Breaking News

Kegiatan 7.6 Amatilah kembali teks yang berkenaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda di depan secara berkelompok. Buktikan aspek kebahasaannya bahwa teks tersebut tergolong ke dalam jenis teks persuasi

Questions and Answer Keys Indonesian Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 7.6 Review the text related to the commemoration of Youth Pledge Day in front of the group. Prove the linguistic aspect that the text belongs to the type of persuasive text. Page 190 Chapter 7 (Language Persuasive) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 7.6 Amatilah kembali teks yang berkenaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda di depan secara berkelompok. Buktikan aspek kebahasaannya bahwa teks tersebut tergolong ke dalam jenis teks persuasi Halaman 190 Bab 7 (Berbahasa Persuasif) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 7.6

A. 1. Amatilah kembali teks yang berkenaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda di depan secara berkelompok.

2. Buktikan aspek kebahasaannya bahwa teks tersebut tergolong ke dalam jenis teks persuasi!

3. Catatlah aspek-aspek kebahasannya itu ke dalam tabel berikut! Kemudian, rumuskanlah simpulanmu tentang ciri teks tersebut berdasarkan aspek-aspek kebahasaannya itu!

Aspek Kebahasaan Hasil Pengamatan
a. Bujukan, ajakan
  • Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya.
  • Begitu juga bangsa kita hendaklah demikian sehingga dalam mengikuti derap langkah pembangunan yang dilaksanakan Pemerintah sekarang bisa seirama menuju satu sasaran: masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Mahakuasa.
  • Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa, sudah sewajarnya jika pada masa-masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam sumpah pemuda.
  • Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi.
  • Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebajikan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing.
  • Demikianlah, semoga semangat persatuan yang tecermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi untuk dijadikan moda perjuangan membela bangsa dan negara.
b. Pendapat Sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan dan kekompakan, termasuk upaya kita dalam mensyukuri nikmat Allah.
c. Fakta
  • Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan “Sumpah Pemuda”.
  • Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama.
  • Dari modal persatuan itulah kemudian bangsa Indonesia dapat mencapai kemerdekaannya yang telah diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.
d. Kata teknis (istilah)
  • Ikrar
  • senjata
  • modal
  • predikat
e. Konjungsi kausalitas Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa. (konjungsi kausalitas : karena itulah)
f. Kata kerja mental
  • Bangsa Indonesia khususnya dari golongan pemuda pada masa itu, tahun 1928, telah berhasil mewujudkan persatuan bangsa yang kemudian melahirkan ikrar bersama yang kita kenal dengan “Sumpah Pemuda”. (kata kerja mental : mewujudkan, melahirkan)
  • Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kamu harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. (kata kerja mental : menyambut, mengambil)
  • Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama. (Kata kerja mental : menghadapi, menghadapinya)
  • Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa.(kata kerja mental : mengucapkan, mengusir, memorak-porandakan)
g. Kata perujukan Tidak ada kata perunjukan pada teks tersebut, seperti : seperti berdasarkan data…, merujuk pada pendapat…..
Simpulan Teks pidato “Perlunya Memperingati Hari Sumpah Pemuda termasuk dalam teks persuasi karena mengandung penyataan-pernyataan yang mengandung ajakan, dorongan, atau bujukan. Kaidah kebahasaan yang digunakan pun menunjukkan bahwa teks tersebut adalah teks persuasi. Tetapi teks di atas kurang mencantumkan kata-kata perunjukan yang digunakan untuk lebih meyakinkan dan memperkuat bujukan yang digunakan penulis sebelum ataupun sesudahnya.

B. 1. Bacalah teks persuasi dari sumber lain!

2. Secara berkelompok, lakukanlah penelaahan terhadap kaidah kebahasaan teks tersebut!

3. Bagaimanakah kaidah-kaidah kebahasaan yang dominan di dalam teks tersebut?

  • Menggunakan kata-kata teknis/ istilah yang bersangkutan dengan topik yang dibahas.
  • Menggunakan kata-kata penghubung yang bersifat argumentatif. Misalnya, jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu.

B. Apakah kaidah-kaidahnya itu sama dengan yang ada pada teks persuasi berjudul “Internet dan HAKI”?

1. Pernyataan Bujukan

Pernyataan bujukan merupakan tanda utama dari sebuah teks persuasi. Namanya saja persuasi, pasti bersifat persuasif, yaitu bersifat untuk mengajak. Untuk mengajak pasti digunakan pernyataan ajakan atau bujukan.

Kalimat atau pernyataan yang berupa bujukan ditandai dengan penggunakan kata: penting; harus; sepantasnya; sebaiknya; seyogyanya; alangkah baiknya; dan kata-kata sejenis itu.

Dalam teks persuasi ‘Internet dan Haki’ pernyataan bujukan terdapat dalam kalimat:

Kalimat di atas, merupakan kalimat ajakan yang ditandai dengan adanya frase ‘kita harus’. Kalimat lain dalam teks persuasi Internet dan Haki antara lain:

  • Jadikanlah wahana yang satu ini sebagai penambah wawasan.
  • Bersyukurlah sekali kalau orang tua kita berbaik hati mau berbagi dan terbuka sama kita tentang apa saja yang kita tanyakan sama mereka.

2. Terdapat Pendapat (Opini) dan Fakta

Adanya pendapat dan fakta dalam teks persuasi, merupakan data pendukung untuk menyatakan isu dan memperkuat ajakan. Pendapat meruapakan bagian yang muncul sebagai ajakan, sementara fakta disajikan sebagai dasar untuk mengajak untuk melakukan sesuatu tersebut.

Maka dari itu, ciri kebahasaan (kaidah kebahasaan) teks persuasi mengandung kalimat yang berupa fakta dan kalimat opini atau pendapat.

Adapun kalimat atau pernyataan fakta dalam teks persuasi Internet dan Haki adalah:

Nah, lewat situs-situs tertentu di internet, beragam informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan.

  • Akan tetapi, HAKI yang akan kami bahas sekarang merupakan singkatan dari hak-hak reproduksi.
  • Dari sepuluh itu, salah satunya adalah mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja.

Adapun kalimat opini atau pendapat dalam teks persuasi Internet dan Haki adalah:

  • Wah, bosan ya, bolak-balik mengupas masalah yang satu ini?
  • Supaya kita bisa tahu dan bisa menentukan pilihan atas diri dan kesehatan reproduksi kita.

3. Menggunakan Kata Teknis

Yang dimaksud dengan kata teknis adalah, kata-kata yang berkaitan langsung (terapan) dari tema yang sedang dibahas. Misalnya temanya tentang menjaga lingkungan pertanian, maka akan digunakan kata teknis tentang pertanian misalnya: persemaian; irigasi; penyiangan; pupuk; unsur hara; dsb. Yang merupakan kata teknis di bidang pertanian.

Masing-masing teks persuasi pasti memiliki kata teknis yang berbeda sesuai dengan temanya. Jika dikembalikan pada teks persuai Internet dan Haki maka kata teknisnya berkaitan dengan kesehatan reproduksi remaja.

Beberapa kata teknis dalam teks persuasi Internet dan Haki adalah:

  • aborsi
  • kesehatan seksual
  • reproduksi
  • internet
  • situs
  • teknologi
  • kunjungi

4. Menggunakan Kata Penghubung Argumentatif

Kata pernghubung argumentat if adalah kata penghubung yang menandakan hubungan alasan. Adapun beberapa kata penghubung argumentatif ad alah: jika, sebab, karena, dengan demikian, akibatnya, oleh karena itu dan penghubung sejenisnya.

Adapun contoh kata penghubung argumentat if dalam teks persuasi Internet dan Haki antara lain terdapat dalam kalimat berikut ini :

  • Akibatnya, mereka menyesal, lalu terpikir untuk aborsi.

5. Menggunakan Kata Kerja Mental

Kata kerja mental adalah kata kerja abstrak yang tidak bisa dilakukan secara fisik yang bisa dilihat. Kata kerja mental yang bisa dan biasa digunakan dalam teks persuasi antara lain, diharapkan, memprihatinkan, memperkirakan, mengagumkan, berpendapat, menduga, berasumsi, menyimpulkan, dan sebagainya. Adapun kaidah kebahasaan penggunaan kata kerja mental dalam teks persuasi Internet dan Haki antara lain :

  • Sekadar mengingatkan saja, sebagai remaja kita punya sepuluh hak reproduksi yang sepantasnya kita pertahankan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 7.6 Amatilah kembali teks yang berkenaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda di depan secara berkelompok. Buktikan aspek kebahasaannya bahwa teks tersebut tergolong ke dalam jenis teks persuasi Halaman 190 Bab 7 (Berbahasa Persuasif)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 7.6 Amatilah kembali teks yang berkenaan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda di depan secara berkelompok. Buktikan aspek kebahasaannya bahwa teks tersebut tergolong ke dalam jenis teks persuasi Halaman 190 Bab 7 (Berbahasa Persuasif). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal dari fosil secara berlebihan? Coba jelaskan!

[Kunci Jawaban] Apakah yang dimaksud energi fosil? Mengapa kita tidak boleh menggunakan energi yang berasal …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!