Breaking News

Kegiatan 6.7 Bacalah sebuah buku, baik itu buku sastra maupun buku ilmiah populer. Catatlah identitas buku dan hal-hal lainnya seperti yang telah dipaparkan di depan

Questions and Answer Key Indonesian Class 8 Curriculum 2013 6.7 Revision 2017 Activity Read a book, be it a book of literary and popular science books. Write down the identity of the book and other things as described above. Pages 171-172 Chapter 6 (Review of Our Work) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 6.7 Bacalah sebuah buku, baik itu buku sastra maupun buku ilmiah populer. Catatlah identitas buku dan hal-hal lainnya seperti yang telah dipaparkan di depan Halaman 171-172 Bab 6 (Ulasan Karya Kita) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 6.7

A. 1.Bacalah sebuah buku, baik itu buku sastra maupun buku ilmiah populer. Usahakan buku itu merupakan terbitan terbaru!

2. Catatlah identitas buku dan hal-hal lainnya seperti yang telah dipaparkan di depan!

Judul buku Surat Kecil untuk Tuhan
Penulis Agnes Davonar
Penerbit Falcon Publishing
Tahun terbit Jakarta. 2016
Halaman viii + 215 halaman
Informasi penting Bahasa yang digunakan komunikatif dan tidak terdapat istilah-istilah yang awam sehingga tidak membuat pembaca merasa ambigu. Masyarakat pun dapat dengan mudah memahami runtutan peristiwa yang dimuat dalam novel ini. Walaupun semua gaya bahasa yang digunakan sopan, namun ada beberapa hal yang kurang sesuai. Gaya bahasa saat Anton dan Angel masih kecil cenderung seperti gaya bahasa orang dewasa (tidak lugu), seperti pada kalimat “Rumah kita telah digusur. Ayah dan ibu membangun di atas tanah pemerintah.” Kalimat tersebut membuat pembaca beranggapan bahwa apakah anak kecil seusia 9 tahun yang belum bersekolah telah mengenal apa itu penggusuran rumah dan tanah pemerintah.
Kelebihan dan kelemahan
a. Kelebihan 1. Mendeskripsikan latar dengan jelas sehingga dapat mengajak pembaca untuk berimajinasi, membayangkan runtutan cerita dalam novel dengan lebih nyata.

2. Bahasa yang digunakan komunikatif sehingga mudah dipahami. 

3. Ceritanya runtut dan sangat mengharukan, jika membaca novel ini mungkin pembaca akan meneteskan air mata. 

4. Isi cerita menginspirasi pembaca untuk tidak mudah menyerah dalam mencapai cita-cita dan agar peduli terhadap hak orang lain karena keadilan pasti menang melawan kejahatan. 

5. Novel tidak terlalu tebal sehingga pembaca tidak bosan jika membacanya. 

b. Kelemahan 1. Pada halaman cover, seharusnya tidak menggunakan warna ungu agar tidak terkesan feminim, menjadikan novel ini kerap kali banyak dibaca oleh perempuan. Ada baiknya cover menggunakan warna yang lebih netral, seperti hitam, putih, biru, dan sebagainya.

2. Terdapat kalimat yang kurang sesuai dengan konteks paragraf, seperti pada halaman 125. Dalam paragraf tersebut, ada baiknya kalimat perkataan guru menggunakan bahasa Inggris agar sesuai dengan isi paragraf sebelumnya dimana dikatakan bahwa Angel sedang mengikuti kelas sastra Inggris. Apabila penulis ingin membuat masyarakat awam mengerti, dapat diberi terjemahan kalimat inggris tersebut di bawahnya.

3. Terdapat beberapa kesalahan dalam pengeditan dimana kerap ditemukan kesalahan pemberian jarak antar kalimat padahal kalimat tersebut masih dalam satu paragraf, seperti pada hal 109 paragraf. Ada baiknya dilakukan pengecekan ulang yang lebih teliti dalam pemberian jarak antar kalimat pada setiap paragraf sebelum dipublikasikan dalam jumlah banyak.

4. Terdapat beberapa kesalahan dalam pengeditan dimana kerap ditemukan beberapa huruf tercetak dengan “?”, misalnya pada halaman 32 paragraf 4. Pada halaman 32, kata “tidur” tercetak sebagai “? dur” yang menimbulkan ketidaknyamanan bagi pembaca. Ada baiknya apabila sebelum dipublikasikan dalam jumlah banyak dilakukan pengecekan huruf yang lebih teliti oleh editor.

5. Terdapat kesalahan dalam pemberian tanda baca, misalnya pada halaman 27 paragraf 1, dimana kata “anak-anak” tercetak sebagai “anakanak” yang menimbulkan ketidaknyamanan bagi pembaca. Ada baiknya apabila dilakukan pengecekan ulang tanda baca pada setiap paragraf dengan lebih teliti sebelum dipublikasikan dalam jumlah banyak.

6. Terdapat ketidaksesuaian gambar dengan judul sub-bab, dimana pada setiap sub-bab diberi gambar yang sama (gambar danau dengan langit yang mendung). Ada baiknya pemberian gambar disesuaikan dengan judul sub-bab, misalnya sub-bab “Surat Kecil untuk Tuhan” diberi gambar secarik kertas surat. 

7. Terdapat beberapa kejanggalan dalam alur cerita, seperti terdapat pada halaman 125 paragraf 1 dan halaman 201 paragraf 1. Pada halaman 125, dikatakan “Angel telah tumbuh menjadi gadis yang cerdas” dimana seharusnya ia telah bisa mengakses internet (Google) dengan kecerdasannya untuk mencari keberadaan kakaknya, namun diceritakan ia baru mengakses Google setelah temannya memberitahunya. Sedangkan pada halaman 201, dikatakan bahwa Om Rudy langsung menyerah dengan mengakui perbuatannya setelah Angel menceritakan ceritanya, padahal sebelumnya Om Rudy bersikeras menolak mengakui segala perbuatannya dengan terus mengelak dengan berbagai alasan.

Simpulan Secara keseluruhan, novel ini mendidik dan bagus untuk dibaca oleh semua kalangan dan segala usia, khususnya masyarakat masa kini, karena banyak sebagian dari mereka yang tidak menghargai orang lain dan lekas menyerah dalam menghadapi persoalan kehidupan. Kebanyakan dari mereka hanyalah mengutamakan kepentingan diri sendiri, tanpa mengetahui banyak orang yang berjuang untuk kehidupannya yang begitu sulit dan penuh cobaan. Semoga novel ini bisa menjadi penggerak keadilan seperti aksi heroik Angel menuntut keadilan di balik kejahatan yang keji. Keadilan yang tidak hanya sebagai bentuk penegakkan hukum, tetapi juga dapat memberi solusi kehidupan anak-anak jalanan yang lebih baik lagi.
Saran-saran Kita dapat mengetahui arti perjuangan hidup dalam segala kepahitan yang dialami Angel akibat ketidakadilan yang ia terima, namun hal tersebut tidak membuat Angel putus asa dalam meraih keinginan dan cita-citanya untuk menutut keadilan atas setiap kejahatan. Aksi heroik Angel dalam menuntut ketidakadilan yang ia terima semasa kecil mengajak kita untuk tidak lekas menyerah dalam menghadapi setiap persoalan hidup. Di samping itu, kisah Angel yang menulis surat kecil untuk Tuhan juga menggambarkan bahwa Tuhan pasti akan membantu kita dalam menghadapi setiap masalah yang kita hadapi dengan mengabulkan permintaan kita melalui cara-cara yang tak terduga, seperti cara Tuhan mempertemukan Angel dan Wira kembali untuk menjalani kehidupan yang lebih indah. Secara keseluruhan, novel ini bagus dan membangun (inspiratif). Tuturannya sungguh mengalir, menyentuh dan mencerahkan hati kita, serta membidik kesadaran kita untuk peduli terhadap hak-hak orang lain. 

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 6.7 Bacalah sebuah buku, baik itu buku sastra maupun buku ilmiah populer. Catatlah identitas buku dan hal-hal lainnya seperti yang telah dipaparkan di depan Halaman 171-172 Bab 6 (Ulasan Karya Kita)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 6.7 Bacalah sebuah buku, baik itu buku sastra maupun buku ilmiah populer. Catatlah identitas buku dan hal-hal lainnya seperti yang telah dipaparkan di depan Halaman 171-172 Bab 6 (Ulasan Karya Kita). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah yang sesuai dengan tabel di atas! b. Berdasarkan masalah dan data tabel tersebut, apa kesimpulannya?

[Kunci Jawaban] Perhatikan tabel hasil percobaan tentang pemuaian zat cair berikut ini a. Rumuskan masalah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!