Breaking News

Kegiatan 4.1 Jelaskanlah Isi atau Maksud Puisi “Hujan Bulan Juni”

Questions and Answer Keys in Indonesian for Class 8 Curriculum 2013 Revision 2017 Activity 4.1 As a group, explain the content or purpose of the poem “Rain in June” in more detail. Page 94 Chapter 4 (Beautiful Poetry) ~ Assalamualikum semuanya, kembali lagi bersama laguasyik.com. Pada kali ini saya akan memberi tahu kalian semua tentang Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 4.1 Jelaskanlah Isi atau Maksud Puisi “Hujan Bulan Juni” Secara Lebih Rinci Halaman 94 Bab 4 (Indahnya Berpuisi) kepada para siswa/siswi yang melihat artikel ini. Yuk, kita langsung saja ke soal dan jawabannya. ~

Kegiatan 4.1

B. Secara berkelompok, jelaskanlah isi atau maksud puisi “Hujan Bulan Juni” secara lebih rinci. Presentasikanlah pendapat kelompokmu itu di depan teman-temanmu untuk mereka tanggapi.

Gambaran Rinci Isi Puisi Kata-kata Pendukung dalam Puisi Tanggapan Kelompok Lain
Isi dari puisi tersebut digambarkan oleh sang penyair dalam dua bentuk. Pertama, sang penulis menggunakan kata ‘tabah’, ‘sabar’, ‘bijak’, dan ‘rindu’ dalam puisi tersebut. Jika kita telisik, kata-kata ini adalah kata-kata yang menggambarkan kerinduan yang terjadi antara dua insan. Dalam puisi tersebut, insan tersebut nampaknya diwakili oleh sosok hujan dan bunga. Kedua, jika kita perhatikan unsur ekstrinsik puisi tersebut berupa tahun penulisannya yaitu tahun 1989, maka kita dapat memastikan bahwa sang penyair nampaknya menekankan aspek kerinduan dalam puisinya. Bulan Juni 1989 kala itu masih tergolong sebagai bulan kemarau. Kecil kemungkinan hujan akan turun di bulan tersebut. Namun, sang penyair menyatakan dalam puisinya menggambarkan bahwa dalam kemustahilan, sang hujan masih menyimpan rasa rindunya untuk menyiram bunga. Jika dua hal ini kita gabungkan, maka kita dapat menangkap isi puisi tersebut. melalui puisi tersebut, sang penyair ingin menggambarkan kerinduan tak terperi antara dua insan yang tak mungkin diungkapkan.

Sekian Kunci Jawaban Dari Saya Tentang “Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 4.1 Jelaskanlah Isi atau Maksud Puisi “Hujan Bulan Juni” Secara Lebih Rinci Halaman 94 Bab 4 (Indahnya Berpuisi)”, Dan terima kasih sudah berkunjung blog yang sederhana. Semoga kunci jawaban ini bisa membantu kalian yang belum menjawab Soal dan Kunci Jawaban Bahasa Indonesia Kelas 8 Kurikulum 2013 Revisi 2017 Kegiatan 4.1 Jelaskanlah Isi atau Maksud Puisi “Hujan Bulan Juni” Secara Lebih Rinci Halaman 94 Bab 4 (Indahnya Berpuisi). Jika ada kelebihan pada artikel ini semoga bermanfaat bagi kalian semua dan jika ada kekurangan maupun salah mohon dimaafkan sebesar-besarnya. Jika ada pertanyaan dan ada saran untuk kelebihan dan kekurangan selain ini bisa komen di kolom komentar.

About Muhammad

Check Also

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah 2, rasionya menjadi 7 : 9. Tentukan hasil kali kedua bilangan itu!

[Kunci Jawaban] Rasio dari dua dua bilangan adalah 3 : 4. Jika masing-masing bilangan ditambah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Content is protected !!