Breaking News

Kegiatan 6.7 Bacalah sebuah buku, baik itu buku sastra maupun buku ilmiah populer. Catatlah identitas buku dan hal-hal lainnya seperti yang telah dipaparkan di depan

Questions and Answer Key Indonesian Class 8 Curriculum 2013 6.7 Revision 2017 Activity Read a book, be it a book of literary and popular science books. Write down the identity of the book and other things as described above. Pages 171-172 Chapter 6 (Review of Our Work) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 6.7 Bacalah sebuah buku, baik itu buku sastra maupun buku ilmiah populer. Catatlah identitas buku dan hal-hal lainnya seperti yang telah dipaparkan di depan Halaman 171-172 Bab 6 (Ulasan Karya Kita) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 6.7

A. 1.Bacalah sebuah buku, baik itu buku sastra maupun buku ilmiah populer. Usahakan buku itu merupakan terbitan terbaru!

2. Catatlah identitas buku dan hal-hal lainnya seperti yang telah dipaparkan di depan!

Judul buku Cantik Itu Luka
Penulis Eka Kurniawan
Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama
Tahun terbit Juli 2015
Halaman 479
Informasi penting Dalam buku setebal lebih dari 400 halaman ini, Eka Kurniawan berkisah tentang Dewi Ayu. Namun demikian, tidak melulu dari sudut pandang perempuan itu. Dalam buku ini diceritakan kehidupan orang-orang terdekat Dewi Ayu, tiga anaknya: Alamanda, Adinda dan Maya Dewi. Begitu juga dengan tiga menantu dan orang- orang yang berurusan dengan keluargan ya. Kesemuanya diceritakan dengan detil. Eka berhasil memberikan jawaban bagaimana watak tokohdipengaruhi oleh pengalaman pribadinya. ). Eka tidak pelit untuk memberikan porsi ceritanya, bahkan ke tokoh sampingan. Contohnya adalah bagaimana Eka menceritakan tokoh Edi Idiot (salah satu preman yang berurusan dengan kekasih Dewi Ayu). Tokoh Edi Idiot diceritakan dengan cukup detil: dari mana ia berasal, latar masa kecilnya, hingga bagaimana muasal ia menjadi preman di Halimunda. Penggambaran yang membuat pembaca merasa benar-benar mengenal tokoh.

Hal lain yang membuat saya salut adalah cara penggambaran ini tidak terjebak pada tokoh-tokoh sentral. Semua tokoh yang terlibat dalam cerita ini diceritakan dan memiliki porsi dalam menyusun kisah. Dengan penggambaran tersebut, pembaca diajak untuk menyimak setiap petualangan, konflik dan dilema yang dihadapi setiap tokoh. Saya curiga, semua penggambaran ini dimaksudkan Eka untuk ‘menertawakan’ kemalangan tokoh. Dan jika ditarik ke kehidupan nyata, Eka berusaha mengajak pembaca untuk menertawakan kemalangannya sendiri. Menertawakan bukan sebagai suatu hal yang ‘sakit’ atau ‘gila’. Tetapi sebagai suatu cara untuk merespon hal yang ‘memang begitu adanya’ – satir.

Buku ini cocok untuk mereka yang ingin menikmati kisah-kisah pasca-kolonial dengan cara yang tidak biasa. Buku ini juga cocok untuk pembaca yang mendambakan cerita yang tidak mudah ditebak. Jika kamu sedang mencari pengalaman membaca yang berbeda, boleh jadi buku ini akan memuaskan pencarianmu.

Kelebihan dan Kelemahan

a. Kelebihan Alur maju mundur yang sulit ditebak dengan bahasa sastra yang epik dan mudah untuk dimengerti. Memuat banyak sisi kemanusiaan dan juga berisi tentang sejarah hidup sebuah keluarga dan para pejuang kemerdekaan.
b. Kelemahan Kurang adanya catatan kaki yang lengkap untuk memberi keterangan pada penggunaan bahasa daerah dan istilah-istilah lainnya.
Simpulan Cantik Itu Luka diceritakan dengan alur maju-mundur dan sudut pandang orang ketiga. Gaya bercerita yang seolah ingin menonjolkan kepiawaian Eka Kurniawan dalam berkisah. Gaya bercerita yang hingga saat ini sulit saya temukan di tulisan – tulisan orang lain. Cepat, lugas, jelas dan halus.
Saran-saran Dari novel ini kita bisa belajar bawasannya kecantikan seorang wanita itu bukanlah segalanya. Kecantikan bisa menjadi racun nagi pemiliknya jika tidak mampu menjaga dan menggunakan dalam kebaikan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 6.7 Bacalah sebuah buku, baik itu buku sastra maupun buku ilmiah populer. Catatlah identitas buku dan hal-hal lainnya seperti yang telah dipaparkan di depan Halaman 171-172 Bab 6 (Ulasan Karya Kita)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 6.7 Bacalah sebuah buku, baik itu buku sastra maupun buku ilmiah populer. Catatlah identitas buku dan hal-hal lainnya seperti yang telah dipaparkan di depan Halaman 171-172 Bab 6 (Ulasan Karya Kita). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

Kata Kunci:

  • https://laguasyik com/kegiatan-6-7-bacalah-sebuah-buku-baik-itu-buku-sastra-maupun-buku-ilmiah-populer-catatlah-identitas-buku-dan-hal-hal-lainnya-seperti-yang-telah-dipaparkan-di-depan-2/

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Terdapat 42 siswa yang mengikuti kelas paduan suara. 31 siswa yang mengikuti kelas paduan suaraadalah perempuan. Di antara proporsi berikut yang digunakan untuk menentukan x, yakni persentase siswa laki-laki yang mengikuti kelas paduan suara adalah . . . .

[Kunci Jawaban] Terdapat 42 siswa yang mengikuti kelas paduan suara. 31 siswa yang mengikuti kelas …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!