Breaking News

Kegiatan 5.9 Daftarlah topik yang berkaitan dengan sebuah kejadian alam, sosial, ataupun budaya yang ada di sekitarmu

Questions and Answer Keys in Indonesian Class 8 Curriculum 2013 Revised 2017 Activity 5.9 List topics related to a natural, social, or cultural event around you. Page 151 Chapter 5 (Sequence of Interesting Stories in Explanation) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 5.9 Daftarlah topik yang berkaitan dengan sebuah kejadian alam, sosial, ataupun budaya yang ada di sekitarmu Halaman 151 Bab 5 (Urutan Cerita Menarik Dalam Eksplanasi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 5.9

1. Daftarlah topik yang berkaitan dengan sebuah kejadian alam, sosial, ataupun budaya yang ada di sekitarmu!

Topik : Bencana Tsunami

2. Susunlah topik-topik secara runtut ke dalam struktur eksplanasi, seperti identifikasi fenomena, proses kejadian, dan ulasan!

Identifikasi fenomena : bencana tsunami

Proses kejadian : tsunami terjadi karena adanya gempa bumi dan letusan gunung berapi di dasar laut.

3. Kembangkan kerangka itu menjadi sebuah teks eksplanasi dengan memperhatikan kaidah-kaidah kebahasaannya yang benar!

Tsunami

Tsunami merupakan salah satu bencana alam yang menjadi mimpi buruk seluruh umat manusia, tak hanya di Indonesia. Serangannya yang menerjang wilayah pantai menjadikan tsunami dapat dengan cepat menghancurkan banyak bangunan dan merenggut banyak jiwa. Penanganan dan pencegahan dampak tsunami pun senantiasa dilakukan, salah satunya dengan memahami terjadinya tsunami.

Tsunami berasal dari lautan. Terdapat dua kemungkinan peristiwa yang dapat menyebabkan tsunami yaitu gempa bumi dan letusan gunung berapi di bawah laut. Gempa bumi yang dapat menyebabkan tsunami biasanya melibatkan patahan lempeng atau salah satu lempeng tiba-tiba jatuh atau menghujam ke bawah. Pergerakan lempeng ini kemudian akan memaksa air laut turun secara tiba-tiba, sambil di saat yang bersamaan melepaskan energi dalam jumlah yang sangat besar. Energi inilah yang kemudian memicu terdorongnya kembali air laut dalam jumlah yang sangat besar ke seluruh arah, termasuk arah pantai. Sementara itu, jika terjadi letusan gunung berapi di bawah laut, letusan yang terjadi dapat mempengaruhi tinggi permukaan air yang berada di sekitarnya. Proses yang terjadi berikutnya kurang lebih sama dengan gempa bumi. Energi besar yang terlepas dari proses letusan gunung berapi memicu bergeraknya air ke seluruh arah, termasuk arah pantai. Semakin dekat gelombang tsunami ke arah daratan, ketinggian gelombang akan semakin tinggi. Hal ini akan meningkatkan jumlah energi potensial yang terkandung di dalam gelombang. Inilah yang memicu terjadinya serangan dalam jumlah masif ketika tsunami terjadi. Oleh karena itu, ketika tsunami terjadi, salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk meminimalkan terjadinya kerugian atau kehilangan nyawa ketika kita sedang berada di laut adalah dengan bergerak menuju arah datangnya gelombang tsunami. Hal ini karena ketinggian gelombang tsunami ketika masih di laut jauh lebih rendah daripada ketika mencapai daratan dan kekuatannya juga masih cukup rendah.

Tsunami tidak dapat dicegah, tetapi dampaknya dapat diminimalisir. Dengan mempelajari terjadinya tsunami, kita dapat mengetahui langkah terbaik yang harus dilakukan ketika tsunami terjadi. Ketika tsunami terjadi, segera mengungsi ke tempat yang lebih tinggi, setidaknya 30 meter di atas permukaan air laut.

B. Lakukanlah silang baca dengan salah seorang teman dengan menggunakan rubrik penilaian berikut!

Rubrik Penilaian Teks Eksplanasi

No. Aspek Deskripsi Ya Tidak
1. Ketepatan jenis teks Apakah karangan itu berupa teks eksplanasi?  
2. Struktur teks Apakah teks itu memuat identifikasi fenomena, proses kejadian, dan ulasan?  
3. Keterpaduan teks Apakah antara paragraf satu dengan paragraf lainnya saling berkaitan?  
4. Kaidah-kaidah kebahasaan Apakah tidak ada kesalahan penggunaan kata dan struktur kalimatnya?  
5. Ketepatan penulisan ejaan dan tanda baca Apakah tidak ada kesalahan dalam penulisan ejaan dan tanda baca?  

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 5.9 Daftarlah topik yang berkaitan dengan sebuah kejadian alam, sosial, ataupun budaya yang ada di sekitarmu Halaman 151 Bab 5 (Urutan Cerita Menarik Dalam Eksplanasi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 5.9 Daftarlah topik yang berkaitan dengan sebuah kejadian alam, sosial, ataupun budaya yang ada di sekitarmu Halaman 151 Bab 5 (Urutan Cerita Menarik Dalam Eksplanasi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah 2, rasionya menjadi 7 : 9. Tentukan hasil kali kedua bilangan itu!

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!