencatat perincian-perincian yang mengarahkan pada ajakan itu yang berupa pendapat/fakta.

3. Menyusun pendapat, fakta, dan rumusan ajakan sesuai dengan struktur teks persuatif sebagai berikut.

Struktur Teks Persuasif Rincian
a. Pengenalan isi (tema) Tahun 2019 ini kita kembali memasuki tahun penting dalam kehidupan kita sebagai bangsa dan negara. Dua bulan lagi kita akan melaksanakan pesta demokrasi lima tahunan untuk memilih presiden, wakil presiden, serta orang-orang yang akan duduk di lembaga legislatif. Meski kita sudah pantas menyambut ajang ini dengan antusiasi, namun kita harus mengingat satu hal. Kita harus memilih dengan bijak dan tepat, jangan sampai mereka yang tidak berkualitas malah terpilih melalui ajang tersebut, terutama mereka yang hanya haus akan kekuasaan dan mencoba melakukan segala cara untuk meraihnya, termasuk menyebar kebencian.
b. Rangkaian argumen (pendapat/fakta) Meraih simpati melalui penyebaran teror, rasa benci, rasa takut, serta menggunakan data tidak berdasar dan klaim-klaim tidak jelas semakin santer digunakan dalam masa kampanye pilpres tahun ini. Banyak pihak yang menggunakan cara ini untuk menakuti masyarakat dan tidak mau meminta maaf karena telah melakukannya. Di mulut, mereka berkata bahwa mereka sedang berjuang untuk rakyat, namun pada nyatanya mereka hanya menyebarkan klaim tidak berdasar, menuduh pemerintah dengan tanpa bukti, menebar ketakutan, kekacauan, menyebar fitnah, mengejek pemuka agama, dan semuanya dilakukan tanpa ada rasa bersalah. Orang-orang seperti ini tidak layak untuk dipilih menjadi wakil kita di lembaga legislatif maupun pemimpin kita di tingkat eksekutif.

Orang-orang semacam ini bukanlah orang-orang yang layak untuk kita percaya karena mereka sendiri sebenarnya tidak peduli dengan kondisi kita. Ujaran bahwa mereka sedang berjuang membela kepentingan masyarakat, terutama rakyat kecil, hanya menjadi senjata untuk memperoleh kekuasaan tanpa peduli cara untuk mewujudkannya. Salah satu buktinya adalah mereka membela para koruptor yang maju kembali sebagai calon legislatif dengan alasan korupsi yang mereka lakukan tidak seberapa, kemudian puisi yang dijadikan sebagai alat untuk melecehkan pemuka masyarakat, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk menggunakan akal dan budi. Gunakanlah pemikiran logis  untuk memilih pemimpin yang tepat berdasarkan kualitas yang dimilikinya, mereka yang berada di sekitarnya, serta sikap dan perilaku yang mereka miliki. Jangan sampai bangsa ini dikenal sebagai bangsa yang suka menebar teror, rasa takut, dan fitnah sekadar demi kekuasaan.

c. Pernyataan ajakan Maka nanti pada tanggal 17 April 2019, marilah kita menggunakan hak pilih kita sebagai warga negara. Mari kita memastikan bahwa negeri ini akan dipimpin oleh orang yang berkualitas atau setidaknya orang-orang yang baik yang akan berjuang sekuat tenaga mereka untuk kepentingan rakyat, bukan sekadar membela orang-orang jahat, koruptor, pelaku tindak kejahatan HAM di masa lalu, penyebar teror, penyebar rasa takut, penyebar fitnah, mereka yang suka mengejek orang lain, dan lain sebagainya. Orang-orang seperti ini bahkan tidak pantas tinggal di negeri ini.

4. Mengembangkan kerangka tersebut menjadi teks persuasi yang lengkap dengan memperhatikan kaidah kebahasaannya.

B. Lakukanlah silang baca dengan salah seorang teman untuk saling memberikan koreksi (penyuntingan) berdasarkan daya tarik isi, ketepatan struktur, kebakuan kaidah kebahasaan, serta ketepatan ejaan dan tanda bacanya.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 7.8 Buatlah teks persuasif dengan langkah-langkah sebagai berikut Halaman 196 Bab 7 (Berbahasa Persuasif)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 7.8 Buatlah teks persuasif dengan langkah-langkah sebagai berikut Halaman 196 Bab 7 (Berbahasa Persuasif). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!